Software untuk Kuliah Teknik Industri

11 10 2009

Seorang teknik industri adalah seorang yang berhadapan dengan sistem. Mereka mempunyai kemampuan untuk merancang, mengimplementasi, maupun meningkatkan sebuah sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, material, informasi, atau energi. Seorang teknik industri dapat menemukan cara yang lebih baik dalam hal apapun. Kata kunci teknik industri adalah produktifitas, efektivitas, dan efisiensi.

Perkuliahan di jurusan teknik industri mengambil learning model proses manufaktur, yakni sebuah aktivitas yang mencakup proses penentuan bahan baku, produksi, hingga dipasarkan. Ada tiga komponen inti penyusun kompetensi seorang teknik industri. Yakni production engineering, human engineering, dan operation science. Komponen tersebut saling melengkapi dan tidak bersifat meniadakan satu sama lain. Berikut adalah beberapa software yang bermanfaat dan sering digunakan dalam proses belajar mengajar atau perkuliahan teknik industri.

1.   Sistem Produksi

win-qsbBeberapa software terkait yakni winQSB dan MPS (dalam bentuk microsoft excel). Modular dalam winQSB yang terkait antara lain agregate planning, forecasting, inventory theory and system, job scheduling, dan material requirements planning (MRP). Strategic Forecasting juga merupakan salah satu alat bantu untuk peramalan komputer.

pomSoftware lain yang terkait untuk quantitative methods, production, dan operation management adalah POM for Windows dan QM for Windows.

2.   CAD-CAM (Computer Aided Design – Computer Aided Manufacturing)

cad

Menggambar mesin (menggambar teknik), desain gambar alat ergonomis, hingga simulasi proses permesinan bisa dilakukan dengan bantuan beberapa software berikut ini, AutoCAD, Solidworks, Catia, Emcodraft (bersifat under DOS), dan MasterCam.

3.   Simulasi

simulasi

Proses simulasi secara spesifik baik untuk aktivitas permesinan, antrian dan lainnya dapat dilakukan dengan bantuan Promodel, stella, i-thinkArena, DynamoVensim (Ventana Simulation), Powersim, simul8.com, awesim, GPSS, SIMAN, SIMSCRIPT II.5, SLAM II hingga modular Simquick yang terdapat dalam microsoft excel. Bahasa C/C++, pascal, fortran, Basic juga dapat digunakan untuk membuat alat bantu simulasi.

4.   Pemodelan Visual

visual

Proses pembuatan diagram alir (flow chart), peta proses operasi, peta tangan kanan dan tangan kiri, DFD (data flow diagram), ERD (entity relationship diagram), IDF 0, OOD (object oriented diagram) serta diagram lainnya dapat dibuat dengan bantuan Microsoft Visio. Adapun software lainnya yang spesifik untuk membuat pemodelan visual sebuah sistem informasi hingga dapat secara otomatis dibuat database adalah Sybase Power Designer. Sedangkan untuk membuat pemodelan dengan bahasa unified modelling language (UML) adalah Rational Rose. Bahasa UML bermanfaat untuk pembuatan sistem informasi.

5.   Mind Mapping

VisualMind_wmMind mapping juga merupakan pemodelan yang bersifat visual atau simbol. Lebih banyak digunakan untuk permasalahan yang menyangkut manajemen dan organisasi. Metode mind mapping merupakan metode yang diperkenalkan oleh seorang pakar bernama Tony Buzan pada tahun 1970 (bersifat licensed). Metode tersebut akan melatih untuk memecahkan masalah dengan memetakan seluruh komponen yang terlibat. Tetapi bukan pada takaran yang bersifat teknis. Beberapa software yang bisa digunakan untuk membuat mind mapping secara instant antara lain iMindMap, freemindVisual Mind dan Mind Manager.

6.   Database

databasePembuatan database dapat memanfaatkan Microsoft Access, mySQL, dan Oracle. Pembuatan laporan dalam database sebuah sistem informasi bisa dengan bantuan Seagate Crystal Report.

7.   Sistem Informasi

siUntuk membuat antarmuka atau interface dan programming sebuah sistem informasi dapat dilakukan dengan beberapa bahasa pemrograman seperti bahasa C, basic dan delphi. Aplikasi yang sering dipakai antara lain Microsoft Visual Basic, FoxPro, dan Borland Delphi. Semua jenis sistem informasi dapat dibuat dengan software-software tersebut, baik yang bersifat transaksional, office, SIM (sistem informasi manajemen), DSS (Decision Support System) hingga sistem yang bersifat expert (sistem pakar atau AI/artificial intellegence). Sedangkan software lain yang bersifat ERP (Entreprise Resources Planning), dimana mencakup semua sistem informasi di semua aktivitas organisasi/perusahaan, yang cukup terkenal adalah SAP (System Apllication and Products) dan EFS. Merupakan software berlisensi yang cukup mahal, pabrikan asli dari Jerman. Juga bersifat modular untuk pelatihannya, mulai dari sesi fundamental, modul akuntansi, sales and distribution (SD), warehouse. Sedangkan versi lain dari ERP & CRM (Customer Relationship Manager) yang bisa diunduh dan diimplementasikan secara free adalah Compiere. Dimana perusahaan penyedia dan pabrikan aslinya hanya menjual cara instalasi dan pelatihan / training.

Untuk membuat aplikasi web yang mendukung sistem informasi, kini sudah tersedia berbagai program aplikasi yang mudah digunakan daripada menggunakan bahasa pemrograman web seperti bahasa html, xml, asp hingga php. Kini sudah tersedia aplikasi mudah untuk membuat web dengan CMS (Content Management System) seperti Joomla, phpTriad, phpNuke dan WordPress.

Khusus membuat sistem informasi geografis dapat menggunakan ArcGIS, MapInfo atau ArcView.

8.   Bahasa Pemrograman

program

Penting untuk pembelajaran kuliah bahasa pemrograman atau algoritma pemrograman. Untuk pembelajaran dasar, umumnya digunakan bahasa pemrograman yang bersifat dasar dengan bahasa pascal melalui Turbo Pascal. Dahulu awalnya bahasa tersebut dipelajari dengan aplikasi berbasis under DOS. Tetapi sudah ada yang berbasis windows yakni Turbo Pascal Windows (TPW). Sedangkan bahasa lain yang bisa dipergunakan mulai dari bahasa basic, C, hingga Java. Sedangkan untuk proses matematik yang lebih rumit dapat juga dipergunakan Matlab dan Maple. Dan untuk algortima genetik, dapat menggunakan aplikasi software GA (Genethic Algorithme)

9.   Manajemen Proyek

projeckAda 4 metode dasar penjadwalan dalam manajemen proyek. Yakni dengan Gant Chart, PERT (Program Evaluation and Review Technique), CPM (Critical Path Methode) dan Preseden Diagram. Software winQSB dapat digunakan untuk aplikasi manajemen proyek karena terdapat modular network modeling dan PERT_CPM. Sedangkan software lain yang lebih familiar adalah Microsoft Project dan Primavera Project Manager.

10.  Manajemen Kualitas

Modular dalam winQSB yang terkait dengan materi mengenai kualitas adalah acceptance sampling analysis dan quality control chart.

11.  Statistik

statMateri kualitas erat kaitannya dengan statistik. Untuk olah data statistik bisa menggunakan SPSS, Lisrel, Minitab, EpiInfo, dan Amos 3. Amos adalah program aplikasi untuk metode statistik yang disebut Structural Equation Modelling (SEM). Amos cukup user friendly namun juga powerfu, dan saat ini telah terintegrasi dengan SPSS.

meTerkait dengan aplikasi untuk statistik, ada juga software untuk pembelajaran materi pemasaran. Yakni aplikasi Marketing Engineering (ME). Ada yang versi terintegrasi dengan Microsoft Excel dan ada juga yang versi classic. Kemanfaatannya bisa untuk operasi seperti cluster analysis dan conjoint analysis. Software tersebut diperkenalkan oleh Gary L. Lilien and Arvind Rangaswamy.

12.  Perancangan Tata Letak dan Fasilitas

Dalam winQSB terdapat modular yang bisa digunakan untuk materi perancangan tata letak, yakni facility location and layout. Software lain adalah VIP-planotp.

13.  Riset Operasi

ro

Materi ini cukup luas. Bisa dikategorikan salah satu bentuk dalam analisis keputusan, yang mana bisa memakai winQSB atau Expert Choice. Modular dalam winQSB yang terkait antara lain dyanamic programming, goal programming, linier and integer programming, markov process, nonlinier programming, quadratic programming, queuing analysis, dan queuing system simulation.  Selain itu, dapat pula digunakan  Solver yang tersedia dalam Microsoft Excel, Lindo, POM for Windows, QM for Windows dan Lingo.

Untuk keterangan lebih detail dapat dicari informasinya di beberapa situs search engine.

About these ads

Aksi

Information

108 responses

11 10 2009
wibisono

ada program yang sama kayak win QS tapi interfacenya udah bagus mas.. namanya POM.. ku dapat dari anak manajemen.. dia makainya itu…

Program pendukung yang lain jangan dilupkan mas??

seperti Matlab,, Maple…

11 10 2009
nurrahman

wah iya yah, aku juga punya dan dah kuinstall, malah lupa lum kuTambahkan di atas, heheh…ada lagi sih yang ingin kutambahkan seperti software untuk pemasaran…maklum bro, lum selesai edit sebenrnya, gamba juga lum kutambahkan, koneksi terbatas, hiks3x….(T_T)

12 10 2009
Titus Siswandono

Skripsiku kemarin pakai ArcGIS juga lho Rif…(untuk pemetaan)
ditambahkan ya…

14 05 2010
beasiswa s2

Mantab sekali mas penjelasannya, saya bisa belajar banyak neh dari blog ini, saya tunggu artikel berikutnya ya.

19 08 2011
monnic

boleh aku minta masteran pomnya mas??

19 08 2011
nurrahman

maap, kami tak menyediakan utk donlot software, mgkn bisa langsung ke penyedia resmi nya :)

11 10 2009
indah rephi

wadooohh.. selamat berkuliah yah.. saya udah uzur jadi tidak mengerti :D

11 10 2009
feeds.bloggerpurworejo.com » Software untuk Kuliah Teknik Industri

[...] Software untuk Kuliah Teknik Industri Filed under: Uncategorized — @ 4:09 pm [...]

12 10 2009
Yadi

Salam kenal aja deh.

Salam, buat rekan2 ya

12 10 2009
wibisono

mas.. aku pakai wordpress. Template terus tak edit dewe,, Plugin2 tak tambahi…

12 10 2009
Titus Siswandono

udah ditambahi plugin2 belum Son?

12 10 2009
Titus Siswandono

udah pake headspace, platinumSEO ?
kalau untuk keperluan hidden url seperti tinyurl.com, bisa pakai plugin PrettyLink

12 10 2009
KangBoed

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

12 10 2009
KangBoed

Manstaaaaaaabbbbss surantaaaaaaaaaab lengkap banget yaaaak

12 10 2009
Titus Siswandono

Ok deh mas Arif…
nice posting…
ternyata banyak juga ya software yang bisa digunakan untuk anak TI…

13 10 2009
indra1082

benar-benar mantabs nih… seperti kuliah gretongan (gratis) :lol:
Thanks infonya bro…

13 10 2009
Buyung EF

Akehmen yo Rip,kabeh-kabeh dienggo. Kalo TI kan prinsipnya, apapun masalahnya kita selesaikan dengan jalan yang terbaik (make thing better). Kalo software yang penting kita bisa pake dan menganalisa, soale software juga punya sisi kelemahan dan batasannya. Tahu analisa permasalahan dan punya pilihan alternatif pemecahan masalah sudah baik, apalagi tambah eksekusinya.

Salam sukses buat Mas-e, moga bisa jadi Master Teknik Industri atau malah pendekar TI..he…he..eh..eh..!

13 10 2009
mahardhika

wow….. keren
untuk kuliah teknik sipil ada g ms hehe

13 10 2009
Materi Kuliah

thx so… emank dasar bagus nie… btw, ada ttg informatika…?

13 10 2009
wibisono

@mas Titus: aku udah pakai plugin2nya mas… rencana blogku gak tak buat komersial… hehehe… nanti kalo ada rejeki mau buat lagi untuk jualan..

Ilmu TI itu tujuannya problem solving secara efektif dan efisien.. Sebenarnya kita bisa memanfaatkan program apapun yang penting memudahkan kita,, ada beberapa keunggulan kita sebagai Seorang Industrial engineering yaitu:
1. Kita diajarkan untuk bagaimana melakukan melakukan pembelajaran.. Yaitu bagaimana kita menggunakan tools2 dan langkah2.,, bagaimana kita mendefinisikan masalah yang ada…
2. Kita diajarkan Untuk berfikir secara Sistem (system thinking) yaitu memandang permasalahan dengan Pandangan sistem secara global entah dengan helicopter View, menggali sistem dengan Gunung es (Iceberg) atau bahkan merencanakan sistem…

mohon komentarnya…

13 10 2009
nurrahman18

monggo silakan berkomentar banyak, malah aku seneng…hehehehe…..

13 10 2009
wibisono

mas,, untuk program2nya ada banyak kok selain diatas dan berbasis opensource dan freeware.. Kalo mau dimanfaatkan dan digali lebih dalam… cuma aku lupa,, dulu aku pernah menggunakan beberapa,,

14 10 2009
sekoteng

ajiiipp….keren info. TQ dah share mz.

14 10 2009
haciiiiiii

infonya ajipppppp……..saya pernah ngebayangin klo masuk teknik keren x ya tapi otakku ga keren bgt….haxhaxhax

14 10 2009
Materi Kuliah

ternyata selain industri.. juga bisa marketing ya,,, heheh… wew… bw sob…

14 10 2009
Hafid Algristian

ow ow ow..
makasiii…
adik saya juga kuliah di teknik industri, cerita sama dia, ah…

14 10 2009
samto_kun

wow,,ajarin simulasi dunk mas..
tu promodelnya pake promodel 4.0 yah..
bisa ajarin aku cara makenya.lum fasih nih..

18 10 2009
Web Penghasil Duit

Coba instal pro model 6.0, disana ada tutorial videonya…

27 12 2010
ZAKI INDUSTRI

MAS SOFTWARENYA BASA DONWLOAD???DMANA??? AKU LG SKRIPSI WAT PENJADWALAN TOLONGIN DUNK

14 10 2009
edda

gak ngerti
yg pntg koment aja ah :D

15 10 2009
ruanghatiberbagi

mesti mahal-mahal itu yah? kalo lisence semua inves berapa yah, copy dari yang punya ahhhh

16 10 2009
Buyung EF

“Knowing is nothing, applying is everything”

16 10 2009
nurrahman18

wah iya bos….sek kalah karo pengalamane sampean ^_^

16 10 2009
Buyung EF

Wah…ketoke bisa salah mengintepretasikan kalimatku (‘sok nganggo bahasa inggruii..esh sih…he..he…). Maksudnya kl kita punya pengetahuan tdk tahu dan tidak pernah mempraktekan kan eman2. Tapi kalo praktek tentu harus jg tahu teorinya.Terkadang kita juga akan dapat pengetahuan baru lewat praktek dan bahkan lebih riil.Kita juga gak akan bisa jadi hebat kalo tidak ada Master2 kaya’ Mas Arif ini yang selalu menyalurkan ilmu-ilmunya dari hasil menggali lebih dalam “kanoragan” keilmuan teknik industrinya.

Kalo nambah contoh soal dan pembahasannya atau study case, tambah menarik tuh Mas..

16 10 2009
Alwi

Walau gak kuliah jurusan teknik Industri boleh kaaaannnn ikut baca …. heeeeee…. buat tambah wawasan (sekaligus kunjungan untuk sahabatku Mas Arif ………. )

17 10 2009
Yari NK

Wah…. udah lama nih saya nggak berurusan sama software2 TI dan MI (Manajemen Industri). Dulu masih sederhana banget sekitar 15 tahun yang lalu, wah sekarang pasti jauh lebih canggih ya?? Kalau yang khusus Operations Research software yang bagus apa ya??

18 10 2009
Web Penghasil Duit

Udah disebutkan Mas Arif di point terakhir mas Yari NK : Solver, Lindo, Lingo
Untuk Solver, itu adalah add in Ms.Excell, cara penggunaannya paling mudah diantara software2 OR yg lain, karena tampilan matrixnya langsung pada kolom+baris di Ms.Excel.
cari+download dari mbah Google aja…

18 10 2009
Web Penghasil Duit

Kalo lingo kayaknya musti pinter dalam bahasa program…aku cukup kesulitan menggunakan Lingo, makanya aku beralih ke Risk Solver Platform Version 9.0 (mungkin yg lebih baru sudah ada).

18 10 2009
Web Penghasil Duit

Kalo solver bawaan Ms.Excel sangat terbatas sekali jumlah variabelnya, kalo Risk Solver Platform sangat banyak…

27 10 2009
info dahsyat seputar hidup anda

kabarnya Catia itu program multi juta dollar ya? AutoCad jg ribuan mahal. Ada ga mas program CAD yg freeware? Saya pernah nyoba yg di linux(free) tp susah.

30 10 2009
akbarindonesia

satu lagi yang kurang mas,,,
ms excel…
program maut buat itung2an…

21 02 2010
yudhi

kursus mastercam di jakarta di daerah mana ya yang ada klo ga di bogorr

21 02 2010
nurrahman18

wah, maaf, ane ga tau nih :D

13 03 2010
yudhi

da ga yang tau cara menginstal software mastercam klo ada tlong hub no no 08561438754….tlong ya

16 03 2010
nurrahman18

nyari di om google banyak koq

8 04 2010
DESI

BISA DAPET GAK SOFTWARENYA??? SOALNYA DI SUMATERA SUSAH CARINYA

8 04 2010
nurrahman18

bisa ajah, nanti klo mau kita carikan disini :)

30 06 2010
warkopcakmat

mantab salam hangat

1 07 2010
Guntar Perangin-angin

Mas Gimana caranya utk dapatin Software Promodel dan Arena yg terbaru, kl bisa down load gratis, atau kalau beli yg harga murah. Tks

1 07 2010
nurrahman18

berkunjung ke web resminya saja :D

5 08 2010
ihwan

mas..mas/mbak..mbak:)
da yang punya software QM for windows V.3 ga??share dong…..???

6 08 2010
nurrahman18

googling aja om :D

10 08 2010
ihwan

sudah gogling kemana-mana dapatnya demo,gmana ney gan???bantu dong gan???

27 08 2010
iman

blognya bagus, jangan lupa mampir ya di website saya.

10 10 2010
4composer

biasanya saya dapat di 4composer.wordpress.com

31 10 2010
depoetra

mas-mas tolongin saya donk. kirimin saya software pom for windows 3.0, dah dicari ke om google, yahoo, bing dll gak jelas semua…………..

31 10 2010
depoetra

sekali lagi mohon bantuannya. ke soulmate_poetra@yahoo.co.id

1 11 2010
nurrahman18

maaf, saya hanya punya POM versi demo,dan itu ukurannya cukup besar utk send email

2 11 2010
bayurps

kalau yang dari CD bawaan yang dari buku.. (lupa judulnya yang pasti penerbitnya Prentice Hall) itu demo bukan? Ga tau bedanya soalnya, hehehe

5 01 2011
zastha

kalu buat ngitung Just-in-time pake apa ya mas???
mohon bantuannya

5 01 2011
nurrahman18

konsepnya menggunakan bantuan software sistem produksi; utk lebih khusus barangkali salah satunya : http://www.jit-software.com

14 01 2011
Bonang

Wow Hebat…

27 01 2011
faizal

bravo, trima kasih infonya

12 02 2011
trian

gan, ane pnya software pom for windows, tp cm 3 modul yang bisa digunain…ada yang nya crack pom for windows version 3 (build 23) ga gan???ane lagi analisis data quality control gan….mohon bantuannya yah….nuhun….

12 02 2011
nurrahman18

belum tau gan. maaf :)

15 03 2011
nur

salam kenal..
sy sdng penelitian ttng algoritma genetik utk aplikasi penjadwalan kuliah, sy memakai matlab dan database mysql,
mhn bantuannya ya coz sy masih bgg tentang databasenya itu?
dan juga perhitungannya nanti
trma kasih

15 03 2011
nurrahman18

saya juga amatir ttg matlab dan sql,sementara belum tersedia info,maaf. mungkin rekan lain bisa menambahi.thx

15 03 2011
nur

ooh iya ga pa2 mas, mksh

14 04 2011
laode moh tezar

gimana caranya membuat diagram cpm pada mikrosof project, yang ada cuma diagram pdmnya aja, tolong masukanya dong

19 04 2011
edrian

terimaksih atas infonya …
these so mean alot for me….
maksih yaa

14 05 2011
join

thanks for your application, best regard

1 06 2011
Septian

Ass, mas kini saya sedang membuat penulisan ilmiah mengenai manajemen persediaan, dan untuk aplikasi yang saya pakai saya masih agak bingung, apakah menggunakan qsb for windows atau POM QM , nah kira-kira mas ada saran ga, sekiranya yang lebih bagus itu yang mana antara kedua software itu ? terima kasih sebelumnya . waslm

2 06 2011
nurrahman18

biasanya akan tjd bbrp selisih sedikit perbedaan ketika menggunakan bbrp software. misalnya penghitungan maajemen persediaan antara manual excel, winQSB, POM atau QM. Sehingga terkadang itu relatif utk mencari metode manajemen persedian apa? saya pun masih belajar dlm hal itu :). trims

25 07 2011
Andika Arnanta

masih kurang,,untuk perancangan tata letak fasilitas g ada….

26 07 2011
nurrahman18

sudah ada, sampean barangkali cuma skimming shg kurang menyimak dgn lengkap. yaitu winQSB dan VIP-planotp pada poin 12

25 07 2011
Andika Arnanta

tambahan, untuk download software craft punya link downloadnya g?,

26 07 2011
nurrahman18

maaf, tidak menyediakan link download :D

26 07 2011
andika

ok. terima kasih infonya..

craft itu juga digunakan untuk perancangan tata letak fasilitas, akan tetapi saya kesulitan dalam mencari master dan tutorialnya..

7 08 2011
Software Untuk Kuliah Ekonomi « Z. Hartawan Family Site's

[...] mas Nurrahman Arif dengan artikelnya yg berjudul “Software-Untuk-Kuliah-Teknik-Industri” menarik perhatian [...]

28 09 2011
teknologiweb

Thx alot mister…. really helpfull information.

3 10 2011
pratama

mas..ada yg dijual gk software nya…aq lg butuh software manajemen proyek ni..hbngi aq aja mas kalau memang ada dijual.. di 085360316226

17 10 2011
aam

Mas-mas n mbak-mbak yang baik hati, kalo ada yang punya materi atau referensi yang bermanfaat untuk maba IE, mbok saya di kirimin via email..matur thank u,.aku masih katrok j tentang IE,.aam_izam@yahoo.co.id

28 10 2011
sukhoi 150

ngemeng2 teknik industri itu apa ya?

28 10 2011
sukhoi 150

oohh.. produktifitas ya… bukannya itu milik orang ekonomi ?

28 10 2011
nurrahman

produktivitas itu adalah mereka yang menerapkan efisiensi dan efektivitas :). definisi teknik industri silakan liat di : http://goo.gl/3YPX2

29 11 2011
alex lekoman

thx atas infonya. ini sngat membtu sya untuk penyelesaian skripsiku. skrang ini sya mahasiswa teknik industri semester 11,
sa mo tnya, apakh anda punya buku panduan ttng arcGIS ?
kl ada yg d jual sa mo bli.
tlong konfrm ke emailku.

11 12 2011
nurrahman

buku ardGIS di toko buku cukup banyak, misalnya di togamas ayo gramedia terdekat. klo versi onlen bisa nyoba nyari di kutubuku dot com :)

11 12 2011
dodik

wah dahsyat,,,,ambil jurusan TI g nysel,
Pola fikirku dalam nylesain mslh jd berubah…..
MAKE THING BETTER….with…..SYSTEM THINKING

12 01 2012
Tita Palupi

askum.
bang, manknya software khusus buat genetic algorithm udh ada ya?

12 01 2012
nurrahman

ada, software GA (genethic alghoritme) :)

16 01 2012
mustofa

saya ada tutorial software2 diatas,
berminat silahkan hub saya
mustofaassidiqi@yahoo.com

29 01 2012
kartika dewi

Permisi, saya butuh software pom for windows untuk penelitian skripsi saya bisa tolong dibantu bagaimana cara mendownloadnya? sya sudah browsing tetapi tidak ada trims.. ditunggu

28 02 2012
ProgrammerPemula

mas download MPS untuk excel, dan Marketing Engineering dimana yah?

28 02 2012
nurrahman

maaf, saya tidak punya software yang dimaksud :)

15 03 2012
Iqbal Brontack Kosonksembilan

mantab….

28 03 2012
rovl

Great bg Nurrahman arif,,,

28 03 2012
rovl

great bg Nurrahman Arif,, boleh lag bagi2 Ilmu,,

4 04 2012
SPPS untuk Analisis Korelasi Regresi dan Multivariate « nurrahman's blog

[...] buku ini cocok untuk pemula dan menengah. Bagi para mahasiswa maupun peneliti dari bidang ekonomi, teknik industri, ilmu sosial dan bidang studi lain yang membutuhkan analisis statistik. Beli di Togamas seharga Rp. [...]

20 04 2012
gust

gan ijin copas, artikelnya.. untuk diblog yg baru ane buat. :)

20 04 2012
nurrahman

silakan, dengan mencantumkan sumber ini :)

28 04 2012
Software Manajemen Proyek « nurrahman's blog

[...] PERT-CPM). Beberapa versi Microsoft Project seperti misalnya versi 2003 dan 2007. Selain ketiga software berbayar atau shareware tersebut, ada pula perangkat lunak lain yang dapat digunakan untuk [...]

9 05 2012
Arya Allagan pengembara_bodoh@yahoo.com

Sesungguhnya yang pantas jadi Presiden Negara ini adalah AnTEK Industri !! karena segala bidang dipelajari. Sayangnya orang banyak yang gak tau.. kaLo orang ekonomi bisanya cuma JUALAN sampe barang2nya abis. Sekarang ini Negara dikuasai oleh orang2 ekonomi yang bodoh2.

16 09 2012
Software-Software yang Saya Gunakan untuk Pekerjaan Engineering « Blog Eris

[...] khususnya untuk industrial engineering, silahkan lihat tulisan Nurrahman Arif yang berjudul Software untuk Kuliah Teknik Industri. Rate this:Share this:TwitterFacebookSurat [...]

9 10 2012
Andry

Assalamu’alaikum
Gan Mw Tanya Seputar Masalah umum Tentang Maintenance Boiler….ada yang tahu tolong dishare y???
THQ….
Assalamu’alaikum

30 11 2012
rengki

mau tanya mas/mbk,, saya lagi butuh bangat software RULA utk TA. mohon dengan sangat bantuannya yang punya software RULA.
kalau ada minta tolong ya mas/mbk knfrmasi ke email sy di recieca@yahoo.co.id
Thanks alot…

25 04 2013
Bian Indra Kusuma

ada tuturial lingo dan lindo gak buat aggregate planning dan MPS

16 05 2013
yehezkiel reus

thx gan membantu banget.. pertama ane download dan install eh ga tau caranya nggunainnya untung aja dosen ane tau caranya hehehehe biasa gan anak baru di teknik industri..

27 08 2013
rista

mas ada gak sih software QS(Quantitative System), kalau ada nyarinya dimana yaa?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: