Ikan Cakalang Bakar

7 01 2010

Ikan cakalang adalah salah satu jenis ikan laut. Kalau dibakar rasanya gurih dan lezat. Dagingnya yang empuk dan tidak berserat akan semakin menggoyang lidah. Apalagi jika dimakan selagi hangat. Dimakan sambil menikmati keindahan pemandangan pantai, mendengarkan riuhnya suara ombak dan ditemani orang-orang terdekat. Dan jangan hanya dimakan sendirian atau “digado”. Tetapi makanlah dengan nasi hangat, sayuran segar dan sambal yang mampu membakar lidah sehingga semakin menambah selera makan. Hemm, sudahkah selera makan anda tergugah dengan sedikit penjelasan di atas dan gambar di samping itu?

Kalau iya, jangan lupa mampir pantai jatimalang. Pantai pesisir laut selatan yang terletak di Purworejo tersebut merupakan pantai wisata sekaligus lokasi pasar ikan laut. Sehingga pengunjung atau wisatawan yang datang tidak hanya disuguhi oleh panorama pantai tapi juga oleh wisata kuliner. Pantai jatimalang adalah salah satu pantai yang cukup terkenal di Kabupaten Purworejo dan di kabupaten lain yang masih termasuk eks-karesidenan Kedu. Walaupun pengelolaan atau manajemen tempat wisata bahari oleh pemerintahan setempat belum optimal untuk memaksimalkan potensi yang ada, pantai ini tetap menjadi salah satu rekomendasi wisata bahari yang mudah dijangkau dan familier di telinga warga Purworejo sendiri. Di samping pantai lain seperti pantai Ketawang di Kecamatan Grabag, Purworejo.

Harga Ikan cakalang yang masih mentah satu kilo kira-kira sebesar Rp. 15.000,00. Berkisar antara dua sampai tiga ekor ikan. Murah bukan! Itu juga masih bisa ditawar mengenai harga. Kemudian jika ingin makan ikan cakalang bakar di pantai, dapat meminta tolong warung-warung makan yang berjajar di pinggir pantai. Warung-warung tersebut dapat melayani wisatawan yang membawa ikan mentah untuk dibakar atau digoreng dan disajikan sesuai keinginan. Warung-warung tersebut juga melayani wisatawan yang menginginkan makan ikan laut yang tanpa harus membeli ikan mentah terlebih dahulu. Harga penyajian ikan cakalang bakar satu kilo lengkap dengan nasi dan lalapan hanya sebesar Rp. 10.000,00. Selamat berwisata bahari sekaligus wisata kuliner!

About these ads

Aksi

Information

31 responses

7 01 2010
zipoer7

Salam Takzim
Pertama dulu ah sekali-kali hehehehe
Salam Takzim Batavusqu

16 01 2010
Alwi

Nebeng Kang Ikuuuuuuuuutttttttt

7 01 2010
zipoer7

Selanjutnya kedua deh, mumpung belum ada yang isi

7 01 2010
zipoer7

Nama ikan ini pernah denger dari sahabat di makassar tapi belum pernah nyobain gurihnya kang.
Selamat siang aja kang salam buat keluarga disini
Salam Takzim Batavusqu

16 01 2010
Alwi

Atau Kang Zipoer mo beli ….??? saya temenin Kang ….

7 01 2010
Ruang Hati

Sama dengan kang zipoer, belum coba ikannya.
Jadi pingin ikan bakar nich……

16 01 2010
Alwi

Kalau mo bakar ikan bilang2 yaaaa …… heeeee…. enaknya makan rame2

7 01 2010
aku cuma seorang blogger yang cinta seo

pengen buka pake ini :D

7 01 2010
Abied

Hmmm .. Syukurnya di Sulawesi juga banyak yang ikan beginian.
10.000 saja?
Cukup murah, porsi kuli kan? Heheheh ..
Saya, Abied, dari sebuah tempat paling indah di dunia. :mrgreen:
Salam …

7 01 2010
faruq

waduh,,, jadi ingat masakan rumah…
menu dengan ikan cakalang bakar…
mmmyyaammm.. pasti nikmat…

8 01 2010
Henny Faridah

Kalo saya lebih senang di goreng kering… jadi crispy… boleh dong selera beda…

8 01 2010
peri01

wah enak kayanya???
salam kenal :)

8 01 2010
indra1082

Wah bikin ngiler… kirimin yang mateng ya.. :lol:

8 01 2010
wibisono

wah kayaknya enak.. perasaan ku belum pernah makan ikan cakalang.. jadi pengen…

8 01 2010
efraim

waduhhh……. ngiler ngeliatnya…..

9 01 2010
pengembangan diri

hm….. belum pernah sama sekali. ingin juga mencobanya. tapi tidak mungkin, saya alergi ikan laut sich

9 01 2010
vany

kbtln aku suka makan ikan bakar, mas……
jd pgn nyobain ah………….. :D

9 01 2010
Ruang Hati

mau dunk ikannya

Selamat ber akhir pekan buat para sahabat semua semoga happy akhir pekannya dan damai beserta keluarga

9 01 2010
kaptenagil

bakarin donk mas buat saya, hehehe…

enak banget tuh ikan apalagi makannya di Pantai…
mmhhhh..jadi laper!

9 01 2010
trinil

Benar enak tu, aku dah sering coba, belinya di pasar ikan kedongangan, jimbaran bali. hehehehe….
Mak nyus dah, palagi kalo masih baru n seger….

10 01 2010
alisnaik

membayangkan tampilan, rasa, dan baunya ikan cakalang goreng,
membuat saya jadi lapar :P

11 01 2010
Bhirawa

Perkenalkan saya Bhirawa.
Saya datang dengan membawa perdamaian.
Sebuah blog baru yang masih belajar dan mohon bimbingan,petunjuk,saran, masukan dan kritik yang sehat dan membangun dari para blogger senior.
Terima kasih mas.
Salam hangat selalu dari Kota Pahlawan

11 01 2010
nurrahman

wah pakdhe dari surabaya menambah koleksi ternak blog….salut pakde :D

11 01 2010
yosisetiorini

Permisi…
Tempat ku juga banyak ikan laut,soalnya dekat laut…tapi kalo ikan cakalang belum pernah dengar ya…ada yang tahu apa nama lainnya ya hehe…
Makasih..

11 01 2010
Ongki

waduh, kalo saya lihat gambar makanan langsung mupeng,,

11 01 2010
febe fernita t

liatt ikannya jadi bikinn laper bang..!!
pantaiiii,ikannnn,hwaaa like thiss ^^

12 01 2010
wardoyo

Memang ikan cakalang enak. Tapi sebutan cakalang biasanya untuk wilayah Sulawesi, juga di sekitar pantai Gresik. Untuk orang awam ikan ini lebih sering disebut TUNA. Rasanya enak, gurih gitu loh.
Di bandara Juanda-Surabaya ada cafe yang menyediakan menu “Sandwich Tuna”. Harganya jangan ditanya, tapi rasanya mantap banget. Padahal kalau dikasih nama cakalang beda harga… he..he..

14 01 2010
estipipi

hmmmmm, jadi pengen ke purworejo lagi. Aku cuma pernah ke pantai Ketawang aja, yg ini belum pernah.. hehe

16 01 2010
olvy

wah jadi ngiler nih, perasaan aku belum pernah makan cakalang deh, kasian amat yah…ckckckckk

17 01 2010
Eka Situmorang-Sir

Dingin2 di Jakarta skr ujan… baca ini koq ya jadi laper yaa….
ngubek ke dapur cari ikan apa aja deh…

21 04 2010
annosmile

memang makanan khas pantai selatan..
dimana-mana ada

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: