Sate Ambal Kutowinangun

19 09 2010

Sate Ayam Ambal konon katanya memang mempunyai sejarah dari daerah kecamatan Ambal Kebumen. Di sanalah banyak berjajar pengusaha sate yang cukup terkenal, khususnya sepanjang jalur selatan mudik Jawa Tengah. Tetapi sate ayam ambal tidak hanya dijual di lokasi aslinya kini. Misalnya di dekat pasar Kutowinangun Kebumen. Salah satu warung sate yang terkenal adalah milik pak solikhin. Di samping juga terdapat banyak pedagang kaki lima di sepanjang jalan. Pembeli dapat membeli sate dengan ukuran porsi sesuai keinginan, misalnya satu porsi berisi sepuluh tusuk. Jika musim lebaran, harga bisa mencapai 10 ribuan satu porsi. Berbeda dengan sate ambal yang dijual di lokasi aslinya, satu porsi bisa mencapai 25 tusuk. Sehingga bagi yang belum terbiasa akan cukup kaget, pun dengan harganya menyesuaikan.

Lalu apa yang menjadi khas sate ini? Tentu saja satenya dan bumbunya. Sate berwarna kuning karena sudah diolah dalam jangka waktu yang cukup lama dengan minyak dan bumbu lainnya, sehingga tidak berwarna hitam terbakar seperti sate pada umumnya. Bumbunya pun sangat khas, bumbu kacang kedelai sambal. Disajikan terpisah. Jadi jikalau menyempatkan diri berkunjung ke Kebumen Jawa Tengah, jangan lupa mencicipi kuliner yang satu ini. Dijamin akan ketagihan cita rasa khasnya.

About these ads

Aksi

Information

22 responses

19 09 2010
HALAMAN PUTIH

Boleh juga nih infonya…
Tukar info nih, kalo ke Jogja jangan lupa pula mampir ke daerah jejeran untuk mencicipi sate klathak…

19 09 2010
nurrahman18

:D

19 09 2010
Ms. Resty

Kulonuwon mas
Postingannya mengundang selera makan, kalau ke Kebumen Insya Allah mencicipi deh

Salam kenal
Ibu guru di Tangerang

19 09 2010
Bangauputih

sate dimana-mana enak mas, kalo saya asal jangan sate kambing aja, pasti saya suka ;-)

19 09 2010
nurrahman18

wah ga suka daging ‘wedhus’ ya,hehehe

20 09 2010
asepsaiba

Duh.. siang2 plus laper gini makin bikin mupeng aja mas..

Eh, maaf lahir batin ya…

21 09 2010
nurrahman18

sama-sama kang Asep :)

20 09 2010
pelangiituaku

ayooo temen-temenku tersayang! tingkatkan pahala kalian dengan membaca artikel yang saya buat dan memberikan komentar dan LIKE kalian pada blog saya : http://pelangiituaku.wordpress.com/2010/08/24/welcome-to-the-next-city-2010-%E2%80%9Cjelajah-kota-depok-2010%E2%80%9D/ !!! jangan lupa yaaa… makasiiih ^_^

21 09 2010
hellgalicious

gue mau dong satenya

laper nih gan

22 09 2010
Tulus Budi

waduhhhh….. touring kuliner ketempat ini ahhhh….. thx bro atas kunjungannya….

23 09 2010
nurrahman18

sama-sama kang

23 09 2010
eher42

Wahhhhh jadi pengen nyicipi juga nih satenya…. :) he he he////

23 09 2010
Goda-Gado

dagingya daging apaan sih?
ayam or sapi?

23 09 2010
nurrahman18

ayam Om , pan ada tulisannya di atas :)

24 09 2010
Budi Mulyono 0n Blog Keluarga

Insya Allah mas Nurrahman nanti mampir…

24 09 2010
Tembang Lawas

Kayaknya mantep neeh sambal, kira2 1 porsi berapa Kang Nur harganya ?

24 09 2010
nurrahman18

tuh ada infonya di atas, sesuai keinginan :)

30 09 2010
masiqbal

sudah lama sebenarnya saya pengen nyoba sate yang satu ini, masih penasaran aja, kemaren pas acara resepsi pernikahan ada sate ambal, tapi sayang udah kehabisan… hiks.. nasib :(

1 10 2010
nurrahman18

wah sayang sekali,hehehe

8 10 2010
putra

Jadi laper gw…

9 10 2010
nurrahman18

ya sarapan sana,hahaha :D

7 04 2012
Wisata Kebumen | Arif's Blog | Kumpulan Hobi

[...] Sate Ambal merupakan salah satu kuliner khas Kebumen yang cukup terkenal. Sate ayam yang dimasak dengan cara tersendiri. Berlokasi di sebuah daerah yang bernama Ambal. Dimana tempat tersebut bukan hanya saja lokasi wisata kuliner dengan banyak penjual sate ambal (dan kuliner khas Kebumen lainnya), tetapi juga di waktu tertentu ada event “Balapan Kuda”. Biasanya di kala musim liburan, misalnya libur Lebaran. [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: