Pemenang Djarum Black Innovation Award 2011

8 12 2011

Pemenang Djarum Black Innovation Award 2011Pemenang Djarum Black Innovation Award 2011 memang telah diumumkan secara resmi beberapa bulan lalu. Tapi tak ada salahnya untuk sedikit mengulasnya kembali. Karena harapannya kompetisi semacam itu tidak berakhir dengan “antiklimaks”. Ide-ide kreatif anak negri sebetulnya sungguh banyak. Akan tetapi yang kemudian di follow-up menjadi karya nyata yang bermanfaat, bernilai ekonomis atau dengan kata lain menjadi industri, nampaknya hal semacam itu belum menjadi iklim yang cukup baik. Setidaknya itu menurut pengalaman dan pendapat pribadi. Hasil penelitian (baik di kampus maupun luar kampus), kompetisi ide produk, proposal bisnis, dan semacamnnya, memang tidak selalu harus dan langsung bermanfaat menyelesaikan masalah secara jitu di lapangan ataupun menjadi usaha / industri. Karena hasil adalah hadiah, dan proses adalah utama.

Akan tetapi sekali lagi, semoga tidak menjadi “antiklimaks” dalam pengertian jika semua hasil produk / jasa tersebut malah seolah bisa menjadi “sia-sia” karena akan hanya jadi “berita” bukan karya nyata. Hanya mock up, prototype, atau apapun namanya itu tetapi belum mampu diserap industri dengan baik. Ini memang hanya opini yang bisa miltutafsir dan bersifat relatif. Namun sama sekali bukan bermaksud antipati dan pesimis. Karena secara pribadi, sangat mendukung kompetisi macam Djarum Black Innovation Award. Sebuah kompetisi yang sudah sejak 2007 diselenggarakan.

Sehingga, diharapkan kontes atau kompetisi serupa jangan pernah berhenti dan melakukan perbaikan. Misalnya semacam kerjasama dengan pihak terkait, investor, media, kampus, lembaga keuangan dan seterusnya. Lalu kemudian secara berkala bisa dirilis ide produk / jasa mana yang telah secara riil dirintis untuk menjadi usaha / industri. Baik kerjasama dengan investor maupun melalui kewirausahaan. Semoga!

My Turn

my turn

Kreativitas dalam bermain dadu.

Stanporti

stanporti

Piranti portable untuk membantu sepeda ketika “diparkir”.

Starpack

starpack

Bermanfaat menghemat bahan baku packaging tempat makanan, terbuat dari bahan yang lebih “sehat dan green.

Gundu Stadium

gundu stadium

Bermain gundu, sekaligus bisa digunakan untuk duduk, ringkas tempat.

Piikey

piikey

Alat untuk membantu mengamankan helm sepeda motor ketika ditaruh di tempat parkir, aman dari pencurian sekaligus tidak kemasukan air bila turun hujan lebat.

Note : Sumber gambar dan ulasan dari web resmi : http://www.blackxperience.com/index.php?page=blackinnovationawards

About these ads

Aksi

Information

9 responses

9 12 2011
asepsaiba

Setuju mas! Anti klimaks memang. Coba kita simak, sudah lama dan banyak sekali ajang-ajang semacam ini digelar, tapi kita sebagai konsumen hanya bisa menikmati nya dalam berita-berita di media semata, tanpa ada produk komersial yang sudah pasti berguna.

11 12 2011
nurrahman

barangkali ada juga “kemiripan” nya dengan kontes2 robotika dan semacamnya, moga segera bisa ditindaklanjuti jadi industri :)

10 12 2011
Lomba Blog Desember 2011 « nurrahman's blog

[…] ilmu pengetahuan dan seterusnya. Setidaknya, berikut ini beberapa info menarik seputar kompetisi atau lomba blog yang diselenggarakan akhir tahun ini, Desember 2011. Ada pula yang masih terbuka […]

11 12 2011
Abdi Hamsan Denata

mao ikutan komptensi gimana ya ?

11 12 2011
nurrahman

silakan ke web resmi nya, alamat seperti tertulis di note di atas :)

1 02 2012
Niken

Salam kenal… Blogwalking….

14 07 2012
djarum black cigarettes

memang jiwa kewirausahaan harus ditanamkan sejak dini di dunia pendidikan kita …

30 10 2012
electronic Cigarettes refill liquid

I can’t get over how impressive your writing voice is, you really need to publish lots more.

19 11 2012
Pemenang Economic Challenges Awards 2012 « nurrahman's blog

[…] live di MetroTV pada episode Senin 19 November 2012 pukul 21.30 WIB. Economic Challenges Awards 2012 mengambil tema “Global Eye on Indonesia”. Economic Challenges Award merupakan […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: