Ayam Benyek

6 06 2009

ayamBenyek

Sebenarnya nama warung sederhana penyaji makanan ini adalah Warung Makan Bu Rum. Ada berbagai jenis makanan seperti ayam goreng, bakar, dll. Tetapi salah satu yang khas di sini dan mungkin belum banyak yang jualan nama menu makanan ini, disebut dengan ‘Ayam Benyek’ atau “Ayam Geprek”. Entah siapa yang pertama memberi nama seperti. Tapi orang-orang lebih suka menyebut nama itu. Sebenarnya jenis ayamnya adalah ayam pedaging biasa yang digoreng dengan tepung, nampak gemuk. Lalu ditumbuk (bahasa jawa : diulek) dan dicampur dengan bumbu, ada cabe, bawang putih, garam, tomat, terasi dan penyedap. Jadilah seperti adonan makanan. Tetapi rasanya sungguh nendang. Karena paduan ayam gurih dengan campuran bumbu pedas. Tinggal minta sang penjual untuk membuat bumbu racikan dengan jumlah cabe sesuai selera. Kalau kata orang penyuka cabe, pesanlah bumbu dengan jumlah cabe yang genap. Daripada dengan cabe berjumlah satu, lebih baik cabenya dua. Karena jumlah yang ganjil punya mitoa akan membuat sambal terasa pedas.

ayamB

ayamb

ayamB2

Bertempat di kawasan pemukiman, bukan ruko bangunan di pinggir jalan raya. Tetapi memasuki gang-gang kecil. Agak susah dijangkau memang. Kalau sudah pernah bertandang ke jalan beo (dekat penerbit Andi), maka tidak begitu susah menemukan lokasi penjual makanan ini. Harga merakyat, satu porsi ayam dengan sayuran dan tempe goreng + teh hangat hanya Rp 7.000 saja. Alamat lengkap di Jalan Wulung Papringan Caturtunggal Depok Sleman Jogja. Ketika hari mulai sore, maka penjual segera membuka warung kaki lima pinggir jalan ini.


Aksi

Information

4 responses

6 06 2009
feeds.bloggerpurworejo.com » Ayam Benyek

[…] Ayam Benyek Filed under: Uncategorized — @ 4:38 pm […]

8 06 2009
fer12y_fti

asalm….
..wah boleh juga referensi wisata kulinernya….
tambahin yang banyak yah…
tapi pokoknya yang merakyat saja..
jangan yg highEnd!!!
;))
sesuia kantong anak kost…

10 06 2009
elok

sempet2 men poto makanan mas,,,

6 09 2012
Kuliner Ayam Geprek | Arif's Blog | Kumpulan Hobi

[…] Caturtunggal Depok Sleman Jogja (dekat Penerbit Andi Publisher). Di sana ada beberapa warung makan Ayam Geprek yang berjajar di pinggir jalan (pedagang kaki lima), jadi bukan kuliner Ayam Geprek yang berupa […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: