Sistem Antrian

6 11 2010

Di sebuah rumah sakit provinsi di kota gudeg, antri pasien umum dan askes adalah biasa. Terkadang seorang pasien yang datang antri pukul 7 pagi pun termasuk beruntung jikalau pukul 10 sudah dilayani. Mungkin beberapa rumah sakit besar milik pemerintah di beberapa kota lain juga mengalami hal serupa. Jadi terkadang itu sudah dianggap hal biasa. Dimana teknologi, dana/anggaran, dan ilmu sudah ada; tetapi barangkali pihak manajemen kurang memperhatikan hal tersebut. Sistem antrian masih perlu perhatian lebih. Contoh sistem antrian lainnya adalah pada saat pengurusan pajak kendaraan bermotor, antrian pembelian tiket pameran komputer, pengurusan SIM, antrian traffict light, pesawat menunggu di landasan, mesin rusak antri diperbaiki di bengkel, surat antri untuk diketik oleh sektrearis, antri masuk konser musik, antri masuk jobfair, dan masih banyak lagi. Sistem antrian patut diperhatikan karena adalah salah satu unsur yang mempengaruhi kualitas dan nyata terlihat oleh mata banyak orang.

Pelopor teori antrian adalah A.K Erlang, seorang insinyur asal Denmark yang mengemukakan hal tersebut pada tahun 1909. Ia bekerja di perusahaan telepon dan melakukan percobaan yang melibatkan fluktuasi permintaan sambungan telepon serta pengaruhnya pada peralatan telepon switching. Akan tetapi sebelum perang dunia kedua, studi awal tentang hal tersebut sudah berkembang secara umum. Tujuan umum teori antrian adalah meminimalkan biya pengadaan fasilitaas dan waktu tunggu.

Struktur antrian dasar terdiri dari 4 jenis secara umum.

Contoh single channel single phase : antrian kirim surat di kantor pos.

Contoh single channel multiple phase : antrian pengurusan daftar pasien askes rumah sakit.

Contoh multiple channel single phase : antrin di POM bensin untuk premium.

Contoh multiple channel multiple phase : antrian audisi Indonesian Idol.

Model dasar sistem antrian adalah : a/b/c/d/e

a = distribusi kedatangan

b = distribusi pelayanan

c = jumlah fasilitas pelayanan

d = jumlah konsumen maksimum

e = ukuran pemangilan populasi/sumber

Notasi standar :

M = markovian/poisson untuk distribusi kedatangan atau pelayanan.

D = interarrivval atau service time konstan (determinsitik)

Wk = interarrival atau service time berdistribusi erlang atau gamma

S = jumlah fasilitas pelayanan

N = jumlah tertentu konsumen

~ = tidak berhingga

Model sistem antrian :

1. (M/M/1/~/~)

2. (M/M/S/~/~)

3. (M/M/1/N/~)

4. (M/ M/1/~/N)

Lalu apa kemanfaatan dari rumus-rumus dalam teori sistem antrian? Jika diketahui tingkat rata-rata kedatangan, pelayanan, waktu antrian, maka hal lain yang bisa dicari antara lain probabilitas tidak ada konsumen, rerata jumlah konsumen dalam antrian, rata-rata waktu tunggu seorang konsumen hingga tingkat kegunaan fasilitas. Beberapa bantuan software dapat menggunakan winQSB, expert choice, hingga microsoft excel dengan QTP(queeing tool pak). Semoga bisa menghasilkan analisis yang tepat untuk setiap sistem antrian sehingga memperhatikan kepuasan pelanggan/konsumen.

About these ads

Aksi

Information

21 responses

9 11 2010
hpnugroho

sayangnya masih saja ada yg tidak disiplin dengan menyerobot antrian ya ….
atau memang sudah budaya di negeri ini ?

9 11 2010
nurrahman18

ya, budaya juga memperngaruhi bagamana pihak manajemen menerapkan “teori sistem antrian” dengan benar :)

9 11 2010
kakve-santi

apa.. ? pake teori markov.. ?
ato eksponensial.. ?

*saya muak.. saya dapet C !!!!
hegshegshegshegs.. :)

9 11 2010
nurrahman

He2.saya dulu jg pernh.lalu mengulang. Matakuliah spt ini emg lbh menarik klo dperbnyk contoh riil dan analisinya :)

11 11 2010
ysalma

Teorinya udah mantap, tapi dilapangannya,,
antri benar?? lamaaaa,,, serobot,, cepaattt,, petugas,, pura2 ga lihat :D

11 11 2010
nurrahman18

betul bu, ada ilmu,tp di Indonesia penerapan dan maintenancenya msh butuh perbaikan :)

11 11 2010
Blog Keluarga

Kalo rumah sakit umum bahkan swasta di kota balikpapan dan samarinda masih seperti yang diungkapkan, namun untuk pengurusan SIM alhamdulillah gak perlu ngantri lama-lama banget, karena diatur jam-jamnya…

Blog Keluarga’s last blog Melihat Perkembangan Motorik Buah Hati

13 11 2010
nurrahman18

ya syukurlah :)

11 11 2010
Cucu Hermawan

Wah,, semoga bisa diimplementasikan di berbagai bidanga antrian di negara kita, dan bisa lebih improvement lagi…

nice :D

11 11 2010
saffa

halo kang arif, bagaimana kabar? btw comment abang di blog saya kok masuk spam yach….?

12 11 2010
nurrahman18

hmm,kurang tau kang, mungkin pengaruh koneksi inet hehehe

13 11 2010
wien

kalau bisa ga usah pake antri ah…capek…hehe..

14 11 2010
nurrahman

Klo antri ga pake capek mau ga?he3

3 01 2011
sarihunhasan

saya dan tetangga kemarin periksa ke rumah sakit, kami daftar ke loket bersama-antri dan dilayani di poli yang berbeda(keluhan sakit berbeda)-kami bertemu kembali di apotik,… kalau saya perhatikan kayaknya gak sesuai dengan model antian di atas, atau saya gak pas membaca diagramnya.

3 01 2011
nurrahman18

termasuk struktur yg manakah?memang teori di atas masih bersifat umum, perlu penjelasan detail lebih utk sebuah kasus :)

11 03 2011
Simulasi Antrian di Pelabuhan « nurrahman's blog

[...] waktu lalu, kabar berita antrian kendaraan terutama angkutan barang sejenis truk di Pelabuhan Merak Banten cukup menjadi hot isu. [...]

25 03 2011
Simulasi Sistem Industri « nurrahman's blog

[...] model dan simulasi, aspek probabilitas, pembangkit bilangan random, simulasi kejadian diskrit, sistem antrian, verifikasi validasi simulasi, simulasi sistem jasa dan sistem dinamik. Ada beberapa salah ketik, [...]

4 07 2011
Mahfud Asyari

ada yang saya mau tanyakan tentang suatu contoh antrian pelayanan ktp di kantor kecamatan. jumlah kedatangan selama 20 hari di bulan mei adalah 2577 dengan waktu kerja 5 jam per hari. berdasarkan standar pelayanan di kantor kecamatan, waktu dalam pembuatan ktp 2 jam 5 menit. perkiraan berkas yang diterima 125/hari. dalam satu tahun ditargetkan 29500 ktp yang dibuat.
saya bingung untuk menentukan mu karena jika saya hitung dengan model single channel hasilnya 0.48/jam kurang dari nilai lamdanya 25.77/jam. tolong bantuannya.

4 07 2011
nurrahman18

singel channel single phase apa multiple phase, klo banyak servernya seharusnya bisa berkurang CMIIW

4 07 2011
Mahfud Asyari

ada yang saya mau tanyakan tentang suatu contoh antrian pelayanan ktp di kantor kecamatan. jumlah kedatangan selama 20 hari di bulan mei adalah 2577 dengan waktu kerja 5 jam per hari. berdasarkan standar pelayanan di kantor kecamatan, waktu dalam pembuatan ktp 2 jam 5 menit. perkiraan berkas yang diterima 125/hari. dalam satu tahun ditargetkan 29500 ktp yang dibuat.
saya ragu untuk menentukan mu karena jika saya hitung dengan model single channel hasilnya 0.48/jam kurang dari nilai lamdanya 25.77/jam. tolong bantuannya.

4 07 2011
Mahfud Asyari

single channel multi phase.. waktu 2 jam 5 menit itu keseluruhan.. dari loket registrasi, foto sampai selesai.. untuk penghitungannya mu/ tingkat pelayanan bagaimana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: