Manajemen Keuangan

29 11 2009

Penulis adalah dosen fakultas ekonomika dan bisnis UGM Jogja, Mamduh Hanafi. Sudah cetak pertama sejak tahun 2004/2005. Diterbitkan oleh BPFE UGM. Merupakan salah satu text book berbahasa Indonesia dalam keilmuan manajemen keuangan. Bisa dijadikan salah satu rujukan untuk mempelajari keilmuan tersebut. Mengingat sudah banyak sekali buku-buku karangan dari luar negri maupun Indonesia mengenai manajemen keuangan.

Dalam pengantarnya, penulis menyebutkan bahwa buku tersebut memang disajikan dalam perspektif sebuah organisasi perusahaan, perusahaan yang komersial. Perspektif yang kurang lebih sama dalam buku mengenai manajemen keuangan lainnya. Namun, bukan berarti segmentasinya tertutup untuk kalangan organisasi perusahaan komersial. Tetapi siapa saja dan dari kalangan mana saja dapat mempelajari mengenai manajemen keuangan secara umum. Hal ini karena seperti diketahui bahwa secara fungsional, manajemen keuangan memegang peranan penting dalam mengendalikan roda kesuksesan perusahaan. Dan juga saat ini untuk keilmuan atau jurusan-jurusan perkuliahan ekonomi masih banyak sekali peminatnya. Memang masih cukup besar peluang kerjanya.

Di awal bab, sajian ilmu pengantar manajemen keuangan dan akuntansi ditampilkan terlebih dahulu. Yakni mengenai 3 jenis laporan keuangan. Neraca, laporan laba-rugi dan aliran kas. Neraca berfungsi meringkaskan kekayaan yang dimiliki perusahaan pada waktu tertentu. Neraca merupakan snapshot gambaran kekayaan perusahaan pada waktu tertentu. Laporan laba-rugi meringkaskan aktivitas perusahaan selama periode tertentu. Laporan aliran kas meringkas kas masuk dan keluar perusahaan untuk jangka panjang tertentu. Diperlukan pada situasi tertentu jika lapoaran laba-rugi saja tidak cukup. Misal pada saat pertama kali perusahaan didirikan. Untuk mengetahui detail aliran kas kemana saja. Disusul bab mengenai penjelasan analisis rasio keuangan yang cukup lengkap.

Bab berikutnya adalah mengenai pasar keuangan, nilai waktu terhadap uang, penilaian surat berharga, analisis penganggaran modal, return dan risiko, biaya modal, teori struktur modal, analisis investai, kebijakan deviden, sumber pendanaan jangka panjang, kebijakan modal kerja, manajemen kas, piutang dagang dan persediaan, pendanaan jangka pendek, manajemen keuangan internasional, merger dan akuisisi, seta instrumen keuangan derivativ (turunan). Bisa dibilang seperti selayaknya buku manajemen kauangan lainnya, pendekatan ilmu ekonomi yang dipakai cenderung berbau kapitalis. Karena memang paham itu yang sekarang bisa dikatakan telah menggandrungi bangsa-bangsa di hampir seantero dunia. Tapi tidak ada salahnya dan memang pada umumnya pembelajaran manajemen keuangan dilakukan dengan menelaah ilmu-ilmu pada text book tersebut. Walaupun begitu perekonomian yang cenderung kapital itu sudah banyak terbukti memiliki beberapa celah. Karena sesungguhnya bukan solusi terbaik.

Rasanya tidak mungkin jika ditulis secara teknis mengenai semua isi buku. Karena banya hitungan dan contoh yang bersifat teknis. Yang jelas lebih memuaskan dan lebih mudah untuk dibaca secara langsung. Dan memang pendekatannya adalah ilmu ekonomi. Sehingga dasar ekonomi dan akuntansi harus cukup kuat. Buku manajemen keuangan yang cukup komprehensif dengan 28 bab di dalamnya. Baik kajian yang cenderung mikro maupun makro. Setiap bab dilengkapi rangkuman, istilah, pertanyaan dan problem atau study case.

About these ads

Aksi

Information

5 tanggapan

29 11 2009
genthokelir

Review bagus keren
dan salam sukses untuk penulisnya

29 11 2009
ruanghatiberbagi

keduax

29 11 2009
ruanghatiberbagi

nice share, saji ingat break even point

29 11 2009
Manajemen Keuangan « feeds.bloggerpurworejo.com

[...] sekali buku-buku karangan dari luar negri maupun Indonesia mengenai manajemen keuangan. Dalam [...] Baca dari Sumbernya Comments [...]

9 05 2012
Aplikasi Excel dalam Solver Bisnis Terapan « nurrahman's blog

[...] perangkat lunak sebagai alat bantu materi Riset Operasi (Operation Research), Pemodelan Sistem, Manajemen Keuangan, dan Analisis Keputusan. Rate this: sebarkan pula di :ShareFacebookTwitterLike this:SukaBe the [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: