Tiket Kereta Api

26 07 2011

Pembelian tiket kereta api untuk musim lebaran sebagai keperluan mudik tidak hanya bisa dilayani di loket Stasiun Kereta Api terdekat. Tapi bisa dilakukan di Kantor Pos dan Indomaret. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Stasiun KA Kutoarjo-Purworejo Jateng, tiket KA untuk keperluan mudik bagi kelas ekonomi bisa dibeli paling cepat atau minimal 10 hari sebelum hari H yang dimaksud. Sedangkan untuk kelas bisnis dan eksekutif minimal 40 hari sebelum hari H yang dimaksud. Dan berdasarkan informasi yan diperoleh dari Kantor Pos Purworejo, tiket bisa dibeli minimal 30 hari sebelum hari H untuk keperluan mudik lebaran. Kebijakan pihak PT KAI untuk menambah lokasi pembelian / pemesanan tiket dengan menggandeng pihak ketiga yaitu PT Pos dan Indomaret tentu berdasarkan pertimbangan efisiensi biaya. Istilah untuk kebijakan itu adalah Subkontrak. Selain itu, barangkali juga dikarenakan jaringan atau lokasi PT Pos dan Indomaret lebih banyak tersebar di berbagai lokasi sehingga bisa menyentuh masyarakat dari kalangan mana saja. Terlepas dari itu semua, yang diharapkan masyarakat pada umumnya adalah PT KAI sebagai perusahaan monopoli milik pemerintah bisa selalu meningkatkan pelayanannya. Subkontrak yang dipilih sebagai strategi jangan sampai justru menjadi boomerang bahwasanya PT KAI mengalami kendala dalam banyak hal seperti SDM dan keuangan sehingga perlu bantuan pihak ketika. Dan pun ketika sudah menambah nekworking melalui pihak ketiga agar supaya tidak ada kasus seperti calo tiket, tiket habis, dan semacamnya.

Pembelian tiket kereta api di Indomaret dan Kantor Pos pada saat ini secara umum relatif lebih sepi. Barangkali dikarenakan belum semua masyarakat yang mengetahui hal tersebut serta memang katanya mendapat jatah lebih sedikit di samping umumnya tidak ada loket khusus / petugas khusus disana yang mengurusi pembelian tiket kereta api. Pelayanan masih jadi satu dengan petugas kasir Indomaret atau petugas loket Kantor Pos.

About these ads

Aksi

Information

8 tanggapan

26 07 2011
Blog Keluarga Kesehatan - Budi

Semoga dengan adanya pihak ketiga ini pelayanan menjadi lebih nyaman ya mas,,, sudah sering mengalami pelayanan yang gak enak padahal pesenan tiketnya utuk kelas eksekutif…

26 07 2011
nurrahman

service quality utk perusahaan go public milik pemerintah memang pada umumnya belum sebaik milik swasta kebanyakan, mindset nya saja sudah berbeda. CMIIW :)

26 07 2011
maseko cahyo

klo harganya tiketnya sama sih.. ga masalah.. klo lebih mahal ya sama aja calo..

26 07 2011
Asop

Kalau harga tiket di calo lebih murah, pasti orang2 pada pakai jasa calo. :lol:

30 07 2011
ical

hehehe,gimana caranya?calonya nombokin gitu. ahahah

30 07 2011
nurrahman

calo yg baik hati hanya ada di imajinasi dan berupa ilusi :D

27 07 2011
amirul

semoga harganya bisa turun…

6 06 2013
Jadwal Kereta

Postingan yg bermutu Bro!
Berharap negara punya kebijakan untuk membenahi sistem transportasi publik kita, dan tak serba menyerahkan kebutuhan hidup publik ke otoritas swasta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: