Strategi Penyehatan Perusahaan

1 12 2009

Buku tersebut adalah terbitan unit percetakan dan penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Jogja. Sudah dicetak lebih dari satu kali semenjak cetak pertama tahun 2001. Penulis adalah Drs. Suwarsono Muhamad, MA. Dosen tetap FE UII dan praktisi bisnis. Selain itu, beliau juga aktif dalam hal sebagai konsultan. Sedangkan dalam hal praktisi juga cukup terbukti dan populer karena bisnis kue brownies yang ditekuni bersama istrinya. Lukia brownies. Beliau sudah menulis beberapa buku mengenai manajemen, dan khususnya mengenai manajemen strategi. Keilmuan yang banyak ditekuni beliau.

Strategi, adalah ulasan utama yang ingin diutarakan penulis. Tetapi bukan melulu mengenai manajemen strategi secara umum. Lebih kepada upaya mengembalikan atau memulihkan perusahaan yang dalam kondisi tidak baik secara manajemen. Dan penulis lebih suka menggunakan istilah ”perusahaan sakit” dalam menggambarkan hal itu. Istilah yang patut disimak bagi pembaca. Secara umum dikatakan kalau perusahaan disebut dalam kondisi sakit jika tidak selaras dengan pasar. Dan faktor kepemimpinan memegang peranan penting di dalamnya. Diungkapkan juga pada umumnya perusahaan di tanah air memerlukan waktu lama untuk mengakui bahwa perusahaan dalam kondisi sakit. Sindiran lain yang lebih pedas kurang lebih, ”semakin sakit perusahaan makan akan semakin sehat pihak manajemen”.

Ada beberapa sebab sebuah perusahaan dikatakan tidak sehat. Antara lain adalah ketidakcakapan manajemen, kesalahan manajemen modal kerja, struktur biaya tinggi, kegagalan pemasaran, pertumbuhan terlalu cepat, ketidakberdayaan dan kebingungan organisasi, dan perubahan pasar. Perusahaan-perusahaan yang tidak sehat tersebut dalam perkembangannya digambarkan dalam beberapa model oleh penulis. Dan uniknya nama model-model tersebut adalah menggunakan istilah-istilah yang cukup lucu. Seperti model cebong yang tak pernah menjadi katak, model katak tenggelam dan model katak rebus.

Perusahaan yang sakit membutuhkan strategi penyehatan. Pertama adalah strategi generik. Recovery Strategy yang tanpa melihat oenyebab ketidaksehatan sebuah perusahaan, strategi secara umum. Ada 10 langkah yakni, pergantian manajemen, sentralisasi pengendalian keuangan, perubahan organisasi, reduksi biaya, reduksi aset, restrukturisasi hutang, reorientasi produk, peningkatan pemasaran, akuisis, dan investasi. Amat jarang sebuah perusahaan hanya menggunakan satu strategi tersebut. Umunya kombinasi.

Teori strategi selanjutnya yang diungkapkan oleh penulis adalah penyehatan tipe R dan tipe K. Tipe R merupakan penyehatan yang dilakukan karena sebab ketidaksehatan dari variabel internal perusahaan. Sedangkan tipe K untuk ketidaksehatan perusahaan karena variabel eksternal perusahaan. Nah jika sudah mengetahui langkah strateginya, maka berikutnya yang harus dilakukan yakni mengaplikasikan proses-proses penyehatan itu. Proses yang cukup detail dan dilengkapi dengan beberapa contoh riil hasil dari aktivitas penulis sebagai konsultan dan praktisi. Seperti penyehatan dengan metode skenario di perusahaan hutan Indonesia. Dan yang perlu diketahui juga bahwa negara sesungguhnya mempunyai peran dalam menyehatkan perusahaan-perusahaan. Apalagi jika sebuah perusahaan tersebut dinilai memberikan dampak sistemik bagi perekonomian negara. Seperti kasus yang belum lama ini mencuat, yakni bank century. Yang mana negara atau pemerintah menilai ada dampak sistemik, tetapi justru banyak pakar dan pengamat eknomi dan bahkan sebagian masyarakat yang meragukan itu. Dan berubahlah menjadi kasus dan konspirasi.

Nah, jika tertarik dan untuk lebih jelasnya, bacalah secara langsung dan lengkap dalam versi buku. Disajikan secara ilmiah tetapi dengan gaya bahasa yang ringan dan mudah dicerna. Sesuai dengan gaya bicara penulis jika sedang mengisi kuliah atau acara ilmiah lain. Atraktif dengan contoh-contoh riil, disisipi guyon segar, ringan dan sederhana. Buku ini cocok untuk mahasiswa ekonomi, manajemen, teknik industri, dan praktisi manajemen maupun para manajer dan direktur perusahaan.

About these ads

Aksi

Information

9 responses

1 12 2009
dyudh4p.com

Sayang aq gak punya perusahaan….

1 12 2009
Strategi Penyehatan Perusahaan « feeds.bloggerpurworejo.com

[...] juga aktif dalam hal sebagai konsultan. Sedangkan dalam hal praktisi juga cukup terbukti dan [...] Baca dari Sumbernya Comments [...]

2 12 2009
iiftihar

Harapan saya “moga2 aja” ada pembahasan lanjutannya di blog ini…

gimana bung Rahman?

2 12 2009
nurrahman18

he he he, langsung beli aja di toko buku terdekat ada kok Om :D

11 12 2009
dir88gun

Assalamu alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Wahai Saudaraku sekalian di seluruh penjuru Dunia maya,

Akhir-akhir ini, banyak orang dari berbagai penjuru dunia sedang memperingati Hari Anti Korupsi Internasional.
Hari peringatan yang bertepatan dengan maraknya pembahasan tentang kasus penggelapan dana Bank Century di negeri kita.
Dan juga termasuk salah satu hari yang memuakkan bagi saya.
Hari yang memuakkan, dimana kita memperingati suatu perbuatan yang sangat memalukan, KORUPSI!
Kenapa juga kita harus memperingati jasa-jasa para koruptor yang telah membantu penghancuran kehidupan umat? He he he…

Untuk selengkapnya, baca di:

http://dir88gun0w.blogspot.com/2009/12/corruption-day.html

_____________________________________
INDONESIA GO KHILAFAH 2010
“Begin the Revolution with Basmallah”

28 04 2011
tasia

Mau tanya untuk buku Strategi Penyehatan Perusahaan dapat dibeli dimana? Saya sudah coba Gramedia tetapi tdk ada. Mohon infromasinya dan terima kasih.

28 04 2011
nurrahman18

di togamas ada…

23 10 2011
mbojosouvenir

Salah satu buku yang membantu menjalankan suatu usaha. Salam kenal Mas Nurrahman. Kunjungi juga blog kami yah mas :)

24 10 2011
Sepeda Kampus « nurrahman's blog

[...] kampus. Lalu beberapa juga kampus telah memulai dengan solusi yang lebih bersifat sistemik atau strategis melalui kebijakan kampus. Mahasiswa baru dilarang membawa kendaraan seperti sepeda motor atau [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: