Antara Bantuan dan Utang

10 10 2009

bantuanKoran itu masih dibacanya. ”Pemerintah baru saja menerima bantuan dari asing. Kali ini untuk bantuan bencana”. Teringat di pikirannya sudah beberapa kali berita semacam itu sering dibacanya. Tapi bukan karena bencana, mungkin karena kondisi ekonomi negara yang terhimpit atau semacamnya. Atau hanya sekadar hanya merasa terhimpit di tengah potensi yang seabrek ada. Tidak tahu. Teringat pula, kata-kata seorang rekannya yang berprofesi sebagai wartawan di sebuah media online di jakarta. ”Pas diwawancarai, para petinggi bangsa itu akan menjawab perihal segala bantuan asing yang berkaitan dengan perekonomian itu lebih sering dijawab sebagai bantuan. Lalu bisa jadi mereka akan berkata bahwa segala bantuan itu diambil positifnya saja. Kan itu cukup membantu perekonomian negara. Ya kan!”. Apakah itu budaya untuk sekadar basa-basi atau justru akan terjerumus budaya untuk membohongi publik bahwa negara sering utang. Dan dia pun jadi termangu. Karena terheran saja, terkadang nyata beberapa bantuan itu bukan bantuan. Bantuan itu adalah utang. Tetapi beberapa kali dia menemukan bukan kata utang yang tercetak dan terbit. Tetapi bantuan. Bantuan yang bisa jadi setiap tahunnya ada bunganya. Bisa dari sebuah bank bumi, atau semacamnya. Posisi utang tahun 2008 saja sampai 1.500 triliun rupiah lebih, dan memang kata seorang mentri itu hanya sekitar 30 persen dari nilai GDP. Tapi tetap saja itu berita utang, bukan bantuan.

Bantuan atau lebih tepatnya utang itu mungin diasumsikan oleh para pengambil keputusan bahwa negara adalah sebuah bisnis. Atau mungkin sudah terpatri sebuah paham teori struktur modal dalam bisnis, dimana membolehkan utang sebanyak-banyaknya. Yang berlawanan dengan teori struktur modal traditional approach (intuitif) yang mengatakan bahwa perusahaan tidak boleh utang sebesar-besarnya. Entah. Apakah hanya kepentingan bisnis saja ketika bantuan financial dari asing mengalir ke tanah air? Sepertinya aspek politik, sosial dan lainnya akan mengikuti. Tidak sesederhana proses utang di sebuah bank. Atau memang sistem perekonomian negara yang dibangun oleh para petinggi bangsa sengaja dibudayakan untuk membolehkan berutang sebanyak-banyaknya. Beranggapan rakyat dan negara bisa berdikari itu susah. Lebih enak dan mudah mendapat uang cash dari luar, daripada bermandikan keringat untuk mengolah dan mengelola potensi sendiri. Dan itu wajar. Untuk yang sepaham. Dan seolah kemandirian itu hanya mimpi. Benarkah?

Iklan

Aksi

Information

10 responses

10 10 2009
Abula

sy mengira istilah bantuan itu semacam hibah… ternyata sejenis pinjaman yg menjadi utang…

10 10 2009
ajimonoarfa

kalau hibah itu baru gratis. kalau bantuan maksudnya bantuan hutang 😦

10 10 2009
wibisono

mereka berfikir utang untuk saat ini,, bukan memikirkan kondisi setelah utangnya,,
pantas banyak gali lubang tutup lubang,, lha utang indonesia saat ini sudah banyak,,,

11 10 2009
feeds.bloggerpurworejo.com » Antara Bantuan dan Utang

[…] Antara Bantuan dan Utang Filed under: Uncategorized — @ 3:22 am […]

11 10 2009
ruanghatiberbagi

kalau negara yang utang namanya bantuan, he he he

13 10 2009
Eka Situmorang-Sir

Penggunaan bahasa yang bias
pdhl konsekuensinya hingga anak cucu

14 10 2009
media dakwah

seperti itulah pejabat yang berprestasi di negeri ini.Kelak anda bila duduk sebagai pengambil kebijakan, ingat posting ini.
salam kenal

15 10 2009
asepsaiba

Kita harus bisa MANDIRI!

18 10 2009
nugi234

Ada lagi yang harus anda ketahui lagi bahaya yang mengancam struktur iman manusia yang berasala dari kecanggihan teknologi. Saya telah menjadi korban dari kecanggihan suatu teknologi. Bacalah semua nya di blog saya, http://www.anak anak tasik.com. pada bagian surat untuk istriku dan satu sub bagian blog dengan judul hati hati membeli pulsa. Saya sampai harus membayar sangat mahal akibat dari keserakahan manusia manusia penikmat selangkangan wanita. Saya hanya bisa memberikan sedikit info pada pembaca semua agar kejadian yang menimpa saya tidak terulang lagi. Inilah info saya: JANGAN PERNAH MEMBIARKAN ISTRI ANDA MEMBELI PULSA SEORANG DIRI, NOMOR ISTRI ANDA AKAN DIHUBUNGI NANTINYA OLEH PARA “AGEN PENCARI NOMOR PEREMPUAN” YANG NANTINYA AKAN DIBERIKAN KEPADA PARA BOS BOS HIDUNG BELANG. NANTINYA PARA BOS HIDUNG BELANG INI AKAN MENGHUBUNGI ISTRI ANDA DENGAN SEGALA MACAM CARA BAHKAN DENGAN ILMU MAGIC. HATI HATI LAH . Silahkan kunjungi blog saya agar anda lebih mengetahui secara pasti.
Baraaqallahu liiwalakum

19 10 2009
kamisama

keren..memang harus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: