Reportase Jogja Awal Februari

4 02 2009

3ec3

Ada 3 event atau pameran yang berlangsung hampir bersamaan di awal bulan Februari 2009. Pertama adalah pameran computer. Diberi judul pada spanduk-spanduk yang terpampang di jalan : Barang baru siap diburu. COMPUTER EXPO, APKOM NEW YEAR EXPO 09. Diselenggarakan oleh Apkomindo (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia) Berlangsung sejak hari sabtu 31 januari 2009 sampai 4 februari 2009 di JEC (Jogja Expo Centre). Setiap tahun, tak kurang dari 4 kali, pameran komputer selalu diselenggarakan. Pertimbangan utama yang sangat logis karena di kota Gudeg dan Budaya ini (Jogja), tertumpah ruah ribuan mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Sehingga predikat kota pelajar tak pelak selalu melekat di kota Jogja. Komputer dan piranti gadget modern lainnya memang sangat diidentikkan dengan para kaum (yang dianggap) terpelajar, seperti siswa sekolah, mahasiswa, dosen, para akademisi, konsultan, bahkan praktisi teknologi. Acara belangsung dengan meriah, dibanjiri pengunjung yang datang, mulai dari hanya melihat-lihat, survey harga, sampai memborong komputer. Pameran komputer selalu diminati masyarakat walaupun kondisi kurs dolar sangat tinggi. Hal yang selalu ditunggu oleh masyarakat tentunya perihal teknologi baru apa yang ditawarkan oleh para vendor komputer dan dipamerkan di sana. Perkembangan teknologi baru di bidang komputer selalu menarik untuk diikuti. Abad informasi memang sedang menggandrungi masyarakat dunia.

3ev2

Bertempat di lokasi yang sama, JEC Balai Yudhistira, dengan durasi waktu yang lebih pendek (3-4 februari 2009), dilangsungkan pula JobFair. BURSA KERJA NASIONAL FAIR 09 Semacam event untuk mencari tenaga kerja baru. Sejumlah perusahaan menggelar rekrutmen yang bisa dibilang instant. Seorang calon pekerja tidak harus repot mengirimkan lamaran ke alamat perusahaan yang diinginkan. Tinggal datang ke lokasi, menyerahkan CV (curriculum vitae) dan lamaran, dan bahkan ada beberapa perusahaan yang menyelenggarakan interview langsung. Perusahaan-perusahaan yang mengikuti acara ini memang tidak begitu banyak. Hanya beberapa perusahaan lokal saja yang ikut. Dan kebanyakan dari mereka mencari tenaga di bidang keahlian ekonomi dan umum. Seperi Astra Agro Lestari, Sekolah Palm Kids, Andi Offset, K 24, Sinar Sosro, Ungaran Sari Garments, BTPN dan Behaestex. Meskipun pengunjung yang hadir tidak membludak, tetapi acara semacam ini selalu mendapat tempat di hati masyarakat jogja yang membutuhkan pekerjaan.

3ev

Ajang pameran ketiga adalah pameran buku. Dibandrol dengan tag : Bagi-bagi buku gratis. SUPER BOOK FAIR 2009. Namun pada kenyataannya tidak seperti yang tertuang di spanduk. Lebih banyak toko buku dengan genre islami yang mengikuti acara ini. Hanya satu Balai yang di pakai di lokasi acara (Gedung Mandala Bakti Wanitatama,jl. Laksda Adisucipto 88 Sleman Yogyakarta). Diseleggarakan oleh Giants Promosindo. Acara sudah berlangsung bersamaan dengan dimulainya pula pameran komputer di JEC, yakni sabtu 31 januari 2009. Dan akan selesai pada hari Jumat 6 februari 2009. Hampir setiap moment pameran, baik komputer, buku ataupun lainnya, selalu dikolaborasikan dengan stan-stan penjaja makanan. Mulai dari makanan yang unik atau jarang, hingga kantin sederhana. Dan tentu saja harganya sesuai dengan standar sebuah perhelatan acara, harga premium.

Iklan

Aksi

Information

12 responses

4 02 2009
masiqbal

jogja memang terus menggeliat untuk 3 urusan itu, dulu saya pasti absen ke JEC bila ada pameran komputer, kemaren tanggal 29 januari – 1 februari di solo juga ada pameran komputer bertempat di hotel Diamond… mayan dapet card reader…

5 02 2009
nurrahman18

@ masiqbal : emang biasanya pameran kompi di jogja sama solo hampir bebarengan ….:D. Kenapa ga sekalian borong masiqbal? h ehe he

5 02 2009
mel

nah event2 kaya’ begini ini yg bisa bikin indonesia makin maju…bukan organ tunggal yg nampilin pornoaksi ya ga mas????

5 02 2009
nurrahman18

@ mel : tul

5 02 2009
mujahidahwanita

Sayang sekali di kotaku jarang sekali di adakan event2 seperti di jogja…, walaupun ada event yang seperti ini tetap saja harga yang di pamerkan selangit. Mungkin selisih I hingga 2 juta. Dengan harga di jogja atau di kota-kota lainnya.

Maaf yaa baru bisa berkunjung

Salam damai selalu….

5 02 2009
rhakateza

Pameran memang selalu dinanti2… walau gak niat beli, tapi menyaksikan teknologi terbaru komputer dari dekat merupakan kepuasan tersendiri bagi pengunjung.
Ada sesi bagi2 leptop gak mas?

5 02 2009
nurrahman18

@ mujahidahwanita : emang kadang harga kompì selisih besar sama di luar jawa. pengaruh karena biaya shipping mungkin ya
@ rhakateza : ga ada bagi2 laptop gratis, yang ada cuma bagi2 brosur gratis.hehehe

9 02 2009
Tongkonan

Dari ketiga event di atas gak ada satu pun yang sempat saya kunjungi. 🙂

9 02 2009
nurrahman18

@ tongkonan : sibuk sekali ya bos?

9 02 2009
nugroho

aku jan kepengin neng jogja rif, kerjo neng kono wae po ya? ada lowongan opo? rif sing lowongan dosen aku ga melu, kok angel nguruse, wektune kuwi sing rodo susah neng kene…aku doakan kamu lolos jadi dosen. amin. aku kanmelu seneng, buku2ne kowe dadi akeh haa, aku tinggal njilih hiiii. tabik

14 02 2009
LiputanOne

kalau jogja sih even kayak gini top markotop dah. Lengkappp! 4,5 tahun di jogja sih.hehehe

20 02 2009
Tongkonan

Hehehe.. dtang lagi. Kalau gak salah Tgl 25 Februari sampai 1 maret ada pameran komputer lagi tuh.. di JEC 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: