20 Hari Ketika Genderang Perang Telah Ditabuh

15 01 2009

palestine^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Hari ini, tepat pukul 00.00 WIB penurunan BBM di Indonesia sebesar Rp. 500 benar-benar terjadi. Dan pencarian korban kapal motor Teratai Prima di Pare-pare Sulawesi masih tetap berlangsung. Disusul upaya kerabat korban yang mungkin kurang percaya sama KNKT sehingga berlayar sendiri mencari korban. Dan banjir telah pula menjadi langganan, melanda ibukota Jakarta. Tapi hari ini pula, tepat 20 hari ketika genderang perang telah ditabuh, Israel dengan biadab menginvansi Palestina.

Konflik

Apakah perseteruan antara Palestina dan Israel murni konflik agama? Tidak bisa disimpulan secara sepihak. Diperlukan penjelasan sejarah, politik, budaya, agama, bahkan perekonomian untuk menyimpulkan hal itu. Palestina sendiri terdiri tidak hanya umat muslim saja, tetapi juga dari umat bergama yang lain. Sebelum menilik lebih lanjut konflik dua negara ini, maka perlu dipertanyakan bagaimana keutuhan persatuan warga Palestina sendiri. Pertikaian antar kelompok untuk memperebutkan kekuasaan politik di suatu negara adalah lumrah. Dan di wilayah Timur Tengah hal ini bisa dibilang wajar terjadi. Begitu juga di Palestina. Perseteruan antar kelompok demi sebuah kekuasaan politik telah terjadi sejak dulu. Konflik internal negara sudah terjadi sejak dulu. Bisa jadi hal ini juga yang seolah menjadikan negara Pelestina kurang kokoh. Liat juga video mengenai sejarah Palestina dan Israel di sini. Di sini juga dapat melihat video lain mengenai aksi perang yang terjadi .

Persatuan antara negara-negara di Timur Tengah juga menjadi permasalahan tersendiri. Jika dibayangkan, apabila negara-negara Arab bersatu dalam pengertian secara politik dan kekuatan militer, maka tidaklah sulit menyingkirkan bangsa Israel yang haya segelintir dibandingkan persatuan bangsa di Timur Tengah. Mungkin sudah sejak dulu, jika bangsa-bangsa di Timur Tengah sepaham, maka zionis Israel dimusnahkan. Tapi apa masalahnya sedemikian sederhana? Tidak. Ada Amerika Serikat dan sekutunya yang menjadi pion-pion Israel, sehingga bangsa-bangsa di Timur Tengah seolah enggan untuk mengurusi pertikaian Israel-Palestina. Akan ada imbasnya jika berurusan dengan Amerika Serikat dan sekutunya, sudah pasti salah satunya masalah ekonomi. Terbukti Amerika Serikat masih mendominasi perekonomian dunia. Bisa dicontohkan dengan adanya krisis karena kredit perumahan di AS macet, maka dunia internasional lembat laun terkena krisis global keuangan.

Jangan-jangan Israel dan AS frustasi karena krisis global. Sehingga melakukan penyerangan ke Hammas (Palestina) dengan dalih teroris dan punya nuklir.

Tidak Imbang

Pemimpin Palang merah Internasional sampai menangis ketika konferensi pers. Menjelaskan kondisi korban di jalur Gaza.

Sudah hampir 1050 orang mati (dikutip dari pernyataan Duta Besar Palestina untuk Indonesia di sebuah stasiun TV hari ini). Setengahnya adalah warga sipil. Sedangkan di pihak Israel hanya memakan korban 10 tentara dan 3 warga sipil. Sungguh perang yang tidak imbang. Perang yang sama sekali tidak jantan. Bisa dibilang Israel tidak berani face to face, perang di medan perang. Perang yang licik, salah satunya dibuktikan dengan dpakainya fosforputih oleh Israel. Senjata yang bisa menimbulkan wabah penyakit bagi warga Palestina.

Ekonomi

Ekonomi Palestina jelas terpuruk. Di samping roda perkeonomian tidak lancar, bantuan dari negara lain juga dihadang Israel secara licik. Beberapa hari yang lalu bantuan Irak berupa 2 ribu ton bahan makanan yang diantarkan lewat kapal di tahan Israel. Tidak bisa masuk ke Palestina. Jeda waktu perang selama 3 jam, yang disepakati bersama, sering dilanggar Israel. Sehingga banyak warga Palestina yang diserang bom-bom, yakni di jalur Gaza, tidak bisa pergi ke pasar untuk sekadar membeli bahan makanan.

Pasar modal dunia memang tidak banyak merespon aksi perang ini. Tapi beberapa bursa saham ada yang merespon negatif walaupun dalam porsi kecil. Aksi biadab Israel dianggap sebagai sebuah aksi yang melanggar norma kemanusiaan.

Pendidikan

Pendidikan anak-anak di Palestina jelas terbengkalai. Di jalur Gaza dan kota Raffah, atmosfir sekolah bisa dibilang tenggelam.

Pemilu Israel dan Barrack Obama

Dua hal itu adalah agenda dekat yang terkait dengan perang Israel vs Palestina. Sebenarnya perang lebih mengarah lebih tepatnya menjadi Israel+AS dan sekutunya VS Palestina+dunia internasional yang peduli kepada kemanusaian. Israel akan mengadakan pemilu sebentar lagi. Sedangkan pengukuhan Obama yang pelit berkomentar mengenai masalah konflik Israel ini, akan segera dilaksanakan pada tanggal 20 januari 2009. Obama yang pada waktu kampanye secara terang-terangan mendukung kedaulatan penuh Israel, mempunyai harapan tipis (sangat tipis) untuk menjadikan perang Israel vs Palestina segera usai.

Tanggapan Dunia Internasional

Hosni Mubarok, presiden otoriter Mesir, di awal perang Israel sama sekali tidak bergeming dengan aksi tidak manusiawi Israel. Diam. Sehingga sempat di demo warganya sendiri. Profesor Yunahar Ilyas, dari PP Muhammadiyah menengarai bahwa jika saja pintu darat di Mesir yang terhubung ke timur tengah dibuka, maka bisa ribuan relawan muslim Mesir yang rela berperang melawan Israel. Menyelamatkan tanah Palestina dari perebutan oleh Israel. Dimana di wilayah tersebut terdapat Masjidil Aqso, sebuah wilayah penting bagi umat muslim

Ban Ki Moon dengan gencar safari ke negara-negara Arab. Mencari dukungan. Ban Ki Moon, sekjend PBB tengah beraksi dan mencari cara untuk paling tidak ada gencatan senjata. Seberapa ampuhkan PBB di mata dunia? Masih ada anggapan bahwa PBB tak lain adalah antek AS. Terbukti ketika Dewan Keamanan PBB vooting untuk mengambil sikap mengenai keluarnya resolusi gencatan senjara, menlu AS terang-terangan abstain.

Presiden Bolivia baru saja memutuskan hubungan diplomatis dengan AS. Sedang Ahmadinejad sudah secara terang-terangan sejak lama menentang Israel. Dan Hugo Chavez, pimpinan tertinggi rakyat Venezuela juga bertindak sama.

Indonesia-Palestina

Jihad ke Palestina? Itu merupakan sebuah pilihan. Jika merunut makna dasar jihad, maka di Indonesia masih terbuka ladang itu. Masih banyak kemiskinan di negara ini. Di kota-kota besar, gepeng (baca : gelandangan pengemis) mudah sekali ditemui di perempatan jalanan kota besar. Kawasan pelacuran masih nampak subur di perkotaan. Maka jika ada orang yang bersemangat membara berapi-api,seolah jihad perang ke Palestina adalah kewajiban mutlak, tak bisa ditinggalkan, dan secara fanatik mengatakan bahwa setiap laki-laki baligh wajib melaksanakannya, perlu ditinjau ulang pemahaman makna jihadnya dan nawaitu-nya.

Wapres Indonesia, di awal terjadinya perang mengeluarkan statement bahwa warga Indonesia tidak perlu melakukan jihad, jadi relawan perang secara fisik. Entah apakah berubah sikap atau tidak jika konflik berkepanjangan. Karena track record Indonesia, melalui TNI , dalam hal pengiriman pasukan perdamaian dunia terbilang lumayan. Salah satunya yang sedang berlangsung di pasukan perdamaian Lebanon. Pasukan TNI yang sudah lama berlatih sebenarnya cocok untuk sekadar mempraktekan ilmu perangnya di Palestina. Daripada berlatih perang berahun-tahun dan pamer atraksi kekuatan militer TNI, tapi belum terbukti secara nyata.

Boikot Israel. Hal ini yang sedang diserukan oleh beberpa pihak di Indonesia, yang mengecam keras aksi perang Israel.


Aksi

Information

17 responses

15 01 2009
annosmile

kapan perang akan usai
sudah banyak korban tak berdosa…

21 03 2010
fadlia dunggio

qt doakan saja

15 01 2009
nurrahman18

@ anno : mari lakukan apa yang bisa dilakukan tiap individu….untuk kedamaian

15 01 2009
namakuananda

kira2 produk apa yang perlu di boycott mas 🙂
pake produk lokal aja x ya? biar devisanya tuambah banyak
koreksi dikit bolehkan?
[…] di awal perang Israel sama sekali tidak bergeming, maksudnya bergeming/diam saja x ya?

salam

15 01 2009
accan

apa negera2 di dunia akan perang semua???
wah kiamat sudah dekat dong ????
kita berdoa saja biar perang cepat selesai….

“setuju

15 01 2009
nurrahman18

@ namakuanda : boleh mas…silakan dikoreksi..tulisan yang sudah di-publish kan sudah menjadi ‘konsensus’ bahwa setiap orang boleh memberi komentar apapun dan mengintepretasikan apa saja…
salam,

16 01 2009
feeds.bloggerpurworejo.com » 20 Hari Ketika Genderang Perang Telah Ditabuh

[…] 20 Hari Ketika Genderang Perang Telah Ditabuh Filed under: Uncategorized — @ 3:02 pm […]

16 01 2009
ksemar

Ya Allah…. apa dosa warga sipil palestina hingga diperlakukan begitu kejam. Ya Allah … Apa salah dan dosa para Ibu-ibu dan anak-anak negeri Palestina sehingga menjadi korban kekejaman Zionis Irael. Semoga Allah Swt menempatkan arwah para syuhada Palestina di sisinya. Semoga juga Rakyat Sipil Palestina juga tabah menghadapinya.

16 01 2009
nurrahman18

@ ksemar : amin!

16 01 2009
mel

i added your blog to my friend list as”nurrahmanarif” you can check it out now…

16 01 2009
rhakateza

senjata takkan menakutkan israel, tapi coba serang kepentingan ekonominya diseluruh dunia, niscaya dia kan merengek2 minta pasar tidak memboikot produknya

17 01 2009
masiqbal

Israel memang biadab! bukan saja hamas, warga sipil, relawan juga dihajar oleh mereka… Israel memang IBLIS! semoga laknat Allah selalu menyertaimu wahai kaum zionis dan yahudi!

17 01 2009
nurrahman18

@ masiqbal : amin!

17 01 2009
3mnnm8

bingung jg.. ga tw hrs gmana.. cman bz bdoa wat swdara2 qta dsana,.. tp kira2 da tndakan laen slaen bdoa ga y?

19 01 2009
nurrahman18

@ 3mnnm8 : ada, donasi….

27 01 2009
sonokeling

Gua hanya berdoa bagi yang sudah tiada dan yang masih hidup, smoga diberi limpahan anugrah dari Yang Maha KUasa
http://sonokeling.wordpress.com/2009/01/25/citra-model-indonesia-indonesian-model/

21 03 2010
fadlia dunggio

aq tak sanggup jika melihat gambar2 saudara2q di palestina….hatiq sakit..ya allah lindungilah mereka hamba tak tahan melihatnya.

hamba tak tega jika melihat itu semua ya allah….
ya allah ya robby lindungi lah mereka…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: