Masalah

4 08 2009

Hanya cerita fiksi sebagai ilustrasi;

Ada dua orang sahabat dekat. Guruh dan Gumelar. Guruh adalah seorang anak dari keluarga mampu atau berada. Sejak bersekolah di sekolah dasar hingga kuliah selalu mendapat posisi yang menyenangkan. Dan kehidupan yang menyenangkan, rumah mewah dan mobil tersedia. Seolah merasa masalah tidak pernah menyinggahinya.

Gumelar adalah sahabat Guruh, bertemu sejak kuliah di tempat yang sama. Berbeda dengan Guruh, Gumelar mempunyai latar belakang keluarga yang pas-pasan. Orangtuanya sering sakit-sakitan dan adiknya banyak. Sehingga semenjak sekolah sudah terbiasa berdagang. Selepas masalah satu, masalah kedua dan seterusnya hampir sering menyapa. Bahkan dia pernah hampir dipenjara karena dijebak temannya saat berdagang. Kecelakaan hingga tangannya nyaris patah juga pernah dialami.

Tak dinyana dan tak disangka, kedua orang sahabat tersebut mati muda ketika semasa kuliah. Kecelakaan lalu lintas ketika perjalanan sebuah acara studi banding ke kampus lain.

Lalu, tibalah keduanya di pengadilan paling akhir. Pengadilan selepas kehidupan duniawi. Kebetulan mereka berdua berada pada antrian yang berurutan untuk dimintai jawaban atas beberapa pertanyaan. Sehingga ditanyai sekaligus.

Petugas pengadilan : ”Masalah apa yang sudah kau selesaikan wahai anak muda? ”

Guruh : ”Saya merasa selama ini hidup tidak pernah ada masalah. Hidup saya aman-aman saja. Merasa tenang” (sambil menampakkan wajah merasa percaya diri)

Petugas pengadilan : ”Lalu kamu, apa masalahmu wahai anak muda? Dan apa yang sudah kamu lakukan untuk menyelesaikannya?”

Gumelar : ”Wah, masalah saya banyak. Semenjak kecil saya selalu dididik untuk mengahadapi masalah. Dan sejak kecil saya diajari mandiri oleh orang tua saya. Ketika orang tua saya sakit, sayalah yang harus bertanggungjawab atas biaya kesehatan mereka. Dan biaya sekolah saya serta adik-adik saya. Belum lagi masalah rintisan usaha saya yang hampir kena kasus penjara, kecelakaan lalu lintas dan masih banyak lagi. Pokoknya saya mengikuti kemana arus masalah itu sajalah. Dan berusaha semampu saya, kadang juga merasa jenuh dan terjebak ke masalah berikutnya. Tapi ya mau bagaimana lagi.” (sambil berekspresi datar)

Petugas pengadilan : ”Hem, sudah saya putuskan. Kamu Gumelar, nilai kamu lebih tinggi daripada Guruh. Kamu sudah mendapat poin yang cukup banyak karena kamu tahan uji. Nilaimu akan memungkinkan kamu masuk ke kehidupan yang menyenangkan di alam ini. Sedangkan kamu Guruh, nilaimu hampir tak ada. Dan di pengadilan ini tidak diperbolehkan protes. Keputusan petugas pengadilan adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Tidak diperkenankan adanya pembelaan. Cukup.”

******

Tidak ada manusia yang melewati rentetan waktu dengan merasa tidak khawatir sedikit pun. Kata salah seorang profesor; tidak ada orang yang tidak punya masalah, hanya orang gila yang tidak punya masalah. Cobalah untuk sehari, sejam, semenit, sedetik bahkan sejenak merasa senang masih punya banyak masalah. Mungkin masalah itu yang akan mengantarkan seseorang pada sebuah kesimpulan. Walaupun tidak semua masalah berakhir dengan baik. Tetapi setiap masalah itu pasti ada nilainya.

Semoga bermanfaat!

************para sahabat************

masalah

Iklan

Aksi

Information

13 responses

4 08 2009
feeds.bloggerpurworejo.com » Masalah

[…] Masalah Filed under: Uncategorized — @ 10:11 am […]

5 08 2009
Yep

Wow…terima kasih kawan, postingan yang akan menjadi renungan yang bermanfaat 🙂 Thanks ya ?

5 08 2009
KangBoed

Hahaha.. masalah dan persoalan hidup adalah sekolah yang nyata bagi yang mau memetik hikmahnya untuk membentuk kedewasaan mental dan spiritual
Salam Sayang

5 08 2009
Brown

Valuable thoughts and advices. I read your topic with great interest.

6 08 2009
kerjasampingan

makasih mas,,, iya maslah memeng selalu ada masssssssss

7 08 2009
abecho

setuju, orang hidup memang harus punya masalah, kalo ga punya masalah mungkin bukan orang yang normal lagi

btw, disini not space available ya mas, sy lihat ga ada link sy disini, padahal sy sudah pasang link sampean diblog saya lho

8 08 2009
pro234

mampir nyapa, salam kenal semuanya !

8 08 2009
domba garut!

Interestingly put,… thanks for sharing this article posting and kind regards from west africa..

9 08 2009
KangBoed

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku tersayang

I Love U fuuuuuuulllllllllllllllllllll

9 08 2009
Raf

aku datang lagi nih … jumpa kembali dan sukses selalu ..

10 08 2009
Rigih

salam semangatz!!!
masalah mungkin selalu ada, tapi just live with it! dan ga perlu terlalu resah menghadapinya

12 08 2009
Ryan

Jangan lari dari masalah anda, selesaikanlah maka anda akan menjadi orang dewasa .. Change your obstacles into performance ..

12 08 2009
Hendz

Tak da manusia yg tak leps dri msalah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: