Sedekah

4 10 2009

Ada sebuah rumah yang cukup mewah. Pemiliknya kaya. Suatu hari datang beberapa orang miskin berbaju compang-camping. Mereka terus meminta-minta di depan gerbang rumah. Berharap diberi sedikit nasi atau uang untuk sarapan dan makan. Hari pertama, para pengemis tak digubris. Hari kedua, para pengemis datang lagi dengan harapan yang sama. Jika kedatangan pertama para pengemis diam saja, kini para pengemis mulai bersuara, ”tolonglah kami tuan, beri sedikit kami uang”. Tak digubris lagi. Begitu seterusnya hingga satu minggu. Akhirnya si pemilik rumah bosan. Rupanya si pemberi resah karena diminta-minta terus oleh para pengemis. Si pemilik rumah akhirnya memberi uang kepada para pengemis. Dengan harapan supaya mereka tidak datang lagi, dan si pemilik rumah tidak terganggu lagi dengan para pengemis yang selalu meminta-minta di depan rumahnya.

***

Seorang pejabat teras sebuah wilayah baru saja dilantik. Dia adalah politikus ulung yang pandai bicara. Dia memang bukan seorang pengusaha yang kaya raya. Tetapi kehidupannya bisa dibilang sudah cukup layak. Di wilayah yang dia pimpin terdapat beberapa pengusaha kaya raya. Yang tentu saja kekayaannya melebihi sang pejabat tadi. Tak dinyana dan tak disangka tiba-tiba sebuah bencana menimpa wilayah itu. Sebuah komplek perumahan terkena kebakaran. Hangus terbakar. Dan beberapa pengusaha kaya raya tadi dengan sigap tanpa dikomando segera memberi bantuan, berupa macam-macam barang seperti beras, tenda dan obat-obatan. Rupanya sang pejabat tadi agak sedikit merasa geram. Gumamnya, ”saya ini pejabat, pemimpin tertinggi di wilayah ini. Saya tidak ingin kalah populer dalam hal kedermawanan sama mereka yang pengusaha-pengusaha itu”. Segeralah sang pejabat menyuruh anak buahnya mengirim bantuan ke lokasi kebakaran. Dan tentu saja dengan gelaran konferensi pers yang memaparkan bahwa bantuan bencana dari sang pejabat adalah dari kantong pribadi.

***

Seorang tukang bakso keliling sedang beristirahat di sebuah mushola sambil bersholat ashar di hari jumat. Kira-kira jam 11-an tadi dia berangkat dari rumahnya. Dan kini ia sudah mengantongi uang keuntungan bersih dari penjualan baksonya sebesar 20 ribu. Terkaget benar ketika si penjual bakso akan merebahkan tubuhnya untuk sekedar bersantai di serambi masjid selepas sholat ashar, terdengar banyak kerumuman warga sekitar mushola berlarian dengan membawa ember. Ternyata terjadi kebakaran sebuah rumah. Dan si penjual bakso tadi segera berlari untuk membantu.  Tidak ada tetangga rumah korban kebakaran yang mempunyai mobil. Padahal ada korban jiwa yang tengah kritis dan butuh untuk segera dilarikan ke rumah sakit. Akhirnya si penjual bakso berinisiatif mencari tumpangan angkot yang lewat di sekitar tempat kejadian. ”tolonglah pak, tolonglah segera dibawa ke rumah sakit terdekat”. Si penjual bakso bilang kepada sopir angkot dengan menyerahkan uang 20 ribu hasil kerjanya. Si penjual bakso tanpa berpikir panjang memberikan seluruh uang hasil kerjanya. Ia rela memberikan seluruh hartanya saat itu meskipun sebenarnya itulah harta yang tersisa untuk bekerja lagi esok hari dan memberi makan anak istri di rumah.

***

sedekahAda tiga jenis sedekah atau bershodaqoh yang dilakukan orang, kata Aa’Gym. Pertama, seperti yang dilakukan oleh si pemilik rumah yang kaya raya, pada cerita pertama di atas. Karena bermotif  atau merasa resah dan gelisah sebab diminta terus oleh pengemis-pengemis. Sedekahnya dilakukan dengan harapan si pengemis diam, pergi dan tidak meminta lagi.

Kedua, karena ingin dianggap dermawan. Seperti yang dilakukan oleh sang pejabat pada cerita yang kedua di atas. Sang pejabat berharap agar dianggap dermawan sehingga popularitas sebagai pejabat dapat dipertahankan.

Ketiga, karena kesadaran bahwa seluruh harta manusia adalah titipanNya. Sedekah dilakukan sebagai wujud syukur. Dan hal tersebut bukan merupakan monopoli oleh orang-orang kaya harta saja. Sebagai contohnya yang dilakukan oleh penjual bakso pada cerita yang ketiga di atas. Buktinya ia sebetulnya bukan orang kaya harta, tetapi dengan ikhlas mau memberikan.

Ikhlas mau memberikan tanpa berharap ucapan terimakasih. Dan tidak berharap disebut dermawan. Dan seandainya pada akhirnya disebut dermawan tidak menjadi masalah, tidak perlu dipermasalahkan dan tidak perlu diingat-ingat. Karena bukan itu tujuannya. Berniat memberi sedekah dengan segenap usaha walaupun itu kecil, segalanya adalah karenaNya. Sebab akan diberikan balasan yang pantas, bisa di dunia maupun nanti di kehidupan selepas duniawi. Memberi seperti matahari, selalu memberi tak harap kembali.

Infak, zakat, dan shodaqoh dengan harta hanyalah sebagian kecil wujud syukur yang bisa dilakukan atas rejeki dariNya. Bukankah masih banyak kenikmatan lain dariNya yang tidak berbentuk harta dunia. Bukankah udara yang dihirup setiap hari adalah gratis, dan cahaya matahari juga gratis, serta ketenangan hati.

Iklan

Aksi

Information

36 responses

4 10 2009
diazhandsome

orang yang ketiga itu ikhlas banget. jujur gw masih jaraaanngg banget kayak gitu. masukin Rp 10.000 ke kotak amal aja masih dikipas-kipasin dulu. haha

semoga masuk orang yang ketiga deh gw.. amin

8 10 2009
Wandi thok

Isi postingnya bisa menginspirasi kita untuk senantiasa rajin infak, sodaqoh, dan zakat ya mas. 😆

4 10 2009
nahdhi

Kalau yang motif batik ada gak ya? Kan kemaren hari batik. 😀

4 10 2009
nurrahman18

itu dah lewat, hari jumat kemaren bro…wakakaka

5 10 2009
Badruz

fastabiqulkhairaat, kadang memang dipahami secara terang2an, sehingga bisa jadi menghilangkan pahalanya. tapi urusan pahala kan urusan Allah SWT ya…., tapi saya yakin jika bersedeqah dengan niat pamer atau tidak mau kalah, tetapu sedekah di berikan kepada yang betul2 membutuhkannya pastilah akan bermanfaat baginya..

5 10 2009
mel

komeng nya OOT gpp ya,,,

winrar km kalo buat buka file yg lain bs ga?…
Kalo bisa brarti filenya Mel yg rusak,,kalo ga bisa juga,,brarti winrar km yg musti di service …

5 10 2009
fesoogle

semampunya aja,,,,,,,,,,,,

5 10 2009
fesoogle

maap link yg atas broken,,jd komeng lg dech disini..
semampunya aja,,,,,,,,,,,,,,,,

5 10 2009
ruanghatiberbagi

banyak sedekah banyak rejeki, tapi sih yg penting ihklas

5 10 2009
abecho

rasa ikhlas itu memang harus dilatih mas, mungkin kalau ditanya berapa banyak kebaikan yang telah kita perbuat, kita bisa ingat betul apa saja yang sudah kita lakukan, tapi kalau ditanya dosa apa saja yang sudah kita perbuat, rasanya susah sekali untuk mengingatnya. mungkin kita baru bisa ikhlas dalam melakukan dosa dan sebaliknya
mudah2an kita bisa menjadi orang2 yg ikhlas dalam melakukan kebaikan agar selamat dunia dan akhirat

5 10 2009
Rohmawati

hu-uh yaa..jadi menyadarkan diri, masih sajah diriku kurang mensyukuri atas nikmat yang telah dikaruniakan-Nya..semoga bisa lebih baik lagi ^_^

5 10 2009
shanushy0809

banyak sedekah
banyak pahala
banyak comment
banyak shahabat

6 10 2009
ejajufri

Suatu ketika Nabi diminta pengemis tapi kebetulan saat itu beliau sedang tidak ada sesuatu yg bisa dikasih, tapi beliau berkata kepada pengemis itu, “Pergilah ke rumah itu (rumah putri Nabi, Fatimah) maka engkau tak akan pernah kecewa.”

Jadi mikir, kalo kita ngasih uang ke pengamen itu niatnya apa: biar dia berhenti nanyi dan pergi, kasihan, sedekah atau…. “idealnya” mengharap ridha Allah? 😉

6 10 2009
Yep

Terima kasih friend untuk pencerahannya….
Sangat menyentuh hatiku….TQ 🙂

6 10 2009
ngupingers

ayyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyoooooooooooooooooooooo
sedekah rame2

yaopo ideku iki

7 10 2009
fatih

episode pertama dan kedua kayanya yang banyak dipakai ya mas?
bangkrut deh, tabungan amalnya tidak menuai pahala.

7 10 2009
indra1082

besar kecilnya sedekah dihitung dari ikhlas atau tidaknya… 🙂
salam………….

7 10 2009
KangBoed

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank sukses selalu yaaaak
I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

7 10 2009
KangBoed

Nilai sebuah ketulusan yang tumbuh dan terpancar dari dalam hati.. itu ruaaaaaaaarrr biasaaaaaaaaaaaaa… mari kita berbagi untuk saudara kita..

7 10 2009
Misro Tech

belajarlah untuk menjai rang yang mengerti akan ilmu sedekah, karena dibalik sedekah ada pancaran cahaya reki terindah….

7 10 2009
omiyan

apapun bentuknya yang penting IKHLAS bener emang

7 10 2009
Eka Situmorang-Sir

Indahnya dunia jika smeua org bersedekah dengan niat sperti niat sedekah yang ketiga… berapapun jumlahnya..
bukankah Tuhan tidak melihat jumlah namun mekihat ketulusan hati?

salam, EKA

7 10 2009
kidungjingga

kuncinya, ikhlas ya mas…

7 10 2009
Andy Yudhyantoro

Dasyat sekali efek dari sedekah !!!!!!!!!!!!

7 10 2009
edda

Menyentuh bgt, *terharu*
thx udh brkunjung y

8 10 2009
kecakot

kalau sedekah komen di tempatku dapat sedekah backlink (setelah 24jam), komen di sini apakah merupakan sedekah juga ya???

8 10 2009
kecakot

saya masih belum banyak bersedekah… maklumlah!

8 10 2009
Alwi

Minimal sedekah senyum …… heeeee… ninggalin jejak dulu Mas Arif sehabis YM-an dg sang Juragan Blog ini ………..

8 10 2009
Zulhaq

hhmm, sedekah, saling berbagi, betapa mulianya keringanan tangan itu. semoga kita menjadi bagian orang2 yang senantiasa ihklas dalam berbagi 🙂

9 10 2009
Nachelle

Jadi malu … jarang shodaqah ….

9 10 2009
KangBoed

mari berbagi.. tangan di atas lebih baik dari pada di bawah

9 10 2009
KangBoed

HADIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIRRRRRRRRR

MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS NAMA PERSAHABATAN DAN PERSAUDARAAN

SEMOGA DENGAN BERJALANNYA WAKTU SEMAKIN MEMPERSATUKAN KITA SEMUA.. TIDAK MELIHAT SIAPA KAMU.. APA AGAMAMU.. APA MAZHABMU.. TETAPI DENGAN MENYADARI KITA BERASAL DARI YANG SATU..

SALAM SAYANG SELALU

9 10 2009
wibisono

hanya dengan sedekah dapat menyelesaikan permasalahan sosial… Selamat beramal semua…

10 10 2009
lina

semoga kita dijauhkan dari sikap dan sifat ingin dipuji dalam bersedekah
.
sekedar berbagi ni Mas
jika hati saya sedang tidak tenang
sedekah bisa membuat batin jadi damai
🙂

14 10 2009
black7spider

Tulisan yang bisa membuat kita tambah bershodaqoh ..
Benar benar tulisan yang bagus dan bermakna !!

23 10 2009
wi3nd

klu yan9 dilalukan ust.yusuf mansur ituh 9imana ya :rol:
meminta bpkb mobil dan motor??belum tentu mreka ikhlas,,,,,

iyah jadi in9et akata aA pas tausyiah slasa lalu. “LakukaN Lupakan…”
karna semua milik aLLAH…

makasi da sin99ah 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: