Bung Karno

27 06 2009

bungkarnoSalah satu buku yang cukup lengkap menceritakan riwayat Bung Karno (selain buku Di Bawah Bendera Revolusi) adalah buku ini. Berjudul “Bung Karno; Penyambung Lidah Rakyat Indonesia”. Dicetak pertama kali dalam bahasa Inggris pada tahun 1965. Penulis adalah Cindy Adams, seorang wartawati AS yang kebetulan waktu itu sedang berkunjung ke Indonesia menemani suaminya, Joey Adams yang memimpin misi kesenian Presiden Kennedy ke Asia Tenggara. Cetakan terbaru tahun 2007. Dalam kata sambutannya Bung Karno menyematkan sebuah kalimat; “seribu orangtua hanya dapat bermimpi, satu anak muda dapat mengubah dunia”.

Buku ini adalah Otobiografi, sehingga sudut pandangnya adalah orang pertama. Pada bagian satu jelas terpampang judul mengenai alasan buku ini ditulis. Dan bisa ditebak salah satu alasannya adalah untuk “pembelaan” terhadap diri sendiri di tengah kontroversi yang menimpa Bapak Proklamasi waktu itu. Bung Karno memang salah satu orang yang berjasa untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Tetapi seiring berjalannya pemerintahan yang berdaulat, gejolak politik semakin memanas. Dan Bung Karno juga tak luput dalam kerasnya dunia politik waktu itu. Sehingga ada beberapa orang yang kurang sepaham dengan Beliau di saat menjabat pemerintah bahkan cenderung berlawanan dan bersitegang. Terlepas dari itu semua, dengan membaca buku ini, paling tidak ada satu poin penting yang bisa dipetik yakni mengenal lebih dekat siapa sebenarnya Bung Karno. Mulai dari lahir, kehidupan sosialnya, pendidikannya, sepak terjang politiknya, kehidupan di penjara, pembelaan diri sendiri di masa demokrasi terpimpin, dan bahkan sampai kehidupan berumah tangganya. Meskipin hal yang terakhir tadi tidak menyeluruh.

Foto Bung Karno pernah terpasang di rumah pelacuran. Itu karena waktu perjuangan menuju kemerdekaan, begitu banyak orang mengidolakan Beliau. Dan Beliau sendiri tidak marah dengan hal itu. Bahkan ketika jaman perang, rumah pelacuran merupakan tempat yang cukup aman untuk rapat secara tersembunyi. Dahulu, ketika Bung Karno sering ke Tampaksiring Bali, hujan akan turun. Sampai-sampai ada masyarakat Bali yang menganggap bahwa Bung Karno adalah titisan dewa.

Bung Karno lahir tahun 1901 tanggal 6 bulan ke-6. Dengan bintang gemini. Beliau sendiri yang pernah bilang bahwa dia memiliki kepribadian yang lembut tetapi keras terhadap sebuah idealisme. Bung Karno mempunyai ayah seorang keturunan Raden di tanah Jawa. Sedangkan ibunya adalah asli Bali, seorang penari. Dan diceritakan pula di buku ini bahwa orang tua Bung Karno dulu mengalami kawin lari. Bung Karno mempunyai kaka perempuan bernama Sukarmini. Dan seorang pembantu di masa kecilnya bernama Sarinah. Ayah Bung Karno adalah pengagum Mahabarata, sehingga nama Sukarno merupakan intepretasi dari salah seorang tokoh bernama Karna. Ditambahi awalan su yang artinya baik dalam bahasa jawa. Walaupun ayah Bung Karno keturunan bangsawan tetapi masa kecilnya tidak selalu mewah dengan kehidupan ningrat. Karena sering berpindah rumah untuk sekadar mengontrak di daerah Surabaya. Dan ketika kuliah di Bandung, Bung Karno tinggal di kos. Rumah milik HOS Cokroaminoto, teman Ayah Bung Karno. Tinggal di kamar kos kecil yang gelap dan pengap. Sudah menjadi harapan Ayahnya bahwa Sukarno harus kuliah di Sekolah Tinggi Teknik. Yang waktu itu jumlah mahasiswa pribumi hanya 11 orang. Dan di tempat ini pula Sukarno sudah mulai aktif terjun di dunia politik. Sering berorasi dan orasinya disukai banyak orang, bahkan sering beradu mulut dan diinterogasi oleh polisi Belanda waktu itu karena aktivitas Beliau yang dianggap berbahaya bagi pemerintah Belanda,

Bung Karno memperkenalkan idealisme marhaen di buku ini. Juga memperkenalkan asal kata Indonesia. Kata tersebut berasal dari ahli purbakala dari Jerman yang bernama Jordan, yang belajar di negeri Belanda. Kepulauan Indonesia secara geografis berdekatan dengan India. Sehingga digabungkan dengan kata nesos (bahasa Yunani yang artinya kepulauan) menjadi Indusnesos.

Salah satu kendaraan atau partai yang begitu terkenal menjadi alat Bung Karno adalah PNI (Partai Nasional Indonesia), karena Beliaulah yang memprakarsai. Dan karena aktivitas di PNI pula, Bung Karno pernah dipenjarai di penjara Banceuy. Penjara lain yang pernah didiami Beliau adalah penjara Sukamiskin dan pernah dibuang di Ende, Flores.

bungkarno2

Masa kemerdekaan adalah masa kritis. Dimana berbagai peristiwa menyertai. Dan di buku ini memang hanya menceritakan sampai kurang lebih di era demokrasi terpimpin. Tidak ada penceritaan bagaimana Bung Karno menjalani kepemimpinan kritis di mana suharto mulai ‘merebut’ kekuasaan. Dan akhirnya  21 juni 1970 Bung Karno wafat.

Iklan

Aksi

Information

18 responses

27 06 2009
feeds.bloggerpurworejo.com » Bung Karno

[…] Bung Karno Filed under: Uncategorized — @ 3:13 am […]

27 06 2009
atyaga1177

Kalau bicara Bung Karno ga akan habis-habisnya..kelemahan yg dimiliki tertutup dengan kelebihannya. Memang beliau sangat ruar biasa. Tidak ada yg dapat menggantikannya sekalipun dari keturunannya…

27 06 2009
KangBoed

Halloooo… hmm.. Bung KARNO.. HIDUP BUNG KARNO.. konon katanya beliau itu masih hidup yaaaa
Salam Sayang

28 06 2009
dodi3384

Wah info yg menarik karena aku belum pernah baca bukunya.

28 06 2009
Erwine Reidha

Thanks 4 share..salam kenal ya sob!

29 06 2009
swijadi

“Tidak ada yang bisa menggantikannya…”, saya setuju . Bung Karno adalah anak jamannya, lahir dengan tugas membebaskan bangsanya, setelah tugas itu selesai beliau rela mati untuk “tumbal”, asalkan negara dan bangsa yang telah beliau perjuangkan tidak pecah… Sayangnya bangsa ini kurang bisa menghargai jasa beliau, bahkan banyak yang ingin “mengaburkan” sejarah, seakan beliau itu sekedar satu dari tokoh2 Indonesia lainnya, namun sejarah tidak mungkin di “rekayasa”, kebenaran selalu akan muncul.

pengagum Bung Karno.

29 06 2009
zefka

makasih ulasan bukunya…

gw respect banget ma Bung Karno, bahkan gw marah dan emosi banget ada yg jelek2in Bung Karno, orang Malingsia lagi.
http://zefka.wordpress.com/2009/06/24/sukarta-vs-malingsia-masa-bung-karno-di-jelek2in-gw-gak-rela/

Gak ada habisnya… berani, tegas, sigap dan seorang pemimpin keluarga yg bisa dikatakan ideal, meskipun sempat berpoligami 🙂

30 06 2009
biro konsultan

sukarno menjadi putra terbaik yang pernah dimiliki bangsa kita…

30 06 2009
Roso Daras

Satu hal yang pasti, Bung Karno sejak remaja hingga wafatnya, sudah mendedikasikan dirinya bagi persatuan Indonesia. Selanjutnya, mari kita jaga persatuan Indonesia dengan mengikis anasir-anasir dikotomis, sukuisme, rasis, agama, golongan dan lain-lain hal yang berpotensi mencerai-beraikan Indonesia.
O ya… buat bung Zefka, saya mengajak untuk menempatkan sosok Bung Karno sebagai sosok yang “final”. Percayalah, Bung Karno tidak akan lebih besar, meski kita sanjung… sebaliknya… Bung Karno tidak akan lebih kecil meski dihujat.

1 07 2009
kopral cepot

Sejarah menarik untuk ditelisik… semoga kita bisa menghargainya..
btw dah pernah liat Film Shadow Play belon ?

http://serbasejarah.wordpress.com/2009/06/25/shadow-play-film-mengenai-penjatuhan-soekarno-dan-pembantaian-massal-1965-1966/

Salam kenal n sukses

2 07 2009
Mursid Access

BUNG KARNO ituh emang maknyuss

4 07 2009
artvisualizer

terakhir saya belajar sejarah saat sma, wah, sambil membaca info menarik ini, bisa sambil belajar lagi tentang sejarah Indonesia.. thanks banyak bro

13 07 2009
stop dreaming start action

bung karno tokoh kontraversial juga…banyak jasanya dan banyak pula kesalahannya bagi bangsa ini….
saya sangat sedih sewaktu buya hamka justru dijebloskan dalam penjara dan partai masyumi dibubarkan, malah bung karno menciptakan NAsakom…
salam,

stop dreaming start action

3 10 2009
TONY

Bersyukur sekali kita pernah memiliki sosok Soekarno. Dengan berbagai kelebihn dan kekurangannya tapi dia tetap seorang tokoh besar.
Hanya sebuah mukjizat bagi negeri ini untuk melahirkan tokoh besar sekaliber Soekarno.

3 10 2009
TONY

Hampir lupa nih, terima-kasih atas kunjungannya ke dapurku. Anda tercatat sebagai orang pertama yang meninggalkan komentar.

Salam: Tony.

24 11 2009
ngupingers

smart education from he [bung karno]

1 02 2010
SAUT BOANGMANALU

TERIMAKASIH TULISAN DAN INFORMASI DALAM BLOGNNYA, CUKUP BERMANFAAT. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT HARGA BAHAN-BAHAN PERTANIAN, HASIL BUMI BERUPA NILAM, KEMENYAN, KOPI, ADAT-ISTIADAT, PEMBANGUNAN DAERAH DAN LAIN-LAIN DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

9 11 2012
Joyoyakti

Mbah saya seorang Sukarnois. Kakak ipar mbah sy dedengkot Marhaen di kabupaten tempat sy lahir. Dari kecil sy sudah berkenalan dgn buku2 tentang Pak Karno,tp baru stlh dewasa sy mudeng tentang Pak Karnoisme. Emang beliau orang hebat. Pemikirannya tentang nekolim,imperialisme modern adlh pemikiran yg mampu menembus batas zaman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: