Migrasi ke Planet Lain

23 07 2009

Rahman. Seorang anak SD kelas 3 di kota metropolitan ditanya oleh gurunya. “Anakku, coba sebutkan macam-macam benda yang terdapat di sungai?”. Lalu si anak menjawab, “Ada batu, plastik, sampah, air coklat kehitam-hitaman dan bau busuk yang menusuk di hidung.”

***************

Ani. Lain halnya dengan seorang gadis kecil yang baru saja belajar di taman kanak-kanak yang satu ini. Sekolahnya berlokasi di sebuah kota pusat bisnis di pulau jawa. Ayahnya bertanya ketika mau berangkat ke sekolah. “Besok kalau kamu sudah besar, kepengen berangkat sendiri ke sekolah naik apa Nak?”. Dan si kecil menjawab dengan lugu, “Naik mobil Yah, atau paling tidak naik motor pakai penutup mulut. Kan banyak asap di jalan Yah. Udaranya bau dan apek pula. Setiap keluar rumah lebih enak pakai masker.”

***************

Rahman. Ibu guru melanjutkan pertanyaan ketika di kelas. “Sekarang Rahman sebutkan ya Nak, apa saja yang terdapat di hutan?”. “Mmm, Rahman cuma baru liat gambarnya di buku Bu Guru. Belum pernah ke hutan. Jadi tidak tau.”

***************

Ani. Setelah di taman kanak-kanak, ia ditanya oleh Ibu guru. “Sayang, suara apa yang kamu paling sering dengar?”. Ani dengan lugu menjawab, “Suara pabrik dan kendaraan bermotor yang lewat di depan rumahku Bu Guru”.

***************

Rupanya polusi air, udara, tanah dan suara sudah begitu melekat di hati anak-anak. Hari Anak Nasional (HAN) 2009 yang katanya jatuh pada hari ini, mungkin bisa diisi dengan pengenalan kepada suara kicau burung alami dan aliran kejernihan air sungai, serta berwisata ke hutan. Aliran sungai di kota besar sudah berwarna coklat. Tidak ada jernihnya sama sekali. Baunya menyengat sampai ke mulut. Sekarang sudah lebih lumrah bahwa yang namanya berwisata itu pergi belanja ke ke Mall. Tidak biasa wisata ke pantai, gunung, hutan, bahkan air terjun. Apakah demikian, menjadi jarang?

transmigrasiPlanet

Kalau kenyataannya iya, mungkin bumi sudah semakin panas dan kotor. Kondisi tanah, air dan udara di daerah yang padat penduduk sudah begitu sumpek. Sebenarnya daerah lain di tanah air Indonesia yang masih jernih airnya dan sejuk udaranya masih terhampar luas. Tapi entah karena apa, sentralisasi pembangunan di pusat kota atau semacamnya, hal itu sulit direalisasikan. Pembangunan merata. Atau sengaja dibiarkan begitu? Lalu, lain lagi yang dipikirkan oleh yang mengaku ahli bumi di negara-negara bagian barat yang katanya lebih pinter peradabannya. Mungkin planet lain selain bumi sudah diteliti mengenai kelayakannya untuk ditinggali, dengan asumsi bahwa suatu saat bumi akan rusak dengan sendirinya karena ulah manusia dan manusia tidak dapat merehabilitasinya. Sehingga sebuah peluang bisnis terbuka suatu hari kelak. Migrasi ke planet lain.

Iklan

Aksi

Information

26 responses

23 07 2009
debiSiDudud

migrasi ke Mars…

salam kenal

23 07 2009
uni

migrasi ke planet lain, suatu gambaran yg mengerikan. Yuks sama2 menjaga bumi ini agar bumi tetap jadi tempat yg indah bagi kita dan bagi seluruh penduduk bumi ^_^

23 07 2009
abifasya

Assalamu ‘alaikum
Horeeeeeeeeee
Pertamaxxxxxxxxxxx dulu ah

23 07 2009
abifasya

Assalaamu ‘alaikum
Kunjungan balasan neh
Salam shilaturrahmi dari kota hujan

23 07 2009
Yusno

moga ja penduduk planet ini segera sadar untuk memelihara bumi kita satu2nya. tp purworejo insya Allah belum seperti ilustrasi di atas, lho Mas………..

23 07 2009
tigaw

nah dulu waktu kita kelas lima suadah diajarin ada bebrapa planet kan mas termasuk pluto dan tahun 2008 terjadi keanehan bahwa pluto sebenarnya bukan planet jadi yan salah guru, buku atau planetnya ya mas
kadan lucu juga ya mas heheheheeee………
kalau migrasi ndaklah mas KIAMAT IYA hahahahahaaaa salam hangat selalu

23 07 2009
anggy

aku juga ingin sekali sebenarnya igrasi ke mars kayak cangchutter

23 07 2009
ILYAS AFSOH

langit sudah terbelah

ilyas afsoh

23 07 2009
genial

kira-kira enaknya kemana iia…!?!?? pindah galaksi ajja mending skalian 😦 di sini uda bocor abis soalnya :((

23 07 2009
faza

haddiirr…
kalo dah ada rencana mo migrasi, bilang2 yach, aku nyediain tiket pulang pergi
hehehe…
cu…

24 07 2009
mel

pindah ke planet lain??
kalau buat forever kaya’nya ga bgt, tp kalau andai bisa punya rumah di bumi trus punya rumah and investasi ruko atau apartemen di Pluto atau mars..Itu seh mau bangett..

^_^
MEL

24 07 2009
sakurata

Kalo Saya…
pinginnya tinggal di pegunungan, beternak sapi, bertanam sayur (organik) tapi bisa ngeblog…hmm..indahnya 🙂
Salam kenal, bole tuker link?

24 07 2009
Irfan

Hehe….
Migrasi pndah galaksi (kta bro genial) mantap tuh…. Heheh…..

*Salam hangat dari SAHABAT*
|blogku.info|

24 07 2009
domba garut!

Kebayang seperti apa rumet (baca: Rumit dan mumet) kalau harus pindah migasi ke planet lain, meski sayah peminat film-film Sci-fi (Science Fiction) tetep aja sebuah petaka kalau umat manusia harus hijrah dari bumi.

Ditangan kita-lah masa depan anak cucu dan bumi ini berada.. Anak-anak jaman sekarang memang sudah mulai kritis cara berpikirnya dan sedianyalah para orangtua mulai menunjukkan contoh teladan akan pembinaan lingkungan.

Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari afrika barat!

24 07 2009
KangBoed

Hayuuuuu atuuuh kapan kita berangkaaaaaaaaaaaattttttttt.. hehehe
Salam Sayang

24 07 2009
samto kun

migrasi ke bulan ja pak,,,adem lho di sana

24 07 2009
santychan

migrasi ke galaksi lain aja… lewat blekhol 😉
waduh waduh parah ini, sayah juga belum pernah ke hutan.. cuma liat dari tipi, lewat.. itupun lewat saja di jalur aspal.. ga pernah terjun langsung ke ‘dalamnya’ hutan

24 07 2009
kahajeka

bumi akan “membersihkan/membenahi” dirinya sendiri…kembali seperti awal lagi…penuh keseimbangan…jadi sebelum ada kesempatan pindah….bumi melakukan “pembersihan” terhadap penyebab ketidak-seimbangannya…

25 07 2009
wibisono

bikin planet buatan aja mas… atau merestorasi planet mars… ntar kalo dah jadi kabari ya,.,

pingin migrasi juga dari planet yang sudah tercemar…

25 07 2009
dangstars

Bulan yang mana tuh..

25 07 2009
didta

Paling2 bentar lagi kiamat. Rajin2 aja ibadah

26 07 2009
kelly amareta

siap-siap bikin angkutan antar planet, lumayan mumpung belom ada saingan 🙂

26 07 2009
kidungjingga

jadi ngeri ya… kalo alam yang hijau, udara yang bersih.. jadi komoditas langka dan mahal… hhh…. iya deh kita migrasi aja ke planet lain… tapi ntar jadi makin banyak planet yang tercemar dong yah…???

30 07 2009
viano

kalo ada dan bisa migrasi ke planet lain dengan biaya murah dan bisa hidup sehat saya daftar aaah

30 07 2009
Nuyos

ikut ke planet boz….

21 01 2011
Go Green Yang Inovatif « nurrahman's blog

[…] saran dari para ilmuwan untuk terus menggembangkan ekspedisi ke planet lain guna mempersiapkan migrasi jikalau bumi sudah sedemikian rusak karena global warming. Termasuk rumor kimat 2012 juga ada […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: