Bakso Selawe

5 11 2008

Jogja, kota yang penuh julukan; budaya, pariwisata, pelajar, hingga kuliner. Wisata kuliner di tengah kota Jogja dan seanteronya serasa menyegarkan dan akan menemukan sesuatu yang barangkali tidak ada di kota lain. Dan benar rupanya, di daerah Godean Jogja terdapat penjual bakso yang bisa dibilang sangat unik. Dan langka.

bakso

Orang-orang menyebutnya dengan istilah ”bakso selawe”, atau kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya bakso dua puluh lima. Begitulah pula jumlah bakso yang ada didalamnya. Bahkan mencapai 35 butir bakso. Wow! Disebut “selawe” karena menurut beberapa pelanggan, jumlah bakso waktu pertama kali jualan berjumlah 25. Sekarang mencapai 35. Berjualan di pinggir kota Jogja, sehingga bagi setiap orang yang ingin mengunjungi dan menikmati bakso ini, harus masuk jalan kecil di daerah Godean. Jika sudah menemukan perempatan Demak Ijo (Perempatan Ring Road Barat Jogja), maka akan mudah untuk segera mencicipi bakso porsi besar itu. Dari arah perempatan tersebut, segera melewati jalan godean, sampai kurang lebih kilometer 5 jalan godean. Maka akan bertemu dengan perempatan lampu merah, ada dealer motor di sebelah selatan. Langsung saja meluncur ke arah selatan, ke jalan kecil yang sudah beraspal. Di sebelah kiri jalan kecil, berjajar perumahan. Sebelum sampai mentok jalan, maka harus memperhatikan kanan jalan untuk menemukan warung bakso itu berada. Tepatnya di daerah Patran Banyuraden Gamping, Sleman Yogyakarta.  Bangunan sederhana warung bakso selalu menampakkan keramaiannya, karena memang sejak pagi jam 9 para pelanggan dengan setia menanti bakso porsi besar itu. Bangunan sederhana tersebut sebenarnya cukup luas, karena bisa menampung kurang lebih 20-30 orang. Ibu-ibu yang melayani akan segera bertanya dengan ramah bila pelanggan datang. Bukan hanya masyarakat setempat saja yang ”hobi” menikmati bakso selawe. Tetapi tak jarang motor dan mobil berplat nomor kendaraan luar Jogja hadir di situ.

Rasa yang sederhana menyelimuti aroma wangi bakso. Pelanggan dipersilakan menghitung jumlah bakso, jika tidak pas maka bisa diganti. Bakso yang ada memang tidak semuanya berbentuk bulat utuh. Ada irisan daging ayam kecil-kecil dan tahu yang juga dihidangkan bersama satu porsi bakso lengkap. Pelanggan dapat memesan satu porsi lengkap, atau tanpa mie. Dibandrol dengan harga merakyat, satu porsi cukup lima ribu rupiah saja.


Aksi

Information

2 responses

16 07 2010
hendri

Aduh…..
Perutku Kangen Jogja mas…..

17 07 2010
nurrahman

setidaknya jikalau ada kesempatan main kejogja lagi, mampirlah utk berwisata kuliner pula 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: