Macam-macam Syirkah

16 03 2010

Gema syariah dalam hal ekonomi di tanah air kini kian marak diperbincangkan. Bahkan semenjak krisis 98, lembaga keuangan atau bank yang berlabelkan syariah semakin tumbuh dan berkembang hingga sekarang. Seminar ilmiah, workshop dan lomba yang bertemakan ekonomi syariah atau ekonomi islam juga kian bertambah banyak. Seperti lomba bisnis plan berbasis syariah atau islami, dan seminar kewirausahaan berbasis syariah. Di Indonesia, volume usaha perbankan syariah selama lima tahun terakhir rata-rata tumbuh 60 persen per tahun.

Aspek penerapan syariah dalam bisnis atau ekonomi secara makro sangat banyak. Dan sebelum mengupas lebih dalam, alangkah lebih baiknya untuk mempelajari lebih dahulu mengenai apa itu jenis pengelolaan organisasi bisnis atau syirkah. Atau beberapa pihak menyebutnya dengan syarikah. Perseroan (syarikah) dari segi bahasa bermakna penggabungan dua bagian atau lebih, sedemikian bergabungnya sehingga tidak bisa dibedakan lagi antara satu bagian dengan yang lain. Atau menurut syara’, perseroan adalah transaksi atau akad antara dua orang atau lebih yang dua-duanya sepakat melakukan kerja yang bersifat finansial dengan tujuan mencari keuntungan. Rukun syarikah ada tiga, yakni akad, pihak yang membawa modal atau tenaga dan keahlian, serta usaha. Hukum syarikah adalah mubah.

Memang ada yang membedakan jenis syarikah dapat berbentuk syarikatul amlak dan syarikatul ‘uqud. Syarikatul amlak (kerjasama hak milik) adalah syarikah terhadap zat barang, seperti syarikah terhadap barang yang diwarisi oleh dua orang atau yang dibeli oleh keduanya. Sedangkan syarikatul uqud adalah kerjasama berdasarkan perjanjian (aqad) untuk mengembangkan hak milik seseorang. Akan tetapi yang secara umum lebih dipahami dan diterapkan adalah jenis yang kedua, dimana jika dipilah-pilah lahi ada 5 jenis. Yaitu syarikah Mudharabah, ‘Inan, Abdan, Wujuh, dan Mufawadhah.

Syarikah mudharabah (qiradh) adalah syarikah yang terjadi bila pemilik modal (shahibul mal) menyerahkan modalnya kepada pengelola (mudharib) untuk dikelola atau diusahakan, sedangkan keuntungannya dibagi menurut kesepakatan bersama. Syarikah ‘inan adalah syarikah antara dua orang atau lebih yang masing-masing mengikutkan modal ke dalam syarikah dan sekaligus menjadi pengelolanya, kemudian keuntungan dibagi di antara mereka berdasarkan kesepakatan. Syarikah wujuh adalah syarikah antara dua orang (atau lebih) dengan modal dari pihak di luar keduanya. Syarikah abdan adalah syarikah antara dua orang atau lebih yang mengandalkan tenaga atau keahliannya saja tanpa harta mereka untuk menerima pekerjaan. Contohnya kerjasama dua orang desaigner yang bisa bekerja terlebih dahulu tanpa modal untuk membuat beberapa design. Syarikah mufawadhah adalah gabungan diantara beberapa syarikah tersebut. Keuntungannya dibagi berdasarkan kesepakatan. Sistem syarikah akan menentukan jenis-jenis kebijakan dalam manajemen serta kepemilikan usahanya. Skema jenis organisasi syarikah dapat diilustrasikan pada tabel berikut ini.

PIHAK II

Peran

PIHAK I

Pengelola

Pemilik Modal

Pengelola & Pemilik Modal

Pengelola

Abdan

Mudharabah

Mudharabah

Pemilik Modal

Mudharabah

-

Mudharabah

Pengelola & Pemilik modal

Mudharabah

Mudharabah

Inan

Sedangkan untuk para pegawai maka sistem penggajian melalui mekanisme bernama Ijaroh. Harus dibedakan dengan kelima jenis syarikah di atas. Dan yang penting dari semua jenis atau mekanisme tersebut adalah perlu untuk memperhatikan aqad (perjanjian) kerja diantara masing-masing pengelola usahanya. Serta diwajibkan kepada setiap orang yang bekerja di dalam suatu usaha untuk bersikap profesional yaitu bekerja dengan amanah, etos kerja tinggi (himmatul ‘amal), dan memiliki kemampuan (kafa’ah).

PIHAK II

Peran

PIHAK I

About these ads

Aksi

Information

22 tanggapan

16 03 2010
ladyulia

huaaa,,,
enggak ngerti,,,
heheh

yang yulia ngerti mama bikinin aku tabungan di salah satu bank syariah yang warna khsanya ungu
aku suka banget sama warnanya
hihihihi

18 03 2010
nurrahman18

warna ungu?hmm,klo leh nebak, kyknya banknya berinisial “MLT” yah, hehehe

16 03 2010
anisthoha

apakah bank2 syariah di indonesia sudah benar2 syariah?menurut anda gimana?soalnya kyaknya sistemnya ujungnya2 sma dngan bank konvensional

17 03 2010
Usup Supriyadi

@anisthoha
jika saya perhatikan memang belum benar-benar syariah, karena jika dilihat dari berbagai praktiknya atau pun produknya memang kebanyakan masih mengadopsi ala bank konvensional. padahal tugas utama perbankan syariah atau ekonomi syariah ialah melakukan upaya Islamisasi keunganan umat Islam, agar tidak terkena riba dan menjadi berkah. tapi nyatanya, masih ada yang sesumbar bahwa dibeberapa perbankan syariah hanya bertujuan mencari nasabah belaka, apalagi jika bank syariah tersebut tidak independen alias anak perusahaan. itu kalau menrut saya yang tdak paham perbankan… :lol:

_________________
buat penulis :
saya rasa akan kecipratan, apalagi jika komentar itu bersifat mengoreksi sebuah karya agar menjadi lebih baik, karena berkomentar itu bisa saja dijadikan ajang saling mengingatkan dan silahturahmi…. insya Allah, jika niat komentarnya baik, ya hasilnya juga baik ^^ itu jawaban atas pertanyaanmu diblog saya ^^

17 03 2010
nurrahman18

monggo silakan berbagi apa saja pendapat :D

18 03 2010
nurrahman18

wah saya tdk punya kapasitas utk menjawab itu, hehe..coba tanya ke pakar dan ahli ajah om :D

16 03 2010
andipeace

kayaknya sama aja tujuannya.itu hnaya suatu nama dan simbol.

salm adem ayem

16 03 2010
Misro Tech

mudah-mudahan tujuannya agar bisa disyariatkan seperti namanya bank syariah….salam gan….

16 03 2010
Didien®

informasi yg bermanfaat mas..saya jadi tau sistem syariah dalam dunia bisnis..

salam, ^_^

16 03 2010
Caride™

setidaknya dengan sistem syariah ini ada peningkatan dalam pertumbuhan ekonomi yg signifikan..

18 03 2010
nurrahman18

semoga :)

16 03 2010
aa' dalimunthe

hallo mas salam kenal, tukeran link y.

link mas sudah saya pasang di http://www.dalimunthe.com/

16 03 2010
aa' dalimunthe

haloo mas tukeran link y.

link mas sudah saya pasang diwww.dallimunthe.com

18 03 2010
nurrahman18

sudah saya pasang balik gan

17 03 2010
Darin

di bookmark dulu pak, kayaknya penting nih :)

17 03 2010
kedai opini

ilmu yang bermanfaat, mampir ke blog kami

18 03 2010
vitri

jzk yo atas infonya ..

18 03 2010
nurrahman18

sama2 vit

18 03 2010
d-Gadget™

kunjungan siang kang…
ikut baca artikel yg bermanfaat disini..

18 03 2010
nurrahman18

silakan, semoga benar2 bermanfaat :)

19 03 2010
cahayapelangi

bagus lah….yg penting udah berusaha…emang keadaan negaranya masih seperti ini…

10 04 2010
Hilmy Khoiri

artikel yg amat manfaat..

nice postingan mas… :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: