Terapi Salat Tahajud

23 10 2008

Doktor Sholeh mencoba mengungkapkan teori ilmiah mengenai rahasia medis ketika seseorang melakukansholat tahajud. Beliau mengungkapkan bahwa dari sudut pandang ilmu ”psikoneuroimunologi” (yang mungkin masih sangat awam bagi masyarakat umum, apalagi yang bukan dari background ilmu kedokteran), sholat tahaujd jika dilakkan dengan penuh keikhlasan akan menambah daya tahan tubuh (bahasa mudahnya : sehat dan kuat). Hal itu dengan kondisi jika dilakukan dengan rutin dan tatacaranya benar.

Penulis adalah lulusan Tarbiyah di jejang pendidikan S1. Beliau sengaja keluar dari pekem, dengan mengambil jenjang pendidikan doktoral mengenai imu kedokteran. Beliau sekarang menjadi Guru Besar di IAIN Sunan Ampel Surabaya. Doktor Sholeh mencoba mengutarakan disertasi S3-nya dalam bentuk buku. Atas beberapa saran dari rekan sejawatnya, maka untuk membagi pengetahuan ilmiah ini, Beliau memberanikan untuk menulis buku tentang disertasinya itu. Walaupun bahasa yang digunakan masih banyak memakai kata-kata ilmiah dalam penelitian kedokteran. Tanpa ada sebuah penjelasan dengan detail mengenai istilah-istilah tentang medice yang kadang masih membingungkan. Walaupun sebenarnya jika dijelaskan tentunya akan membuat buku ini menjadi sangat tebal. Karena tidak mungkin penjelasan ilmiah yang berhubungan dengan ilmu kedokteran dipahami dengan sesaat.

Buku keluaran tahun 2007 dan sudah mengalami naik cetak lebih dari 10 kali ini, bisa dibilang merupakan penjelasan dan pemamaran mengenai betapa sebenarnya dikotomi ilmu yang berhubungan dengan ibadah dalam Islam memang tidak bisa dipisahkan dari ilmu rasional (akal) yang sehari-hari dipakai oleh manusia untuk berinteraksi satu sama lain. Ilmu islam bersifat holistic, menyeluruh mengenai semua aspek manusia. Baik ilmu kesehatan ,bisnis sampai militer. Hanya saja tidak semuanya bisa dengan gamblang diungkapkan ke publik oleh ilmuwan-ilmuwan islam. Atau beberapa bahkan ”dicuri” dan ”dibajak” oleh ilmuwan Barat.

Penulis buku tidak memberikan tips dan kiat-kiat mengenai bagaimana melakukan sholat tahajud dengan detail dan benar. Hanya diungkapkan proses bagaimana penelitian ini dilakukan dan bagaimana ditinjau dari sisi ilmiah. Karena memang inti dari buku ini sebenarnya ingin memaparkan sebuah penelitian ilmiah ke publik.

Iklan

Aksi

Information

2 responses

28 04 2010
suzan

belajar terus untuk tidak pernah absen lail 😀

28 04 2010
nurrahman18

ane masih bolong2 mbak..hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: