Masjid Agung Mataram

23 09 2009

Konon adalah masjid tertua di Jogjakarta. Berlokasi di kotagede. Jikalau singgah di DIY dan menginginkan berwisata sejarah, maka lokasi ini adalah salah satu rekomendasi yang bagus. Kotagede adalah salah satu cikal bakal kerajaan Mataram di jaman dulu.

mat1Masjid ini memang tidak begitu besar jika dibandingkan dengan masjid agung Kauman Jogja yang terletak di tengah kota, alun-alun utara. Tapi nilai sejarah dan bangunan masjid ini tidak kalah menarik untuk disimak. Berlokasi di sebelah selatan pasar kotagede. Bisa ditempuh melalui jalan kecil beraspal. Kemudian di kanan jalan akan menemukan tulisan “Makam Raja Mataram”. Ya, memang di dalam kompleks masjid ini juga terdapat makam raja-raja mataram terdahulu. Selain itu, uniknya di dalam kompleks juag terdapat pemukiman warga asli. Gapura depan masjid berbeda dengan masjid pada umumnya. Karena gapura tersebut menyerupai tempat peribadatan umat Hindu atau Budha.

mat2Bentuk gapura tersebut ada yang menyebutnya sebagai rana/kelir, di mana jika ada orang yang hendak memasuki halaman masjid harus belok ke kanan. Halaman masjid masih cukup luas. Di teras depan masjid terdapat kolam ikan keci. Terdapat beberapa ikan yang sudah cukup besar.

mat3Jika sudah masuk ruang utama masjid, akan terasa betul bagaimana kunonya dan nilai sejarah masjid ini. Bangunan menyerupai joglo dan tiang penyangga dari kayu jati dalah salah satunya. Kemudian mimbar imam juga terkesan klasik. Terdapat pula sebuah kotak amal yang berbentuk lucu seperti maket atau replika masjid.

mat5Di sebelah kiri bangunan masjid, terdapat jalan masuk menuju ke makam. Pintu jalan masuk juga berupa rana/kelir. Dengan tembok-tembok yang juga mempunyai desain arsitektur jaman dulu. Jika sudah memasuki depan komplek pemakaman, maka suasana akan seperti jaman kerajaan-kerajaan dahulu di tanah jawa. Apalagi juga terdapat sebuah tulisan di salah satu temboknya yang berbunyi kurang lebih bahwa komplek masjid ini dibangun pertama kali pada jaman pemerintahan Panembahan Senopati.

mat4Selepas usai menjelajahi dan mengabadikan momen di komplek masjid, jangan buru-buru untuk meninggalkan lokasi kotagede. Mampirlah sejenak untuk sekadar jalan-jalan di kawasan seputar kompleks masjid. Karena terdapat wisata sejarah lain. Antara lain benteng peninggalan Kraton 1509.

monggoJuga terdapat lokasi “Coklat Monggo”. Merk makanan coklat yang cukup ternama. Memang harganya lumayan mahal, tetapi rasanya khas bersahaja ala jogja. Makanan ini memang konon katanya hanya dijual di outlet-outlet tertentu seperti Mirota dan circle K, Sebetulnya rasanya tidak semanis coklat-milk pada umumnya. Tetapi rasa khasnya itu yang menjadi andalan. Produksi coklat tersebut konon katanya sudah sejak lama ketika jaman penjajahan Belanda.

Iklan

Aksi

Information

25 responses

24 09 2009
feeds.bloggerpurworejo.com » Masjid Agung Mataram

[…] Masjid Agung Mataram Filed under: Uncategorized — @ 10:13 pm […]

24 09 2009
ruanghatiberbagi

kejayaan kerajaan mataram islam merupakan akhir dari kejayaan kerajaan kerajaan besar di nusantara sebelum akhirnya dipecah-pecah kecil karena penjajah

30 09 2009
Dangstars

Oh..begitu yah..

25 09 2009
Pakde Cholik

Selamat Idul Fitri 1430 H.
Minal aidin wal-faidzin
Mohon maaf lahir batin.
Salam hangat dari Surabaya.

30 09 2009
Dangstars

Sama-sama Pak de

25 09 2009
annosmile

wah..aku malah belum posting ini
he3x…

25 09 2009
embun777

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H.Minal ‘aidin wal faizin.
Setulus hati kami sampaikan Mohon Maaf Lahir dan Batin , untuk kesalahan dalam tulisan ataupun dalam komentar kami dan segala hal yang mungkin tidak berkenan di hati saudaraku tercinta , yang selama ini bersama sama dalam canda ria dalam tali persahabatan yaitu dalam satu wadah kebersamaan yang indah dari berbagai Suku , Ras dan Agama yang berbeda ! tapi tetap kokoh dalam Cinta , Damai , dan Kasih Sayang.

25 09 2009
AeArc

wew.. kapan ya bisa kesono

25 09 2009
Abu Aufa's Weblog

Walau Agak telat, Abu ingin mengucapkan Selamat Hari Raya ‘Idul Fitri 1430H, Taqobbalallahu minna wa minkum..

25 09 2009
zipoer7

Salam Takzim
Kunjungan ke Mataram ya om, agar menjadi wahana tersendiri bagi saya disedot ya om
Salam Takzim Batavusqu

25 09 2009
balisugar.com

Masih dalam suasana Lebaran, bersilaturahmi sama semua blogger barangkali ada yang terlewat Maaf lahir bathin yah

26 09 2009
Huang

Kalo disini ada Masjid Agung Palembang 😀

26 09 2009
Aji Monoarfa

jangan lupa ke Sate Sapi di jajaran penjual cincin perak… 🙂

26 09 2009
quinie

mampir balik, makasih atas kunjungannya.
ow… kayanya objek wisata ini kurang di expos ya?
karena kalo jogja, identik ama candi borobudur ajah..

26 09 2009
yosbeda

kapan bisa sholat disana, pasti suatu hari bisa..
aminnn…

27 09 2009
Emy

keren bgt mesjidny,,
kapan ya bisa sholat disana,,,

30 09 2009
chocovanilla

Kok gak ada foto makam raja-rajanya, Om? Umurnya pasti dah ratusan taun yak?

30 09 2009
Alwi

Lokasinya deket rumahku Jogja Mas Nur (hayah ….sok pamer…… heeeee…)

30 09 2009
Alwi

Habis berkunjung ke Masjid pulangnya laper mampir aja makan bakso di depan pasar (sebelah utara terus ke timur dikit) uuuenak baksonya Mas Nur, habis makan bakso mampir dech ke toko perak apik2 tenan kalo masih laper jalan ke utara kira2 500M jajan lagi “sate kocor” dari daging sapi poko’e Mak Nyussss lan Ngangeni
Lho ….. kok malah jadi wisata kuliner heeeee…..mboten nopo2 nggih Mas Nur …..

1 10 2009
pakarfisika

masjid inilah yanag pertama dikoreksi arah kiblatnya oleh pendiri Muhammadiyah K. Ahmad Dahlan (alm),

btw, postingan yg berbobot….

1 10 2009
nurrahman18

@pakarfisika : thx Pak, baru tau malah saya mengenai info itu ^_^

1 10 2009
adi dzikrullah

salam kenal teman…semoga sukses selalu

1 10 2009
abecho

suasananya adem ya mas

1 10 2009
kucingkeren

truss makan gudeg di wijilan gak? hehe..wisata selalu mengasyikkan..

3 10 2009
Perkakas ‹ Adjieland’s Blog — WordPress « Adjieland's Blog

[…] Perkakas ‹ Adjieland’s Blog — WordPress Diarsipkan di bawah: Agama, Budaya — adjieland @ 5:04 am Tags: artikel, islam, kepercayaan, makam, masyarakat, religius, studi Masjid Agung Mataram […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: