Biaya Perpanjangan SIM C

9 08 2011

Biaya Perpanjangan SIM C, berdasarkan PP no 50 tahun 2010 (tentang Jenis dan tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak), adalah sebesar Rp. 75.000,-. Tapi belum ditambah biaya lain seperti surat dokter. Berdasarkan pengalaman langsung (tanpa calo), minggu lalu di kantor Samsat Kab.Purworejo Jateng, ketika mengurus perpanjangan SIM C, dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 15.000,-. Ditambah biaya dokter Rp. 20.000,- dan biaya asuransi Rp. 31.000,- . Sehingga total adalah Rp. 141.000,-. Setelah memasang status di twitter, ada dua orang teman yang merespon. Seorang teman dari Kab.Karanganyar jateng dan Sleman DIY. Ternyata biaya perpanjangan SIM C berbeda. Berikut ini adalah screenshot-nya.

Di Kabupaten Karanganyar Jateng, total biaya perpanjangan SIM C adalah :

Rp. 75.000,- + Rp. 20.000,- + Rp. 1.000,- + Rp. 1.500,- = Rp. 97.500,-

Di Kabupaten Sleman DIY, total biaya perpanjangan SIM C adalah :

Rp. 75.000,- + Rp. 20.000,- + Rp. 3.000,- = Rp. 98.000,-

Di Kabupaten Purworejo Jateng, total biaya perpanjangan SIM C adalah :

Rp. 75.000,- + Rp. 20.000,- + Rp. 15.000,- + Rp. 31.000,- = Rp. 141.000,-

Wah ternyata lebih mahal ya, lumayan selisih Rp.40.000,-. Katanya biaya pendaftaran per daerah bisa berbeda-beda, sedangkan biaya asuransi opsional penawaran. Lalu, berapa biaya perpanjangan SIM C di daerahmu?

About these ads

Aksi

Information

61 responses

9 08 2011
Blog Keluarga Kesehatan - Budi

Dibalikpapan tergantung mas, Kalo di SIM Keliling hari libur cuman 75 ribu. Kalo di hari kerja + surat kesehatan 20.000. Kalo di KAntor Polisi ada biaya biaya kurang lebih 15ribu…

9 08 2011
nurrahman

ga ada asuransinya ya, ngirit 30rban lumayan

9 08 2011
Alwi

Belum lama ini saya perpanjang SIM C di Jakarta Selatan.
Biaya Perpanjangan Rp. 75.000,- Biaya Cek Kesehatan Rp. 20.000,- Biaya Asuransi Rp. 30.000,- = Rp. 125.000,-

Dan tidak ada biaya pendaftaran, sedikit cerita, waktu di bagian cek kesehatan yang lain saya lihat bener2 dicek, diperiksa/test kesehatan matanya pakai kartu snellen, pas giliran saya gak pakai dicek lagi langsung disuruh bayar Rp. 20.000,- heee …. gak tahu kenapa padahal saya gak kenal orangnya … cuman sebelumnya saya tanya dia katanya dari Jogja, maka seketika saya ajak ngobrol pakai bahasa Ngayogyakarta Hadiningrat … apa karena itu yaaaa heee …. tapi yg jelas saya emang sehat kok matanya dan belum pakai kaca mata (lebay[dot]com)

9 08 2011
nurrahman

mungkin lg ngirit waktu kang, alias biar cepet alias biar lbh santai buat pak petugas he3 :D *piss*

10 08 2011
Asop

Astaga, banyak rincian gitu yak…. :shock:

12 08 2011
Hybrid car

Cek kesehatan menurut saya kelihatan cuma main-main, hanya untuk formalitas saja..

18 10 2011
12345678901234567890

btul,itu smua cma akal aklan

12 08 2011
vane

dasar polisi

18 10 2011
12345678901234567890

aq tadi bikin perpanjang sim dikenakan beaya 130(lewat sim kelilinng masak sama dipolres) selisih 40rb Allahu Akbar mahal amat sim keliling.katane sim keliling beayanya sama dipolres.kebangetan

18 10 2011
12345678901234567890

dasar polisi,s

25 10 2011
achmad imsak

tgl 24 Oct 2011 kmrn sy perpanjang SIM C di mobil SIM Keliling di depan TMP Kalibata, Jakarta Selatan dgn biaya Rp.135.000,-. Apakah memang itu harga resmi dari pemerintah (instansi yang berwenang)? Cat: saya tidak menerima bukti pembayaran, karena memang tidak diberikan/tidak ada dan masa berlaku SIM C saya s/d 30 Okt 2011.

25 10 2011
nurrahman

sesuai dgn berbagai pengalaman di atas, ada biaya lain di samping biaya standar 75 ribu yang terkadang berbeda-beda untuk tiap daerah/lokasi. barangkali lain kali perlu menanyakan rinciannya kepada pihak yg berwenang…CMIIW

5 11 2011
wayangambondemak

Ane baru urus perpanjangan sim c di samsat polda metrojaya bulan oktober 2011 kena:
periksa mata:20rb, bri:75rb, asuransi:30rb, sumbangan pmi:5rb, nah ini yang janggal dan tanpa struk yaitu: pendaftaran di loket 22 yang minta 50rb dan pas pengambilan sim c 5rb. Itu belum termasuk fotocopy ktp 2 lmbar+sim 2 lmbar+pulpen:5rb, parkir 1500. Jadi totalnya:185rb!!! Padahal yang asli katanya cuma 125rb tp tanpa asuransi loh….

9 11 2011
Hendra Winata

Aku baru aja perpanjang sim A ama C di mobil sim keliling Polres Tangerang di komplek Taman Royal tgl 9/11/11, satu sim dikenai biaya 180rb, dua jadi 360rb. Yang bikin aku bingung kok tiap mobil sim keliling gak sama ya harganya?? kalo liat tulisan mas Achmad Imsak diatas dia cuma kena 135rb…. kok bisa begini ya????!!!!!! berarti aku kena biayanya jauh lebih mahal dari harga resminya!!!!! Gimana Pak Kapolri katanya mau membenahi kepolisian, tapi urusan SIM aja dari tahun ketahun praktek korupsinya gak ilang ilang!!!!!!

9 01 2012
6281532338199

betul mas Hendra…kapolri hanya omong saj, praltek lapangan dari aku kecil smpai sekrang sudah ..sama aja. waktu aku ngurus sim di jambi daerah muara bulian, tertulis 75.000 jangan lewat calo. praktenya aku langsung diminta 240 ribu, karena lihat ktp ku sarjana. orang biasa 270.000 aturanya darimana ndak tau.. kalau mau dapat sim ya bayar segitu.. kalau ndak mau…. ya ndak punya sim. protes…? urusan jadi panjang….. mau ?

14 11 2011
anton

Kasihan sekali anak dan istrinya pak polisi di kasih makan uang tidak halal.

9 01 2012
6281532338199

kita doakan mas anton semoga polisi cepat sadar.. amin. kita rasanya kok malah dijajah sama polisi kita ya.. padahal mereka makan dari kita? kok masih merampok kita ? (bukan nyamain lho ya) anjing aja kalau dikasih makan loyal banget lho mbelain tuanya.

4 06 2012
soccratess

setuju………….!!! Apa jadinya nanti kalau masa depan di pimpin oleh generasi seperti tu? Allahuakbar……!!!!!

1 12 2011
ShogunZ

Pada tgl 29 Nov 2011 kemarin saya mengurus perpanjangan sim c di mobil sim keliling yang ngetem di Honda Center, total biayanya adalah Rp 135 ribu + Rp 5 ribu ( buat laminating, ini sih ga dipaksa mo dilaminating boleh kalo ga juga ga apa2 ) + Rp 2 ribu ( beli pulpen, ini juga ga dipaksa kalo udah bawa pulpen sendiri ga beli juga ga apa2. Jadi jangan lupa bawa pulpen! ) + Rp 1 ribu ( bayar parkir motor ) Jadi total yang harus dibayar hanya Rp 136 ribu. Yang Rp 7 ribu hanya opsional tergantung anda, enaknya ga ngantri jadi ga perlu nunggu lama kurang lebih 1/2 jam selesai ( atau lebih cepat dari itu karena saya tidak menghitung waktunya dengan timer ).

8 12 2011
yon sugiarto

saya kemarin tanggal 6 desember 2011 urus perpanjangan sim c untuk daerah sulawesi selatan kabupaten enrekang dikenakan biaya pemeriksaan kesehatan sebesar 30 ribu dan 200ribu untuk proses pembuatannya, langsung di kantor polres enrekang. trus klu pembuatan sim c baru bayarnya selisih 10ribu aja dengan rincian biaya kesehatan tetap 30ribu + 210ribu, padahal dalam ruang pembuatan sim jelas ada terpajang biaya pembuatan sim c 100ribu dan perpanjangan 75ribu. tapi ya sudahlah mungkin aturan memang gitu..

9 01 2012
6281532338199

diluar jawa memang begitu pak Yon… masyarakat sangat tak berdaya. mereka bersumpah melindungi dan mengyomi masyarakat tapi prakteknya… kita semua jadi saksinya…. dunia akherat.

10 12 2011
maze

baru rencana mau perpanjang sim c,ya moga info dari teman2 bisa menambah pengalaman.dan ora ditutuk regane

11 12 2011
adhitt

Infonya membantu ney, kebetulan masa tenggang SIM mau habis… Cuman masih bingung tentang tata caranya…

12 12 2011
John Sriyono

di Jakarta Timur Samsat nya minta 125 000 untuk SIMC da 130.000 untuk SIM A..belu Asuransi dll

13 12 2011
de2

itu mah masih murah….
di kab Tanjab barat, Jambi baru saja sy buat hbs 350000….

9 01 2012
6281532338199

Tanjab barat memang tempatnya korupsi… masyarakat sangat lemah…. hanya bisa berdoa. di ma bulian bisa nyampe 300 an lebih

17 12 2011
indobeta

kalau untuk daerah jakarta berapa ya ?

29 12 2011
primaputra

ktp saya pangkalan kerinci,saat ini saya tinggal d pekan baru,sim saya sdh hbs masa berlaku nya,apa kah saya dapat memperpanjang sim di daerah pekan baru?kl tdk bisa apa alasan nya,toh ktp yg kita miliki saat ini ktp nasional

29 12 2011
nurrahman

@indobeta @primaputra : silakan bertanya kepada pihak berwenang untuk keterangan lebih lanjut, posting ini hanya sharing pengalaman saja bukan forum resmi :)

29 12 2011
Muhammad

di tanjung priok, jakarta utara, saya perpanjang sim A dikenakan biaya 190.000 terdiri dari kesehatan 30.000 (tanpa kwitansi), assuransi 30.000 (ada kwitansi) dan 130.000 (tanpa kwitansi), rupanya masih ada celah di kepolisian, harus rubah sistem jika mao dinilai bersih sama masyarakat.

4 01 2012
djibril

barusan aku perpanjang sim c di pelayanan mobil keliling polres semarang(ungaran).
aku : pak perpanjangan sim c biaya berapa ? syarat apa aja ?
polisi : foto kopy ktp 2 lbr, sim lama 2 lembar. biaya rp.145.000.(tanpa penjelasan rinciannya) 3menit jadi mas………

cekrekk langsung jadi, ini mas sim c anda.

26 01 2012
Kaya dari internet

Rencana mau perpanjang hari ini di Tangerang, thanks infonya :-)

26 01 2012
sari

hari ini saya baru bikin perpanjangan SIM C. Lokasi di Banjarbaru Kalimantan Selatan. Saya bikinnya di SIM keliling soalnya katanya “pasti” terhindar dari “pungli”. Waktu dikasih formulir untuk diisi diminta biaya 30 rb (nggak tahu biaya apa, tanpa kwitansi). Trus habis foto dan SIM dicetak diminta 100 rb soalnya katanya “dibantu” kebetulan SIM C saya habis masa berlakunya kemaren. Nggak tahu deh, apa emang segitu atau di ‘pungli” yang pasti semua nggak ada kwitansinya dan nggak ada penjelasnnya….
Jadi bikin curiga aja sama polisi…kok nggak berani “transparan”…coba di tempel tulisannya berapa biayanya sampai dendanya…..

31 01 2012
ryo

wah saya juga baru aja perpanjang sim c saya di sim keliling, di daerah thamrin city, pas dateng lsg diminta kopi ktp dan sim asli, lalu ditanyakan apa buru2 ato tidak, saya jawab tidak tapi mereka setengah memaksa sambil bilang dikasi yang cepet koq ndak mau?akhirnya krn bingung saya masuk kemobil, didalam hanya ditanya2 lalu tanda tangan dan foto, ga sampai 10menit sudah selesai, pas diminta administrasi saya kaget karena diberi harga 150ribu sudah termasuk antigores katanya krn tdk mao ribet saya bayar saja, tpi koq saya tidak diberi kwitansi ato nota ya? dan stlh tanya teman ktnya harusnya itu cm skitar 95ribuan ktnya… ktnya bebas calo dan pungli, tpi koq nyatanya malah bgini??

27 06 2012
Puhugelong KD

Hehehehheeeee sekarang kan calonya berseragam rapi pak,,coba kita ikhlaskan saja tidak akan para polisi2 KORUPSI itu lebih kaya daripada kita,Okee,

26 02 2012
tarlan

Tgl 20 Pebruari 2012 kemarin aku jg perpanjang sim C di wilayah kota Reog, dengan rincian biaya FC + map = 4000, biaya perpanjangan= 75.000, dan biaya cek kesehatan = 15.000, parkir = 500 (tp kalo dibayar 1000 jg gak ada kembaliannya) jadi total =94.500. dan waktunya memang SANGAT CEPAT SEKALI HANYA 25 menit selesai (mulai masuk cek kesehatan -+3 menit, pengecekan berkas -+2 menit, bayar perpanjangan -+3 menit, isi form -+10 menit, tunggu pemotretan -+5 menit, tunggu SIM -+2 menit, jadi total waktu sekitar 20-25 menit (sdh sama mondar-mandirnya dari loket 1 ke loket lainya). AKu memang sengaja melihat jam, karena di dinding tertera WAKTU PENGURUSAN SIM hanya 15 Menit (cuma lupa perinciannya, yg jelas a. …. = 5 menit, b. …. 5 menit, dan c. …. 5 menit, total 15 menit.)
Kemudian 2 hari yg lalu dapat cerita dari teman di Surabaya katanya perpanjang SIM C melalui mobil keliling “HANYA” 60.000. dan sangat SINGKAT.
Jadi, tergantung daerah masing-masing …

1 03 2012
Soto Seger

barusan perpanjang sim a dan c sekaligus di simling honda center dewi sartika cawang, jaktim…syarat: nyerahin sim asli + fc ktp 3 lbr..lalu dikasih formulir diisi ditandatangan balikin lagi ke loket petugas..nunggu 30 menit dipanggil ke dalam mobil trus foto+ambil sidik jari. Setelah selesai dijelasin sim a 140rb sim c 140rb + kartu asuransi 20rb total
300rb..no receipt..petugasnya ramah banget waktu jelasin n nyerahin sim serasa kita di hipnotis untuk iyah2 aja tanpa sempat minta receipt..
yasud lah 300rb untuk 2 sim berlaku 5 tahun..daripada repot.
tarif resmi sebenarnya berapa sihhh?

6 03 2012
Lia

aq habis erpanjang sim C kena biaya 299.000 wah gila tu petugas ……

9 03 2012
waka

gw kena 250 rebu sialan

27 06 2012
Puhugelong KD

hahahhahaaaa aku kena 270 ribu,

10 04 2012
ida

Sangatta Kutai Timur Kaltim tanggal 7 April 2012,baru perpanjang SIM C dari alamat kediri Jatim, pindah alamat ke kutai timur memakai SIM keliling proses sekitar 30 menit langsung jadi, ditarik 200rb,tanpa kwitansi dan rincian yang jelas,masih ingat dulu buat SIM baru di Kediri Jatim lewat jalur resmi tanpa calo,jelas-jelas tulisannya 75 ribu tapi kena juga 200an rb, dengan segala tetek bengek urutan prosedure dan tes.hadeeeehhhh..INDONESIA kapan majuna ini.

24 04 2012
Pudji Pamungkas

pengalaman nyata : Di sebuah kantor Polres di Jawa Barat…. setelah membayar di loket unit kas BRI untuk biaya perpanjangan SIM A & C sesuai PP no 50 tahun 2010 sejumlah 2x Rp 75 ribu, ternyata di dalam ruang dikenakan biaya lagi dalam jumlah yang sama – tanpa kuitansi.

30 04 2012
Sri*

Tigaraksa Tangerang perpanjang sim c :
- Asuransi 30rb
- Kesehatan 20rb
- BRI 125rb ( padahal untk prpnjngn sim c tertulis 75rb..bingung ? )
- Total 175rb (urus sendiri)

19 05 2012
togar

di medan yang paling mahal berkisar 300 sampai 500 rb pusing…

26 05 2012
erlangga perdana putra

Di SIM corner PIM Palembang, saya bulan Mei 2012 memperpanjang sim C yang sudah kedalu tanggal, syarat 2 copy KTP, 1 poto 4×6 and uang buat bayar bank 75 rb (ada kwitansi) dan 30 rb (tanpa Kwit) katanya petugas yang periksa nggak ada jadi diperiksa oleh bapak yang di registrasi so nggak ada kwitnya biar nggak nunggu lagi. Gue sempat tanya koq yang di tempel di dinding ruangan tertulis perpanjangan sim C 75 rb, sim A 80 rb nggak dibuat dengan tambahan test mata (snelling) yang 30 rb itu, untung saja uang yang dibawa cukup. Buat Bro and Sister kalo urusan dengan polisi jangan lupa buat bawa uang tambahan siapa tahu ada tambahan lain lain yang nggak jelas asal usul kebijakannya misalnya (registrasi, assuransi, copy, laminating, dll, dll )

28 05 2012
rahmat

abis klaw ga gt mereka ga kaya ,,nungguin gajih kelamaan makaya pake cara jitu membohongi masarakat ,,yaaah kita juga harus sadar ,kita tertipu karna kebodohan kita sendiri,,,kalw pintar tida mungkin tertipu benerga ga pa,,

2 06 2012
sigit

Lagi nunggu panggilan foto utk perpanjang SIM C. Biaya2 yg

2 06 2012
sigit

Lagi nunggu panggilan foto utk perpanjang SIM C di Polres Tangerang. Biaya2 yg sdh d byr : 30rb asuransi+ 20rb kesehatan+ 125rb perpanjangan (pdhl diatas loket tertera 75rb) = total Rp.175rb. Mungkin 50rb nya utk sewa baju k

2 06 2012
sigit

Lagi nunggu panggilan foto utk perpanjang SIM C di Polres Tangerang. Biaya2 yg sdh d byr : 30rb asuransi+ 20rb kesehatan+ 125rb perpanjangan (pdhl diatas loket tertera 75rb) = total Rp.175rb. Mungkin 50rb nya utk sewa baju kali ya, krn difoto hrs pke baju berkerah..hehe

3 06 2012
bell

mohon penjelasan bang, apa masih bisa sim c yg mati 1 bulan 3 hari di perpanjang di sim keliling ya? trm ksh atas responnya

3 06 2012
nurrahman

maaf, keterangan resmi dapat diperoleh di pihak yang berwenang. thx

4 06 2012
FansWebID

di polres tempat saya tinggal cukup murah om, 3ribu buat map+fotokopi ktp+sim C lama, 20ribu untuk KIR-surat kesehatan, 75ribu biaya sim C (perpanjangan), 1ribu buat kasih bpk parkir, total. 99ribu.

14 06 2012
imam

POLISI…POLISI…
ladang subur income di polres ya jadi rebutan
Kasihan ank-istrinya dikasih makan harta tdk halal seumur hidup
Semoga diberikan hidayah Amin..

27 06 2012
Puhugelong KD

Amiiiieeeeennnnnn,,mudah2an sadar sebelum mati,hahahaaaa

11 08 2012
tam

sepertinya lebih murahan buat sim d jawa dibandingkan sumatra, selisihnya bisa sampai 150 rb dan 200 rb. baik yg baru atw yg perpanjang. hah tak taulah :(

13 08 2012
Jerman

Di sulawesi tengah(tolitoli), harus mengambil ijazah mengemudi(padahal perpanjang sim lhoo..) biaya 70RB setelah mengambil ijazah langsung k’polres + 75RB biaya perpanjangan + kesehatan 30RB-an + Asuransi 50RB-an + Lain2.. Total sekitar 250RB-an?? Hmmm… Gmn mau maju Indonesia?? Klo seperti ini?? Byk Perbedaan.. Yg MUDAH diPERSULIT(bagi yang Ga punya materi(duit)), yg SULIT diPERMUDAH(bagi yang punya DUIT its OK)..

1 09 2012
koclox

POLISI emang preman pake seragam……,liat berita di solo mungkin udah pantes polisi di teror dan didor…krn bnyak dr mereka nglakuin tindakan yg bukan melayani dan mengayomi masyarakat,tp malah morot’in uang rakyat kecil.mungkin doa rakyat bnyak terkabul pa lg orang yg miskin dan susah.

15 02 2013
badar

Di sim corner Blok M square Jaksel, ane perpanjangan SIM A dan C, total kena biaya 275rb + 1rb utk fotocopy. Ga dapet kwitansi perincian biaya, tp dapat 2 kartu asuransi dari bhakti bhayangkara.

27 02 2013
mas agung

beginilah mental aparat dan pejabat indonesia membuat kebijakan pasti dibumbui kebijaksanaan….Jaman IT klau memang OnLine ya jangan setengah2 pembayaran total di Bank… yaaaaaaaaa krn bangsa kita kaya retorika… Seboyannya Pejabat “KITA BISA”.bisa tutup telinga. bisa manipulasi. korupsi dan masyarakat….? bisa mengeluh aja….. he..he….

17 04 2013
baby

wah kemaren aku perpanjang SIM di bekasi itu 120rb loh :D

Baby Pink

7 10 2013
Agus Setiawan (@Pauljongjava)

Perpanjang sim C di polres tangerang Rp 175.000 saya ngga di jelasin buat apa aja …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: