Bilangan Fu

6 08 2008

Penulis adalah Ayu Utami. Penerbit Gramedia, Juni 2008. Bacaan novel yang berat dan membutuhkan pemaknaan yang tidak mudah. Karena alurnya yang cukup komplek, terkadang seperti tercampur dengan imajinasi penulis atau pembaca. Di samping itu, beberapa kata tidak diberi catatan kaki, padahal tidak mudah mencari arti kata dan maknanya. Seperti apa itu Fu? Dan seterusnya.

Novel ini khas sekali Ayu Utami yang menceritakan segalanya secara lugas, bebas dan modern. Termasuk ketika menceritakan bagaimana Yuda bersetubuh dengan pacarnya yang bernama Marja. Menceritakan seorang Sandi Yuda yang merupakan pemanjat tebing atau pendaki gunung. Mencoba berkelana ke suatu tempat yang baru di Jogja, lalu bertemu dengan pemuda berjari 12 Parang Jati. Yang merupakan mahasiswa geoligi yang juga suka meneliti tentang bebatuan dan sejenisnya. Di situlah lalu kemudian muncul banyak masalah. Ada seorang dukun setempat yang mati karena anjing, pemujaan berhala dan konflik tentang definisi sebuah makna filosofi hidup; agama, kepercayaan dan semacamnya.

About these ads

Aksi

Information

Satu tanggapan

14 05 2011
Maryamah Karpov « nurrahman's blog

[...] Lintang” Maryamah Karpov, sebuah novel. Begitulah tertulis judulnya. Mimpi-mimpi lintang adalah nama sebuah kapal yang diarsiteki Lintang, [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: