Sistem Informasi Strategik

21 03 2009

sisPenulis adalah Prof.Dr. Jogiyanto HM, MBA, Akt. Dosen tetap FE UGM. Telah menulis banyak buku mengenai sistem informasi, teknologi informasi, sampai ekonomi mikro. Buku edisi kedua telah dicetak tahun 2006. dengan sebelumnya cetakan pertama tahun 2005, dan penerbitnya sama; Andi Yogyakarta. Tebal buku sekitar 400-an halaman.

Sistem teknologi informasi sudah menjadi bagian tak terpisahkan di era globalisasi saat ini. Jika dikaitkan dengan manajemen perusahaan, sudah mutlak bahwa perencanaan pembuatan strategi yang melibatkan unsur teknologi informasi menjadi sesuatu hal yang sangat penting. Terutama perusahaan yang mempunyai core business berkaitan dengan teknologi. Strategi yang dimaksud di sini adalah “rencana permainan” (game plan) yang dilakukan oleh manajemen untuk memposisikan perusahaan di dalam arena pasar yang dipilih supaya dapat memenangkan kompetisi, memuaskan pelanggan-pelanggan dan mencapai kinerja bisnis yang baik (halaman 31).

Konten yang termuat dalam buku ini adalah mengenai konsep dasar sistem informasi strategic, manajemen strategic, strategi perusahaan, model penerapan strategi, rekayasa bisnis, EDI / Electronic Data Interchange (halaman 253), model bisnis, perencanaan strategik sistem teknologi informasi, dan penyelerasan antara perencanaan bisnis dengan perencanaan teknologi informasi.

Penulis memang memang mencoba menghadirkan istilah Sistem Infromasi Strategik / Strategic Information System (SIS) sebagai sebuah istilah keilmuan baru yang spesifik. Tapi sayangnya sampai tahun 1990-an belum ada kesepakatan bersama dan konsensus mengenai SIS. Para ahli masih mendefinisikan secara bebas. Sedangkan menurut penulis SIS adakah suatu sistem informasi atau sistem-sistem informasi apapun di level manapun (level manajemen perusahan; bawah, menengah dan atas) yang mendukung atau mengimplementasikan strategi kompetisi yang memberi keuntungan kompetitif bagi perusahaan melalui efisiensi internal danefisiensi komparatif sehingga membantu perusahaan memberikan keuntungan kinerja secara signifikan dan meningkatkan kinerja jangka panjangnya.

Disinggung pula berbagai metode manajemen strategi perusahaan. Misalnya rekayasa bisnis. Menurut Hammer dan Champy (1993) ada dua sisi, yakni perubahan bisnis secara internal (Business Process Reengineering / BPR), dan secara eksternal dengan Business RelationshipReengineering / BRR). BPR sangat mengacu pada perubahan radikal perusahaan. Misalnya proses bisnis di dalam perusahaan dilakukan oleh tim, pekerjaan multidimensi, kompetensi berdasarkan hasil sampai kustomisasi missal. Tahapan dalam BPR (Turban et al., 1996) dihubungkan dengan 3R, yakni redesign, retool, dan reorchestrate. Metode manajemen strategi internal lain yang dicoba diungkapkan adalah TQM (Total Quality Management). TQM berfokus pada proses bukan produknya dan pencegahan inspeksi. Teknik yang biasanya dipakai dalam TQM adalah benchmarking, fishbone diagram, pengendalian proses statistik, team building, diagram pareto dan work analysis.

Penulis juga mengetengahkan EDI sebagai salah satu solusi yang mungkin dapat diaplikasikan di perusahaan sebagai jenis SIS. EDI didefinisikan sebagai suatu penggunaan sistem komputer di beberapa organisasi secara terpisah untuk dapat mengirimkan data secara elektronik lewat dokumen-dokumen bisnis yang standar.

Di dua bab terakhir, penulis berfokus pada bagaimana membuat dan menyelaraskan manajemen strategik sistem teknologi informasi. Secara umum proses dari perencanaan strategik bisnis yang disebut dengan manajemen strategik terdiri dari lima tahapan utama, yaitu analisis strategi (strategy analysis), formulasi strategi (strategy formulation), mengukir strategi (crafting strategy), implementasi strategi (strategy implementation), dan mengevaluasi strategi (strategy evaluation). Bagaimana menyelaraskan antara Perencanaan Strategik Bisnis (PSB) dengan Perencanaan Strategik Sistem Teknologi Informasi (PSSTI)? Penyelarasan (alignment) mengacu pada model yang dikembangkan oleh Henderson dan Venkatraman (1999). Yang pertama dimulai adalah sebuah pilihan bergantung organisasi yang berasangkutan.

sisselaras

Iklan

Aksi

Information

6 responses

21 03 2009
feeds.bloggerpurworejo.com » Sistem Informasi Strategik

[…] Sistem Informasi Strategik Filed under: Uncategorized — @ 3:47 am […]

22 03 2009
accan

Wah.. hebat ya… dah nerbitkan buku ke 2…

23 03 2009
aryu

lagi2, review buku.. sep! cerdaskan bangsa dengan membaca dan menulis 😀

30 03 2009
bzon

bukunya ada g mas.. pinjem dong…

31 03 2009
nurrahman18

@ accan : yg nerbitin prof jogiyanto. dia yg hebat 😀
@ aryu : mari budayakan membaca buku
@ bzon : aku pinjem di perpustakaan kampus. hak dan fasilitas.hehehe

28 11 2011
enceftman

posting yang bagus….sangat bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: