Cara Memilih Calon Presiden dengan AHP

6 07 2009

ahapeAHP atau Analytical Hierarchy Process adalah sebuah metode ilmiah yang dikemukakan oleh Thomas L.Saaty. Merupakan metode kuantitatif untuk meranking berbagai alternatif  dan memilih satu terbaik berdasarkan kriteria yang ditentukan. Metode ini menggunakan perbandingan dari beberapa pilihan dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Panduan ini semoga bermanfaat bagi calon pemilih untuk pemilihan pemimpin kelak. Dan tutorial ini tidak bermaksud mengarahkan untuk memilih calon pemimpin mana pun. Hanya sebuah metode ilmiah yang biasa diajarkan di bangku kuliah, dan semoga bisa bermanfaatkan dan diterapkan untuk membantu memecahkan permasalahan-permasalahan sederhana di masyarakat. Perhitungan ini bersifat subjektif untuk setiap orang. Caranya adalah sebagai berikut :

1.   Tetapkan kriteria penilaian. Dicontohkan ada tiga aspek kriteria yakni : penampilan (P), kecerdasan (K), pengalaman (A), dan dukungan massa (D). Pada contoh ini, calon pilihan pemimpin ada 3, yakni calon A, B dan C.

2.   Buat Matriks Kriteria Dan Preferensi.  Aturan AHP membandingkan pilihan yang satu dengan yang lain, yakni sebagai berikut :

ahp1

Sehingga hasil matriknya (penilaian bersifat subjektif)  adalah sebagai berikut :

ahp2

3.  Hitung nilai preferensi untuk tiap calon.

(step 1)

ahp3Next….(step 2)

ahp4Next….(step 3)

ahp5Next….(step 4) menghasilkan matriks kriteria untup setiap calon.

ahp6

4.   Hitung nilai preferensi untuk kriteria.

Langkah pertama berilah ranking pada  kriteria dengan membandingkan dengan kriteria yang lain.

ahp7Ulangi step 1-4. Hasilnya sebagai berikut  :

ahp8Rata-rata baris =  Nilai preference pada kriteria (preference vector) :

ahp9

5.   Perhitungan Akhir

ahp10

6.   Hasilnya

ahp11

Selamat mencoba!

Iklan

Aksi

Information

32 responses

6 07 2009
inidanoe

Waah., saran yg menarik om.
Makasih masukannya 😀

6 07 2009
Yep

Walah…manteb nih, manteb ribet untukku Boz…. 😆

6 07 2009
eko

waduh gak rumit ta pakai cara memilih presiden pakai rumus?

6 07 2009
coretanpinggir

Wah….. Boleh juga tuh, tapi sepertinya di kita bagaimanapun logikanya tetap saja banyak yg fanatik milih si anu… apapun itu pokoknya si anu hi..hi…hi…h….

6 07 2009
labib akmal basyar

mumet pak ..mumet//

6 07 2009
altahida

wah..ahaha ini nih…baru namanya “cerdas” memilih……hha

6 07 2009
dodi3384

…pusiiiiiiiiiing….

7 07 2009
Andy MSE

weleh… ini malah pelajaran matematika…
jujur, ini menarik banget, namun seringkali hal-hal yang bersifat kualitatif sangat sulit di-kuantitatif-kan, sehingga untuk urusan seperti ini, hitungan matematis justru bukan pendekatan yang tepat.

7 07 2009
Andi

wong liat angka aja aku udah mumet mas…. 😀
ada yg lebih simpel gak mas???

7 07 2009
Adriano Minami

Terlalu ribet mas, hehehe :D. Dan belom 100% benar kayaknya 😕

Lagipula saya belom milih juga kok.

8 07 2009
Wahyu Kresna El Haydar

Mansetab… 🙂 Pertamax…

9 07 2009
itaw

aaahh..pusing rumusnya, yang pasti saya milih no 2 hehehe..

9 07 2009
Togar Lubis

Itu cara memilih ya mas. tapi jika boleh tau, mas kemarin milih siapa…?

9 07 2009
nurrahman18

terimakasih buat semua atensinya….daku tetep milih kok yang paling mungkin menurut pribadi….^_^

10 07 2009
Irfan

Met mlem.. Maaf OOT..
Saya minta dukungannya di kontes ngeTop ngeTren yaa sob.
Caranya gmpg banget,, cuma pokoknya kasih komentar di postingan saya..
Makasih sebelumnyaa.. 🙂

12 07 2009
KangBoed

WAAAKAAKAKAKAK.. BINGUNG EEEEUY..
SALAM SAYANG

12 07 2009
Lhypsync

bwakakakka
aya aya wae ini
kalo ane feeling aja bro arif 😛

12 07 2009
stop dreaming start action

busyeeet pemilihan presiden di pilih pake metode ahp..apa ga’ tumon tuh

9 10 2010
pras

mau tanya…

cara membuat Matriks Kriteria Dan Preferensinya .. kok bisa ada 1/3 , 1/5 dan 1/2 …

itu caranya gimana ya ..

mohon pertolongannya .. soalnya saya sedang dikejar deadline tugas kuliah nih…

terima kasih sebelumnya….

9 10 2010
pras

tolong.. kirim ke email saya …. terima kasih banyak sebelumnya…

9 10 2010
nurrahman18

yup,sudah ,berjudul scm

9 10 2010
pras

ooow…. jadi… mnurut pemahaman saya…

untuk tabel K (kecerdasan)

Baris A dan kolom C = 1/3,

itu maksudnya C sedikit lebih penting dari A. berarti si A kalah, karena posisi A adalah baris, maka cara nulisnya 1/3.

trus,

untuk baris C dan kolom A = 3,
itu maksudnya C sedikit lebih penting dari A. karena C baris dan dia menang, maka nilai = 3.

intinya.. klo baris yg menang… langsung ditulis nilainya (1,3,5,7 ato 9).
nah… klo kolom yang menang , nulisnya pake ” 1/ ”

gitu kan mas maksudnya…?

9 10 2010
nurrahman18

ya

9 10 2010
pras

wah… gini mas …

sampeyan udah nolong saya… ni sya sedang ngerjain TA nya temen , judul nya pemilihan rumah menggunakan metode AHP. software yg dipake VBnet2008 & MySql5.

ntar klo dah selesai… laporan TA + programnya lengkap ane kirim buat sampeyan…

gimana , mau nggak …

soalnya .. temen saya udah kena pemutihan .. klo bulan november gak selesai..

dia di drop out… alhamdulillah , karena ada bantuan dari mas nurrohman saya gak bingung lagi…

9 10 2010
nurrahman18

wah dengan senang hati tentu mau,trimakasih, saya menungguhnya lho,hehehe 🙂

9 10 2010
pras

mas.. selain tadi
saya juga sedang bantu TA temen dengan judul “pengenalan pola sidik jari menggunakan metode PNN (probabilistic neural network)” mas punya bahannya gak ?

ntar mas ada .. dan sesuai dengan yg saya butuhkan.. ntar programnya juga saya kasih..

9 10 2010
nurrahman18

hmm,klo PNN saya malah baru denger tuh,hehe,maaf sementara lum ada 🙂

12 12 2012
yuli

permisi mas ,mw mnta cara perhitungannya detail boleh
soalnya saya jga lg nysun TA ni,
itukan nilainya sudah di tentukan kan mas dari 1-9,tpi kok bsa mncuk nilai 1/3 1/2 gituuu .
truss klo mnurut mas sndri bisa g ya AHP di pakai untuk pemilihan stok obat yang optimal dalam apotek ?

13 12 2012
nurrahman

1/3 itu cara penulisannya, AHP dalam bidang logistik obat bisa saja dipergunakan misalnya untuk memilih supplier obat yang terbaik

25 02 2013
Yuli Kurniati

Mas, sy sekarang sedang menyusun TA dengan judul Sistem Pendukung Keputusan penilain Kinerja karyawan.. Kira2 bs gak mas bantuin sy? Klo u/ pemilihan kriterianya kira pake AHP gmn caranya? Apakah hampir sm dgn ini ?
Kmrin sy sdh buat programnya dan sdh rampung tp dr dosennya mnta pake prhitungan AHP, dan jujur sy pun br belajar ttg AHP skrg ini jd msh rada’ bingung krn bljrnya otodidak..
Deadline sy cm smp tgl 05 maret ini mas, mhon bantuannya ya 😉 klo bs prhitungannya ntar dkrim via email sy ªJª yah mas

28 03 2013
bimas

makasi pak,,membantu sekali cuma knapa gk da cara yg detail tuk jelasin perhitunganya jadi kita bisa tau pak

9 04 2013
chilla

ya Allah bingung -_-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: