Resensi Buku TI,Organizational Excellence dan Structure In Five

10 10 2008

(1)

Gramedia Pustaka, Jakarta 2007.

Sebuah buku untuk seorang mahasiswa Teknik Industri dan praktisi maupun pekerja pabrik. Vincent Gaspers adalah lulusan ITB yang telah banyak sekali menulis tentang sistem produksi, manajemen organisasi dan kualitas. Pada buku “Organizational Excellence” kali ini, Beliau mencoba mengungkapkan AKAR PENYEBAB kegagalan sistem manajemen organisasi yang sudah diterapkan oleh beberapa perusahaan (seperti ISO 9001, Six-sigma dan Lean manufacturing). Beliau menyatakan bahwa penyebab utama adalah pendekatan sistem yang masih acak, parsial, dan belum terintegrasi, dalam hal implementasi sistem manajemen kinerja. Indikator dan parameter yang diterapkan antara satu divisi dan divisi lain tidak sinkron sesuai dengan visi dan strategi perusahaan secara makro.

Master Improvement Story adalah salah satu solusi yang ditawarkan oleh Beliau. Pendekatan pelacakan aspek histories dan teknis pelaksanaan di lapangan untuk selalu crossceck agar implementasi sistem manajemen sesuai kebutuhan perusahaan.

(2)

Prentice Hall International, 1993. Henry Mintzberg (Cetakan pertama tahun 1989)

Sebuah buku teks yang “wajib” bagi para mahasiswa yang ingin belajar mendalami mengenai teori organisasi, struktur organisasi dan manajemen organisasi secara global. Sebuah buku yang “cukup kuno” tetapi selalu menjadi rujukan utama. Mengingat sang penulis, Henry Mintzberg menawarkan sebuah teori organisasi yang sampai saat ini masih cukp relevan. Hal utama yang diungkapkan adalah bahwa ada 5 jenis organisasi berdasarkan besar-kecilnya struktur dan hal-hal lain yang terlibat di dalamnya, seperti tingkat keahlian, jumlah orang dalam organisasi, komunikasi antar lini manajemen, sampai pada teori kepemimpinan.

Simple structure, machine beuracracy, professional beuracracy, divisionalized form dan adhicracy adalah kelima tipe dasar organisasi. Ada kelebihan dan kelemahan masing-masing tipe disesuaikan dengan jenis perusahaan atau bidang usaha.

Iklan

Aksi

Information

One response

21 09 2011
nurrahman

di buku structure in five, juga dijelaskan posisi org dlm organisasi. supporting staff (misal : staff ahli kementrian), technostructure, the operating core, strategic apex, middle line

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: