Supply Chain Management

13 11 2009

scmSupply Chain Management (SCM) sering disebut pula dengan Manajemen Rantai Pasok (MRP). SCM tersusun dari dua istilah yakni supply chain dan management. Supply Chain diartikan sebagai rantai pasok atau jaringan/jalur pasokan sebuah sumber daya. Sedangkan management diartikan sebagai sebuah tool. Melalui SCM dapat dipelajari mengenai alur tiga hal dalam sebuah perusahaan. Tiga hal tersebut adalah keuangan, infomasi dan sumber daya. Beberapa jurusan yang mengadakan mata kuliah SCM antara lain teknik industri dan manajemen (ekonomi). Sedangkan untuk kalangan praktisi di perusahaan, ilmu tersebut cukup signifikan kemanfaatannya khususnya untuk divisi atau departemen seperti pengadaan barang (procurement), penjualan dan pemasaran. Salah satu referensi buku mengenai SCM yang berasal dari dalam negri adalah milik Profesor I Nyoman Pujawan, dosen teknik industri ITS. Sedangkan untuk referensi dari luar yang cukup lengkap adalah karangan Simchi-Levi dan Sunil-Chopra.

Seringkali SCM diartikan sama dengan manajemen logistik. Akan tetapi sebenarnya jika dilihat dari cakupan pembahasannya berbeda. SCM punya bahasan yang lebih luas. Seperti sedikit dipaparkan pada gambar di atas. SCM adalah ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana kolaborasi antar perusahaan dilakukan. Nah, jadi landasan filosofis yang terpenting untuk tidak dilupakan adalah mengenai silaturahmi. Ya, karena jalinan kerjasama dan tingkatan sejauh mana kerjasama antar perusahaan takkan bisa dilakukan andai saja tidak ada silaturahmi di dalamnya.

scm2

Untuk lebih detailnya terlihat pada gambar, yang kurang lebih menjelaskan hubungan antara keilmuan manajemen logistik, distribusi, pemasaran dan SCM. Dari gambar yang dicontohkan, firm enterprise (perusahaan inti sebagai sudut pandang acuan) adalah jenis perusahaan manufaktur. Ada beberapa tingkatan supplier, yakni first tier dan second tier. Dan itu bisa saja pada kondisi nyata sebuah perusahaan akan ada lebih dari dua, bergantung kebutuhan. Agar barang sampai di konsumen, terkadang perusahaan pembuat tidak memasarkannya langsung. Bisa lewat perantara agen/distributor yang disebut 3PL (third party logistic) atau 4PL (fourth party logistic). Salah satu contoh perusahaan yang termasuk jenis 4PL adalah APL Logistic. Dimana perusahaan tersebut mempunyai kendali atau mngatur beberapa perusahaan laiinya (termasuk jenis 3PL) seperti transportasi dan penjaminan kualitas, agar barang tersampaikan ke konsumen dengan baik. Ada juga yang memakai gudang bersama sebagai penghematan untuk tempat menyimpan barang, sehingga mudah untuk sampai ke konsumen.

Satu perusahaan bisa memiliki lebih dari satu supply chain (SC). Karena bergantung dari acuan yang dilihat, misalnya spare part produk, maka satu perusahaan bisa memiliki lebih dari satu SC. Dan jika digambarkan dalam satu keterkaitan bisa banyak sekali, membentuk semacam jala. Salah satu istilah mengenai SC yang berasal dari Jepang adalah keiretsu (LINK). Istilah tersebut menggambarkan hal yang kurang lebih serupa.

Materi dasar SCM pada umumnya terkait dengan network planning, persediaan, gudang dan pengukuran kinerja jaringan. Ada beberapa trend atau isu hangat yang terkait dengan SCM. Pertama muncul istilah baru yang mirip SC, yakni value chain. Nah, ada beberapa pendapat mengenai pemaknaan istilah tersebut. Kata value bermaksud untuk menekankan bahwa chain atau mata rantai yang terbentuk memberikan nilai lebih yang cukup signifikan dari produk asal (bahan mentah) menjadi barang jadi yang berkali-kali lipat meningkat atau bertambah nilai kegunaannya. Akan tetap ada juga yang menyebutkan jika istilah value chain lebih sering digunakan untuk jenis industri yang lebih kecil. Misalnya untuk jenis usaha kecil menengah atau sentra industri. Sedangkan istilah SCM lebih sering digunakan pada industri atau perusahaan besar. Terlepas dari itu semua, pada intinya keduanya mempunyai benang merah keilmuan yang sama.

Kedua, berkaitan dengan paradigma persaingan secara bisnis. Dimana yang berkembang tidak hanya berkutat pada pemaknaan sempit mengenai persaingan antara perusahaan yang satu dengan yang lain. Tetapi antara SC yang satu dengan yang lain. Seiring dengan perkembangan ekonomi global, sebuah jaringan tidaklah hanya terdiri dari satu negara. Tetapi bersifat internasional. Seperti halnya isu hangat mengenai liberalisasi ASEAN pada tahun 2010.

Ketiga mengenai isu lingkungan. Yakni tumbuh kembangnya istilah-istilah seperti suistanable supply chain, green supply chain dan clos-loop supply chain. Ketiga istilah tersebut mempunyai makna yang kurang lebih seiring dan sejalan. Yakni mengenai SC yang memperhatikan lingkungan. Sebuah SC yang akan memaksimalkan 3 P; profit, people dan planet. Jaringan yang terbentuk tidak berhenti sampai pada konsumen. Tetapi selepas itu waste akan didaur ulang dan dimanfaatkan kembali oleh supplier terkait.

About these ads

Aksi

Information

29 responses

13 11 2009
indra1082

kunjungan siang…..
Salam Damai………

13 11 2009
kawanlama95

dalam bisnis MLM manajem scm sering digunakan. untuk memperkokoh jaringan serta pengadaan barang . dgn sistem ini bisa menambah kekuatan manajem sdm yang ada agar bisa lebih kokoh

13 11 2009
Alwi

Isi daftar hadir menjenguk sahabatku tersayang ……………..

13 11 2009
Alwi

Wah komenku keno aki-aki
Isi daftar hadir menjenguk sahabatku tersayang ……………..

14 11 2009
genthokelir

makasih penjelasanya menambah wacana dan wawasan saya

14 11 2009
gusrohman

semoga bisa bermanfaat…

14 11 2009
triunt

eh ada green supply chain, kayak apa ya rantai ramah lingkungan itu.

15 11 2009
haciiiiiiiii

info baru info baru…catet… :D

15 11 2009
RitaSusanti

Nambah ilmu lagi nih datang ke blog ini…Wah keren tuh SC yg memperhatikan lingkungan. Jadi orientasinya bukan hanya pada profit yang selama ini selalu diagung-agungkan para pelaku kegiatan ekonomi. Harus sudah muncul kesadaran secara penuh bahwa SDM dan planet ini juga harus menjadi orientasi penting selain profit.

15 11 2009
putra

Thanks infonya Om ,,
Tapi susah juga sih bikin jaringan ….
Huh

15 11 2009
riza_kasela

Saia baru buka toko online
Pusat di Jogja
Cabang di Jatinangor (adek)
Jadi, stok barang antara Jogja dan Jatinangor belum bisa diperkirakan
Silakan kunjungi toko online saia di http://rizaherbal.wordpress.com/

15 11 2009
ruanghatiberbagi

Exelence Posting!! Lanjut Gan

Selamat Pagi !!!
Semoga Senin ini menjadi awal sukses di minggu ini. Semangat ayo Semangat!!

16 11 2009
masiqbal

info yang sagat bermanfaat mas, nambah lagi deh ilmu-ku.. makasih… :)

16 11 2009
kchihui

wah mantap info berharga mas. btw makasih udah mampir juga.

16 11 2009
sakurata

Kunjungan perdana…
Saya tertarik dengan disiplin ilmu yang satu ini, cuman sayang belum punya kesempatan untuk mendalaminya…

17 11 2009
yos

makin kratif aja orang menemukan sesuatu.. :-D

17 11 2009
mel

suply chain,,kebetulan lg belajar e commerce neh,,,pas bgt.

PM buat WP bisa kok,,temen aku kangboed.wordpress.com coba aja liat,,kayanya sihpakai PM juga….coba tengok and tanya tanya aja dulu

17 11 2009
annosmile

bingung meh komen opo..
takut dikira fast reading..
kunjungan om..

17 11 2009
17 11 2009
Alwi

Kunjungan dinihari sekalian ronda sekalian bagi Award …. dijemput yaaaaa…..

17 11 2009
Alwi

Mo ronda ketangkep hansip ………

18 11 2009
HennyFaridah

berkunjung untuk silaturahmi yaa….

18 11 2009
wibisono

wah kang.. aku belum pernah baca bukunya I Nyoman pujawan itu.. di perpus kayaknya gak ada…

18 11 2009
julie

aku kurang paham ini harus baca ulang mas

18 11 2009
asepsaiba

Kang Nur memang pembelajar sejati yang tekun…

Ditunggu sharing buku lainnya…

18 11 2009
Creative and Green « nurrahman

[…] sampah industri. Itu juga sebetulnya hampir mirip dengan konsep besar yang ditawarkan pada istilah green SCM. 3 P yang ingin diperoleh adalah profit, people dan […]

11 05 2010
Pemodelan Sistem « nurrahman

[…] juga include di dalam permasalahan-permasalahan yang bertemakan seperti sistem produksi, logistik, supply chain management, dan biomekanika atau human […]

4 07 2011
Sari Roti « nurrahman's blog

[…] distribusi, roti yang diproduksi oleh PT Nippon Indosari Corpindo itu dikenal baik dalam mengelola Supply Chain Management. Bahkan kabarnya telah menggunakan Enterprise Resource Planning ber-paltform SAP. Sari Roti […]

3 05 2012
Analisis SWOT Kelompok Usaha Bakrie | Arif's Blog | Kumpulan Hobi

[…] hingga kini. Oleh karena itu, terus-menerus memperbaiki jaringan bisnis atau menitikberatkan pada Supply Chain Management (SCM) agar selalu diperhatikan. Khususnya berperan pula mengangkat Usaha Kecil Menegah (UKM) lokal […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: