Jejak Langkah

3 07 2012

Jejak LangkahJejak Langkah adalah seri ketiga dari Tetralogi Pulau Buru. Seri pertama berjudul Bumi Manusia, sedangkan seri kedua bertajuk Anak Semua Bangsa. Jejak Langkah dimulai dengan menceritakan Minke yang sudah memasuki sekolah kedokteran. Meskipun terlambat satu tahun untuk melanjutkan study, tapi sifat kritis Minke tetap membara. Terbukti dengan diundangnya Minke dalam sebuah pertemuan di Kamarbola de harmonie. Dimana terdapat pertemuan para kaum liberal Hindia Belanda. Pertemuan tersebut salah satu langkah awal Minke dalam menyusun fase pengorganisasian perlawanan. Minke berjuang melalui jalur jurnalistik atau media.

Kemudian perlahan bersama Sandiman dan Marko, organisasi mulai terbentuk dan melakukan beberapa aksi seperti boikot. Toh walaupun pada akhirnya ketika Minke sedang cukup gencar terlibat organisasi seperti Boedi Oetomo dan Syarikat Dagang Islam, ia ditangkap atas nama Sri Ratu. Pupuslah sementara sepak terjang Minke. Termasuk berpisahnya ia dengan Princes Kasiruta, istri tercintanya pada saat itu, seorang putri keturunan bangsawan yang sedang diasingkan di daerah Jawa Barat. Di Buitenzorg (lokasi sekarang : Bogor), Minke disergap.

Seri Jejak Langkah menceritakan kisah sisi lain dari beberapa nama tokoh pahlawan Indonesia seperti RA. Kartini, MH. Thamrin, dan Dewi Sartika.

About these ads

Aksi

Information

3 responses

7 07 2012
Rumah Kaca « nurrahman's blog

[…] adalah seri yang paling berbeda dari ketiga seri sebelumnya; Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, dan Jejak Langkah. Sebab sudut pandang orang pertama penulis adalah bukan lagi Minke. Minke yang akhirnya […]

19 04 2013
mesin kasir

seri nya smpek berapa gan…?

16 09 2013
mesin kasir

kapan ada lanjuttanya gan ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: