Simulasi Sistem Industri

25 03 2011

Penulis adalah Miftakhol Arifin. Lulusan Teknik Industri AKPRIND Jogja dan MagisterTeknik Industri ITS yang lalu menjadi dosen di UPN Jogja. Buku setebal 200-an halaman ini adalah terbitan Graha Ilmu Yogyakarta, 2009. Buku ini berisi tentang pengantar sistem, model dan simulasi, aspek probabilitas, pembangkit bilangan random, simulasi kejadian diskrit, sistem antrian, verifikasi validasi simulasi, simulasi sistem jasa dan sistem dinamik. Ada beberapa salah ketik, salah satu yang cukup fatal di daftar isi. Seharusnya adalah simulasi kejadian diskrit, tapi tertulis simulasi kejadian kredit. Barangkali kalau sudah ada edisi revisi tahun ini, kesalahan ketik semacam itu sudah diperbaiki. Semoga. Karena bagaimanapun juga ketika orang ingin melihat konten buku, maka yang pertama dilihat adalah daftar isi. Dan jika ada kesalah disana maka akan segera kentara dan membekas kurang baik di benak pembaca.

Buku ini cocok untuk mahasiswa atau siapa saja yang ingin belajar tentang simulasi. Simulasi sistem industri secara umum, ditulis dengan pendekatan holistik ala teknik industri. Tapi bukan berarti hanya cocok untuk mahasiswa teknik industri. Juga untuk yang lain, seperti mahasiswa informatika, manajemen dan teknik mesin. Buku ini bukan tentang pengantar simulasi atau teori dasar; misalnya semacam teori dari Law & Keton. Tapi lebih kepada rangkuman, dalam bahasa Indonesia, jadi lebih enak dibaca. Format tulisan per bab pun seperti modul lab, ada tujuan, teori dasar hingga contoh kasus dengan bahasa yang cukup mudah dipahami. Beberapa contoh kasus yang diangkat antara lain simulasi kasir supermarket dan simulasi sistem dinamik tentang perilaku pertumbuhan hotel di Jogja.

About these ads

Aksi

Information

11 responses

25 03 2011
Asop

Yak, bagi anak Teknik Industri, monggo serbu bukunya. :)

25 03 2011
faizal

terima kasih atas info nya mas, saya sudah punya buku nya tapi gak perhatiin kl ada yang salah, recomended untuk IErs :)

25 03 2011
joe

wah, terlalu teknis nih, bukan bidang saya he he…

28 03 2011
Blog Keluarga | Cerita | Anak | Pendidikan | Keuangan | Kesehatan | Kuliner | Tips | Blog Keluarga

Ini maksudnya untuk semua kalangan berrati juga bisa untuk semua jenis industri ya mas Nur….

Salam hangat dari Kota Minyak.

28 03 2011
nurrahman18

benar sekali :)

28 03 2011
Chugygogog

Buku yang inspiratife Um…
Sangat menarik.

Berkunjung di sore hari. Sukses selalu.

29 03 2011
julianusginting

wah ini khusus buat anak teknik industri ya…

29 03 2011
nurrahman18

yg jelas utk yg mau belajar ttg simulasi :)

9 04 2011
citromduro

kalau yang tidak paham teknik pak nur

28 09 2011
Nuri_Ok

maas…. punya bukunya gak???
aku pinjem dooong…. :D

28 09 2011
nurrahman

dulu ane juga pinjem perpus kampus :D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: