Pengamen

27 08 2009

Yufal dan Zainal sedang mengendarai motor berdua. Tibalah mereka di perempatan condongcatur Ring Road utara Jogja. Terjadilah perbincangan menarik di antara kedua sahabat dekat ini.

Y : “Wah, baru liat aku ada pengamen kayak gini. Sudah beberapa tahun di sini perasaan baru kali ini ada pengamen seperti ini. Pernah liat ga?”

Z :  “Belum. Wah kreatif betul tuh”

Y : “Iya sih, tapi itu juga seolah untuk menutupi bahwa mereka kurang cakap dalam bekerja. Tidak bisa kerja”

Z : “Bukan begitu bro. Bukan ga bisa kerja, tetapi lowongan kerja terlalu sempit di sini. Harusnya pemerintah dan swasta ikut andil tanggungjawab nih”

pengamen

Lalu Yufal mengambil kamera digitalnya. “Kuambil gambar ah, lumayan buat koleksi”. Zainal bilang, “Dasar, fotografer kurang kerjaan, huh”.

Y : “Ah gak papa. Kan namanya ini kreatif. Kayak para pengamen itu. Ngamen dengan kreatif. Jarang-jarang ada yang seperti itu. Yang penting mereka dah bisa menyukuri hasil pekerjaan mereka itu sudah baik. Daripada meminta-minta, apalagi korupsi. Huh, memalukan””

Z : “Iya deh, terserah kamu mau bilang apa. Tapi tetep aja pembangunan negara kita ini belum merata. Kesempatan kerja juga. Apalagi kurs dolar amerika nilainya masih tinggi amat. Masih ga setuju juga kamu dengan pendapatku ini?”

Y : “He he. Lampu hijau sudah menyala bro. Wokelah, mereka itu juga punya nilai lebih lho. Melestarikan budaya. Memakai unsur budaya kesenian asli tanah air, dari etnis jawa. Daripada keduluan diklaim lagi sama negara tetangga. Kita nikmati saja dulu”

Lalu, uang seribu rupiah dikeluarkan dari kantong saku Zainal. Diberikan ke pengamen itu.





Nasi Goreng Kotabaru

27 08 2009

Ada beberapa lokasi di daerah Kotabaru Jogja yang merupakan tempat warung makan nasi goreng. Yang tentu saja rasanya menggoyang lidah dan menjadi tempat favorit masyarakat kota Jogja. Jogja memang banyak menyediakan tempat untuk wisata kuliner. Bukan hanya kuliner khas jawa, tetapi juga banyak yang dari luar.

Kali ini akan diperkenalkan dua tempat warung makan nasi goreng yang lumayan favorit di daerah Kotabaru. Pertama di dekat SMA 3 Jogja. Wah, yang ini sangat laris. Lokasinya sangat strategis di tengah kota. Dekat stadion Kridosono dan cocok untuk sekedar menikmati malam hari di Jogja sambil bercengkrama bersama orang-orang terdekat.

nasgorpeta

Yang kedua di jalan abu bakar ali Kotabaru. Tidak jauh dari lokasi yang pertama. Namanya nasi goreng sapi mas Tarman Kotabaru. Tersedia dua makanan yakni nasi goreng dan sop sapi. Rasa nasi gorengnya sederhana, tapi khas dan lembut di lidah. Tersaji dengan emping dan telur ceplok serta acar. Satu porsi dengan jeruk panas seharga 9 ribu.

nasgor1

Lokasi di tengah kota memang menguntungkan. Cocok untuk anak-anak muda nongkrong. Lagipula lokasinya cukup luas. Ada tempat lesehan di trotoar dan ada meja-kursinya pula. Di tengah kota, lumrah pula akan ada pengamen dan pengemis lalu lalang. Terkadang menikmati pengamen yang benar-benar bernyanyi dengan suara khas pengamen tidak akan rugi.

nasgor2

Berikut adalah lokasi-lokasi kuliner lain di jogja yang dikutip dari blog seorang kawan, klik di sini.