UNO

16 05 2009

Harga permainan ini sekotak kurang lebih 50 ribu untuk jenis standar. Entah apa kepanjangannya. Karena salah seorang rekan membawanya dari rumah, katanya oleh-oleh temannya yang baru pulang kuliah dari Jerman. Memang di buku petunjuk mainan ini tidak ada penjelasan dengan detail. Sebenarnya bukan tidak ada, tetapi sayang sekali hanya diemngerti oleh mereka yang bisa berbahasa Belanda, Itali dan Jerman.

Tidak ada teman dan kawan yang abadi. Seperti slogan di politik saja. Memang termasuk jenis mainan kartu seperti kartu remi, domino atau yang lainnya. Tetapi yang utama adalah strategi. Bukan untuk selesai menghabiskan kartu terlebih dahulu. Tetapi ketika ada salah seorang pemain (permainan lebih dari seorang) yang telah selesai lebih dahulu, maka si pengeluar kartu yang membuat permainan berakhir dianggap sebagai si kalah. Bagaimana cara bermainnya? Hampir sama dengan jenis permainan kartu lainnya. Berikut gambar yang dapat memberikan deskripsi. Moto yang diusung dalam permainan ini adalah : tidak ada lawan dan kawan yang abadi selama permainan.

uno

Permainan dimulai membagi kartu untuk setiap pemain berjumlah 7. Lalu kartu pertam sebagai penuntun dibuka. Si pemenang (jika sudah ada pemenang, di permainan kedua) akan memulai permainan. Disusul pemain berikutnya sesuai arah putaran jarum jam. Pemain bisa menjatuhkan kartunya (lebih dari satu juga bisa, asalkan dijatuhkan satu persatu) dengan tidak sesuai urutan permainan arah jarum jam kalau mempunyai angka atau bentuk yang sama. Karena salah satu kunci kemenangan di permainan ini adalah kecepatan berpikir. Jika pada gilirannya seorang pemain tidak mempunyai kartu yang harus dijatuhkan, maka harus mengambil tumpukan kartu di tengah sampai memperoleh warna atau bentuk/corak yang sesuai.

Kartu UNO berjumlah 108, dan terdiri dari kartu berangka dari 0 – 9 (warna : merah, kuning, hijau dan biru). Kartu 0 berarti bahwa kartu harus ditukar sesuai arah putaran permainan. Kartu 7, seorang pemain bisa menukarkan kartunya kepada pemain lain sesuai keinginannya. Kartu yang bercorak dua arah tanda panah yang membentuk lingkaran, berarti arah putaran permainan diganti. Kartu yang bercorak angka plus (bisa bertuliskan angka 4 atau dua) berarti bahwa pemain selanjutnya harus mengambil tumpukan kartu di tengah dengan jumlah sesuai dengan kartu yang dijatuhkan. Kartu bercorak bentuk oval empat warna, berarti bahwa pemain selanjutnya harus menjatuhkan kartu dengan warna sesuai permintaan dari pemain yang menjatuhkan kartu oval tersebut. Kartu berbentuk/corak lingkaran dengan garis tengah, bermakna bahwa giliran laku pemain selanjutnya dilewati satu orang. Permainan ini dijamin membuat adrenalin pemain meningkat. Karena permainan ini membutuhkan taktik dan politik. Setiap pemain harus sigap dan konsentrasi pada permainan. Karena permainan ini dijamin seru, menarik untuk berlatih strategi dan tidak membosankan.

Iklan

Aksi

Information

4 responses

16 05 2009
feeds.bloggerpurworejo.com » UNO

[…] UNO Filed under: Uncategorized — @ 9:32 am […]

17 05 2009
JAUHDIMATA

sayange aku gak iso boso londo

17 05 2009
Ardy Pratama

wew… unik juga, sygx brangx dri jrman ya? 😦

25 07 2009
Uno_Player

Uno, Emang Asyik memainkannya,
aku sering memainkan ini di Facebook. Memang kebanyakan Orang BUle yang memainkan, tapi tak ada salahnya kita Coba.

Info : Kartunya sudah ada di Indonesia Untuk Harga (sediain ajah sekitar 50.000)
Klo aku kemaren beli dengan harga 39.900 (hanya info sahajah)

Yang berminat Coba cari di Mall, atau Minimarket terdekat, siapa tahu nemu.
Kartu ini juga pernah diiklan kan di Televisi Swasta.

>>>>> AYOO BERMAIN <<<<<<

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: