Sate Kambing Muda Tegal

21 08 2009

Balibul atau bawah lima bulan, adalah istilah yang sering dipakai untuk menggambarkan bahwa umur kambing yang digunakan untuk sate “di bawah lima bulan”. Umur yang muda. Dagingnya masih empuk. Bagi penyuka sate kambing, warung makan yang satu ini adalah alternatif yang cukup menggoda, karena dagingnya kambing jenis balibul. Namanya memang dari Tegal, karena yang yang punya adalah orang keturunan Arab yang asli Tegal. Tetapi lokasinya bukan di Tegal, tetap di Kutoarjo. Sebuah kota kecamatan di Kabupaten Purworejo. Lokasi persisnya di jalan Diponegoro, sebelah barat alun-alun Kutoarjo. Sebelah utara jalan. Sebuah warung makan yang tidak begitu luas tetapi ruangannya bersih dan rapi dengan mebel dari bambu yang bagus.

satetegal

Penyajiannya cukup unik. Seperti penyajian makanan steak yang disajikan dalam nampan pangganan yang masih panas; hot plate. Dagingnya terasa empuk dan gurih karena ada olesan menteganya. Nasi disajikan terpisah, dengan hanya bumbu kecap. Rasanya mantap cukup nendang di perut. Harga satu porsi dengan nasi tidak sampai dua puluh ribu. Kalau di hari jumat dan sabtu ada menu khusus yakni nasi kebuli.

Iklan

Aksi

Information

12 responses

21 08 2009
lawliet90

hmmm…..
buat menu buka puasa besok enak ntu…… 😀

21 08 2009
dwi_e

ngikut yang dah posting duluan! hehe awal puasa dengan berbuka puasa dengan sate kambing. Mak Nyus bos! Nice Article.

21 08 2009
Andi

wuenak tenan nih kayaknya…. jadi kangen pingin makan nasi kabuli juga nih…. 🙂

21 08 2009
Gostav Adam

Wah sate tegal memang enak tenan. Tapi sate magelang dpean gereja porjo itu enak juga lho. Tapi harganya ya lumayan. Kemarin pas liburan nyoba kesana. Mudik naik apa nih kang. Purworejonya dimana? Aku di kutoarjonya? Wah salam kenal. Purworejo gimana nih kabarnya? Aku pengin cepet2 mudik bareng keluarga….Tunggu aku purworejo…

salam kenal dari kami. mampir ke blog kami

21 08 2009
feeds.bloggerpurworejo.com » Sate Kambing Muda Tegal

[…] Sate Kambing Muda Tegal Filed under: Uncategorized — @ 3:18 am […]

23 08 2009
wahyu am

mangstaaappp, jadi laper 😦

met puasa

==========================================
Blog Jelek sumpah, jangan diklik!

24 08 2009
vitri

uenakk kayaknya .. iso nggo tambah darah katanya ..

24 08 2009
Andri Journal

Eh, kalo purworejo itu sebelah mananya tegal to? Aku malah gak tahu. >.< Oia, kalo badan panas sebaiknya jangan makan sate kambing dulu. Pasienku badannya malah tambah panas setelah makan sate. @.@

26 08 2009
Eka Situmorang - Sir

Jauh rek !
tapi emang sate tegal tuh mak nyus 😉
duuh koq jadi kepengen makan sate yaaa

7 10 2009
mbah suro

Setiap saya pulang ke Purworejo pasti mampir si warung sate kambing muda “Bu Murni” dekat pintu KA Tanjung (Brebes). Namti kalo ada kesempatan ke Kutoarjo saya pasti mampir. Salam Kenal dan trim infonya.

14 10 2009
stainless tanks

Trima kasih informasinya…
Salam kenal.

3 01 2013
nayla

yang ini nuansa penyajiannya beda banget sama sate kambing yang lain, mungkin khas tegal ya?
jadi ngile ngliatinnya, hmmm.. sedaaap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: