Jual Beli Atribut Ospek

21 09 2011

Ketika musim Ospek tiba beberapa saat lalu, salah satu pedagang musiman yang ikut bermunculan adalah penjual atribut ospek. Ya, jual beli atribut ospek memang cukup menguntungkan dan sudah cukup lazim, misalnya di kampus-kampus Jogjakarta (UGM, UII, UPN, STIE YKPN, dll). Mereka umumnya membuka lapak dagangan di pinggir-pinggir kampus, seperti di trotoar atau boulevard kampus. Para pedagang adalah masyarakat umum atau para mahasiswa senior. Atribut ospek yang dijual bermacam-macam. Mulai dari baju seragam, kotak bungkus nasi, topi, sampai atribut yang aneh-aneh sesuai pesanan dari mahasiswa baru yang mengikuti ospek atas perintah panitia ospek kampus setempat. Di satu sisi, hal ini memang menjadikan mahasiswa baru lebih mudah dan tak perlu repot-repot bersusah payah mencari atau membuat atribut ospek. Selain itu, hal ini merupakan rejeki tersendiri bagi para penjual atribut ospek.

Namun, khususnya untuk para penjual ospek yang berasal dari senior kampus, sepertinya menjadi kurang elok dan kurang etis seolah ingin mencari keuntungan dari mahasiswa baru. Meskipun tidak di semua kampus terdapat penjual / pedagang musiman atribut ospek (terutama yang berasal dari mahasiswa senior kampus), tapi jikalau pula ada kongkalikong atau share informasi antara panitia ospek dan para penjual atribut ospek maka akan menambah kesan kepentingan bisnis yang terjadi. Walaupun musiman, bisa dibilang kecil-kecilan, dan menguntungkan dari sisi mahasiswa baru karena memberikan kemudahan.

Dan kemudahan bagi mahasiswa baru itu juga menjadikan mereka kurang menghargai ospek dalam arti berusaha dan berjuang untuk mandiri menghadapi tantangan yang ada. Padahal ada pesan tersendiri di balik perintah pembuatan atribut ospek yang terkadang aneh-aneh itu. Seperti jaman dulu, yakni biar mahasiswa baru belajar mencari informasi di lokasi baru, mengenal dan berteman dengan rekan baru, mengatur waktu untuk mandiri bagi yang baru ngekos, dan seterusnya. Perlu diketahui pula, keuntungan jual beli atribut ospek ini sebetulnya cukup menguntungkan. Rata-rata dalam rentang waktu ospek dijalankan, penjual bisa untung ratusan hingga jutaan rupiah.

Bagaimana dengan kampus-kampus di kotamu, apakah banyak pula yang menjadi penjual atribut jual beli ospek?

About these ads

Aksi

Information

5 tanggapan

21 09 2011
Blog Keluarga Info

ada baik dan buruknya mas. Saya dulu ospek semester 7 jadi temen-temen yang cariin barang jadi gak repot juga….

21 09 2011
nurrahman

wew, dicariin bantuan informasi apa beli? :D

21 09 2011
amirul

disana saa disini sama aja pada naluri berdagang.. hhhh

23 09 2011
TreTans.com

dimana ada gula, disitu ada semut..
pinter baca peluang.. he he

23 09 2011
ysalma

kalau ditanya mahasiswa baru, adanya penjual atribut ini, sangat menguntungkan,
dulu nyari2 atribut ini bisa jadi cerita tak terlupakan juga :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: