Kerja Keras Adalah Energi Kita

22 10 2009

Siang itu kami terhenti di sebuah pom bensin dengan logo Pertamina  Pasti Pas. Sekeluarga melakukan perjalanan menggunakan mobil menuju Kebumen pesisir adalah tujuan utama ketika lebaran kemarin. Untuk silaturahmi. Salah satu bilang, ”kenapa ga sekalian aja semua pom bensin itu berlogo Pasti Pas ? Jadi masyarakat awam benar-benar yakin tidak dicurangi. Kadang bisa membuat kesan kalau pom bensin tanpa logo itu takarannya ga bener. Lagian mungkin bisa jadi proses sertifikasi pasti pas bikin pemborosan uang, baik dari sisi pemilik pom bensin atau pihak yang punya kewenangan mengurusi sertifikasi. Ya nggak?”. Ada yang berkilah menjawab, ”itu kaitannya sama standar pelayanan dan berbagai aspek lainnya. Ribet dah ngomonginnya!”. Sesampai di lokasi tujuan, suasana silaturahmi dan bertukar cerita serasa cair. Semua bercengkrama bersama hingga seorang sanak saudara yang bekerja di pertambangan berceloteh. ”Cadangan minyak di negara ini sudah akan habis beberapa tahun mendatang. Ga lama. Jadi negara ini harus kerja keras untuk menemukan energi alternatif. Bisa dibilang kerja keras adalah energi kita jika tidak ingin kehilangan sumber energi lain kelak”.

***

pom hollywoodLain waktu ketika perjalanan menuju Jogjakarta untuk menghadiri wisuda, terhentilah kami di sebuah pom bensin. Bernama unik, ”pom bensin holywood”. Berlokasi di Kulonprogo. Kami menyempatkan sinngah sejenak karena hari sudah mulai gelap. Untuk mengisi bahan bakar mobil dan ishoma. Di pom tersebut fasilitas sudah cukup lengkap mulai dari mushola, toilet dan minimarket. Dan sambil menunggu yang lain, koran terbentang. Terbacalah berita tentang naiknya harga LPG . Bahan bakar yang sudah menggantikan posisi minyak tanah. Di sebuah kolom berita koran lokal Jateng itu kurang lebih tertulis bahwa ketersediaan tabung gas kurang di pasar. Padahal ditargetkan tahun 2010 program konversi tersebut usai. Hanya bisa berharap semoga terlaksana dengan baik. Daripada rakyat-rakyat kecil yang masih mempertahankan minyak tanah kebingungan untuk memasak nasi.

***

Produk

pertaminaSebagai BUMN ternama di negri ini, Pertamina punya peranan penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Seperti tadi diungkap di atas, kebutuhan dasar transportasi di negri ini sangat erat sangkut pautnya dengan Pertamina. Tidak hanya itu, tetapi bahkan kebutuhan pangan pun bisa dikaitkan dengan BUMN tersebut. Minyak tanah dan tabung gas elpiji. Dan sebenarnya produk dari perusahaan tambang tersebut masih banyak. Dan bisa dibilang semua punya nilai penting dan krusial. Salah satu media untuk mengetahui dengan detail produk-produk Pertamina adalah melalui website resmi di sini. Sesuai dengan informasi yang ada di situs resmi, produk di bisnis Pertamina terdiri dari bahan bakar minyak (BBM), bahan bakar khusus, Non BBM, gas, petrokimia dan pelumas.

Pemasaran BBM Retail oleh Pertamina dilakukan melalui lembaga penyalur Retail BBM/BBK yang saat ini tersebar diseluruh Indonesia, seperti SPBU (Statiun Pengisian BBM Untuk Umum), Agen Minyak Tanah (AMT), Agen Premium & Minyak Solar (APMS), serta Premium Solar Packed Dealer (PSPD). Sesuai dengan dua cerita di atas, ada dua hal yang layak disoroti untuk diketahui lebih lanjut. Yakni mengenai SPBU atau yang masyarakat awam lebih sering menyebut dengan pom bensin, dan SPBU berlabel Pasti Pas.

spbuMelalui subdomain dari situs resmi Pertamina mengenai SPBU, dapat dilihat berbagai informasi yang cukup lengkap. Mulai dari perijinan untuk bermitra menjadi pengusaha SPBU, biaya dan jenis kerjasama yang ditawarkan. Ada juga penjelasan mengenai Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE). Nah ini mungkin informasi yang tidak banyak tersedia di media pada umumnya, karena mungkin gelombang penggunaan masal gas elpiji baru terdengar gaungnya beberapa tahun terakhir ini. Sebagai pengganti minyak tanah.

spbeSPPBE merupakan filling plant milik swasta yang melakukan pengangkutan LPG dalam bentuk curah dari filling plant PT. Pertamina dan melakukan pengisian tabung-tabung LPG untuk para agen PT.Pertamina yang menjual LPG. Di web resmi tersebut juga telah terdapat berbagai informasi terkait mengenai sarana, perijinan, biaya sampai jenis kerjasama.

Sedangkan untuk mengetahu apa itu SPBU Pasti Pas, dapat segera menuju ke lokasi di web resmi Pertamina. SPBU bersertifikasi Pasti Pas merupakan SPBU yang mendapatkan sertifikasi dari auditor independen bertaraf Internasional. Dengan jaminan pelayanan terbaik yang memenuhi standar kelas dunia. Konsumen akan mendapatkan kualitas dan kuantitas BBM yang terjamin, pelayanan yang ramah, serta fasilitas yang nyaman.

lokasi-pastipasDi situs resmi Pasti Pas juga terdapat beberapa layanan menarik. Sehingga konsumen bisa interaktif melalui dunia maya. Seperti pencarian lokasi SPBU Pasti Pas. Hasil pencarian dapat dilihat seperti gambar di samping.  Namun sayang, ketika pencarian online dilakukan rupanya kadang terjadi sedikit error. Walaupun hasil pencarian berhasil tetapi di bagian bawah halaman muncul peringatan ”Microsoft VBScript runtime error ‘800a000d’ / Type mismatch: ‘CLng’ / /bottom.asp, line 12”. Ada juga feature lain yakni pengunjung dapat memberikan pengalaman dan pendapat langsung melalui web. Namun ketika tulisan ini dibuat, rupanya feature itu tidak aktif. Ada tulisan peringatan yang berbunyi ”Maaf, untuk saat ini anda tidak bisa memberikan komentar!”

Informasi lain yang terselubung yakni mengenai Pertamina Way. Dikatakan di web resmi bahwa SPBU yang telah mengantongi sertifikasi Pasti Pas telah menerapkan Pertamina Way. Sesuai dengan informasi resmi dari web, dikatakan bahwa Pertamina Way adalah program yang diluncurkan oleh PT. Pertamina dengan penerapan standar pelayanan yang terdiri dari 5 (lima) elemen, yaitu pelayanan staff yang terlatih dan bermotivasi, jaminan kualitas dan kuantitas, fasilitas dan peralatan yang terawat dengan baik, memiliki format fisik yang konsisten, dan penawaran produk dan pelayanan bernilai tambah dengan operator yang selalu menerapkan 3S (Salam, Senyum, Sapa).

Pertamina Way merupakan standar baru yang diterapkan untuk seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak Umum (SPBU Pertamina) di seluruh Indonesia kepada konsumen baik dari segi pelayanan, jaminan kualitas dan kuantitas termasuk kenyamanan di lingkungan SPBU. Beberapa fasilitas yang harus tersedia antara lain parkir kendaraan, caf, pencucian mobil, minimarket, musholla, dan fasilitas WC yang bersih dan harum. Program Pertamina Way antara lain mencakup pelatihan operator SPBU, pelaksanaan tera unit dispenser SPBU dan audit sertifikasi oleh auditor internasional. Kemudian, disosialisasikan pula Hak Konsumen Pertamina, yaitu mendapatkan 3 S (Senyum, Salam, Sapa), mendapatkan penunjukkan angka 0 (nol) sebelum pengisian BBM, mendapatkan bukti pembayaran bila diminta, dan mendapatkan penanganan yang baik terhadap keluhan. Berdasarkan info resmi web, diperoleh informasi kalau ditargetkan akan ada 500 SPBU seperti itu. Ini juga mungkin bisa dibilang sebagai langkah antisipasi memasuki area persaingan global. Dimana penjualan bahan bakar minyak non subsidi (BBM Non PSO) dibuka untuk persaingan bebas. Salah satu daerah yang bisa dijadikan contoh adalah di Jakarta, dimana sudah dapat menemui SPBU asing selain Pertamina.

Berbicara mengenai ulasan Pertamina Way di atas, sebetulnya cukup menarik. Jikalau prinsip atau falsafah itu betul-betul diterapkan dengan baik dan tidak hanya di SPBU tetapi menjadi budaya organisasi perusahaan, maka bisa jadi akan berkembang seperti beberapa perusahaan besar. Yakni menyerupai Toyota Way dan Honda Way. Wah, hal itu bisa saja terjadi seiring berkembangnya perusahaan. Menjadi perusahaan yang unggul dari segi manajemen maupun sumber daya manusia. Kelak, bisa menjadi unggulan dan kebanggaan bahwa negri ini mempunyai BUMN yang bisa dijadikan percontohan dari segi pengelolaannya. Pengelolaan yang unggul dan handal.

Harapan

Ada slogan yang tertulis di bawah logo Pertamina pada web resminya. Yakni ”always there”. Bisa saja diartikan oleh masyarakat awam bahwa Pertamina selalu berkomitmen untuk berada di lokasi dimana masyarakat membutuhkan. Selalu tersedia untuk melayani dengan baik. Harapan masyarakat seperti ini memang sudah sepatutnya ditampung dengan baik agar ke depan Pertamina selalu menjadi role model perusahaan BUMN laiinya, dan perusahaan swasta lain pada umumnya. Kerja keras memang dibutuhkan untuk mewujudkan hal itu. Tentu saja dengan dukungan penuh dari masyarakat. Dan apresiasi juga layak diberikan kepada Pertamina saat ini berkaitan dengan sebuah kontes di dunia maya. Khususnya dunia blogger. Dimana Pertamina menyelenggarakan kontes blog untuk menampung berbagai review dan harapan dari masyarakat luas. Kontes tersebut memang berbau search engine optimation (SEO). Dengan kata kunci Kerja Keras adalah Energi Kita. Ya, kerja keras bisa diartikan bermacam-macam. Tetapi alangkah lebih tepatnya jika diartikan sebagai usaha yang optimal. Bersifat efisien dan efektif.

Berikut ada beberapa harapan yang secara khusus tertuju kepada Pertamina, selain yang secara implisit tertuang pada uraian di atas.

  1. Peningkatan pelayanan untuk melayani rakyat sendiri dengan usaha kerja keras. Mungkin suatu saat perlu dibuat sebuah inovasi SPBU yang bersifat drive thru.
  2. Energi di negara ini cukup kaya. Harapan untuk mencari energi alternatif sangat dibutuhkan. Dan menjadi perusahaan bertaraf internasional, mendunia, dan bisa menjadi sponsor berbagai event internasional juga adalah harapan.
  3. Pertamina dan pendidikan. Pendidikan adalah selayaknya mendapat porsi yang besar untuk diperhatikan sebagai faktor keberhasilan negara. Jadi supporting aspek tersebut sangat penting, bisa dari peningkatan beasiswa-beasiswa yang diberikan dan bahkan sampai bisa membuat sekolah gratis yang khusus mencetak pegawai.

Semoga menjadi harapan yang baik untuk kemajuan!

Pertamina Blog Contest

Iklan

Aksi

Information

53 responses

22 10 2009
beny santoso

tanpa kerja keras akan sulit untuk mencapai cita2 yang kita inginkan

22 10 2009
beny santoso

bagus untuk nambah inspirasi nieh…

22 10 2009
azwan

sip…bagus2…..maju terus pertamina

22 10 2009
asepsaiba

Wah, semoga sukses ngikut kontesnya ya mas.. Pengen coba2 juga ah.. Pengalaman baru nih…

22 10 2009
feeds.bloggerpurworejo.com » Kerja Keras Adalah Energi Kita

[…] Siang itu kami terhenti di sebuah pom bensin dengan logo Pertamina  Pasti Pas. Sekeluarga melakukan perjalanan menggunakan mobil menuju Kebumen pesisir adalah tujuan utama ketika lebaran kemarin. Untuk silaturahmi. Salah satu bilang, ”kenapa ga sekalian aja semua pom bensin itu berlogo Pasti Pas ? Jadi masyarakat awam benar-benar yakin tidak dicurangi. Kadang bisa membuat kesan […] Baca dari Sumbernya […]

23 10 2009
nusantaraku

Benar banget. Kerja keras menurut quote si Thomas Alfa Edison merupakan 99% kunci keberhasilan.

23 10 2009
Henny Faridah

Hiduplah Pertamina, Semoga hasilnya tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak berguna.

23 10 2009
Dangstars

Selamat Berlomba di Pertamina…..
Semoga sukses…
Sampaikan untuk Pertamina jangan lagi terjadi kelangkaan BBM..
kerja keras butuh energi..menurut saya

23 10 2009
Dangstars

Eh..lupa saya mendukung ..
kalo menang inget kita dung..
He..he.heeee

23 10 2009
syelviapoe3

Owh..
ikutan kontes blog, ya …?

Semoga sukses….!!

btw…
Saya selalu sepakat untuk senantiasa mencari energi alternatif terbarukan…

23 10 2009
syelviapoe3

eh..jadi pengin ikutan, nih…
Terima kasih atas infonya, pak… 🙂

23 10 2009
mel

lanjutkan ….cintailah prduk produk dalam negeri.
merdeka!!!!

23 10 2009
septarius

Pertamina musti belajar sama petronas..

23 10 2009
Misro Tech

pak nurrahman ikutan pertamina blog contest ya…semoga yang diimpikan menjadi kenyataan, dengan jadi juara dech……….makasih comment yang kemeren…he….
Semangat, tapi jangan lupa amalnya 2,5 % ya…….he….

23 10 2009
dobleh yang malang

bentuk artikel yg menarik tuk disimak
makasih ya sahabat
salam hangat selalu

23 10 2009
omiyan

sip saya dukung moga menang mas..dan Pertamina bisa berjaya di Negeris endiri dengan catatan DI SPBU JANGAN DIKURANGIN YA !!!!

23 10 2009
gerhanacoklat

mantab infonya

23 10 2009
masnur

Kerja keras okey tapi jangan lupa hemat energi ya??? harusnya gitu slogan pertaminya.

Semoga sukses ikut kontesnya.

23 10 2009
arkasala(dot)com

salam sukses selalu saja Pak atas ikut kontesnya.
Salam kenal juga.
Btw. Artikelnya Mantaps, harusnya jadi pemenangnya nih.
Trims sudah berkunjungannya.

23 10 2009
arkasala(dot)com

Maaf barusan pake URL kena akismet kayaknya Pak. Trims. Salam 🙂

23 10 2009
Yessi

semoga menang ya 😉

23 10 2009
wibisono

wah,, ikutan lomba mas… sukses ya…

23 10 2009
Pancallok

nice story kang, aku suka. semoga menang di kontesnya yak.
Btw, boleh tukeran link ngga? aku dah add linknya with name : Nur Rahman Arif. tp klo mau diganti bilang aja yak.
mohon jg dipasang link saya ini di blogrollnya =

teks : Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang
url : http://pancallok.blogspot.com/2009/08/kenali-dan-kunjungi-objek-wisata-di.html

thanks before,

23 10 2009
nurrahman18

ok bro 😀

23 10 2009
Badruz

Lanjutkan mas kerja kerasnya, lebih cepat lebih baik. he..

23 10 2009
Alwi

Kerja Keras Adalah Energi Kita ….. Man Jadda Wa Jadda, siapa menanam ia akan menuai hasilnya, sing sopo temen2 bakal tinemu …….
Lanjutkan ………………… moga-moga menang yaaaaa……… kontesnya …………….
Salut …. tuk sobatku ………Mas Arif …. tulisannya bagus …… layak masuk nominasi dan jadi pemenang ………….

23 10 2009
dan

tadi malam, saya menemani teman dalam sebuah perjalanan, setelah mengisi bensin di sebuah spbu, dia merasa bensinnya kurang beres, karna jalan mobilnya agak terganggu ketika pertama, setelah mengisi lagi di spbu lain, sayapun bertanya lagi, ternyata sudah tidak terasa. Sebelumnya, dia pun sempat memuji salah satu spbu di daerah kami yang katanya bagus bensinnya murni. Pertanyaanya, apakah setiap spbu berbeda2 kualitasnya?

Sedih ketika banyak kendaraan mengeluarkan asap polusi yang parah…

Jika mengisi bensin penuh, biaya dibulatkan ribuan, apa tidak bisa dikembalikan ratusan?

Ketika minyak dan gas telah habis entah kapan, bagaimana pertamina?

23 10 2009
nurrahman18

harusnya bisa menemukan energi alternatip sedari sekarang ^_^

23 10 2009
mbah gendeng

semangat semoga sukses y bos………………..

23 10 2009
html1155

Kunjungan perdana,salam kenal….

23 10 2009
nagaselatan

yyyyy………..sukses bro….

24 10 2009
bundadontworry

Salam kenal.
Terima kasih sudah berkunjung keblog saya,Mas.

Ini tulisan utk kontes rupanya ya.
semoga sukses dan berhasil menang kontes ini ya Mas.
Salam.

24 10 2009
Pakde Cholik

Pertamina memang seharusnya menjadi salah satu sumberdana negara kita ya, namun jangan dilupakan bahwa Pertamina juga pemenuh hajat hidup orang banyak . oleh karena itu pertamina juga harus berguna untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.
Ini kontes kan mas, saya dukung yaaa
Salam hangat dari Surabaya

24 10 2009
diazhandsome

ealaahh… baca panjang-panjang ternyata lagi ikutan Pertamina Blog Contest. heheheeh..

semoga menang bos!

24 10 2009
hellgalicious

semoga berhasil ikut lombanya!

24 10 2009
SanG BaYAnG

Sebelum cadangan minyak habis menguap di bawa mondar-mandir ke berbagai negara mending sekarang tak doain semoga menang aja dhe..mas.. 🙂

24 10 2009
Mochamad Soef, SH, S.HI

Keja keras & usaha tidak lah berarti…bila tanpa ( DUIT ):_
D: Do’a
U: Usaha
I: Istiqomah
T: Tawakal

salam persahabatan & Bravo ;_

25 10 2009
Desri Susilawani

saat ini emakku di bangka sana menikmati gas elpiji dengan harga 110 ribu untuk tabung 12 kg…….mahal siy tapi mo gimana lagi. BTW semoga menang ya Mas…semangat!

25 10 2009
benykla

thanks mampir

25 10 2009
nurrahman18

terimakasih atas semua atensinya, sejauh ini dapat ditarik kesimpulan sendiri kalau kontes SEO ternyata susah juga, maklum masih amatir dalam hal kontes SEO, mesti banyak belajar nih, nembus 1000 pages aja susahnya minta ampun…semoga bisa naik deh dan menembus juara, tentunya dengan penuh usaha dan doa ^_^

26 10 2009
eemoo

kerja keras, untuk itu kita hidup

26 10 2009
cah ndeso

sebuah kerja keras yang patut diacungi jempol 😀

mengisyaratkan kita untuk selalu maju dalam membangun sebuah bangsa yang mapan dan konsekuen serta mandiri. [kayak politikus aja. wong cuman cah ndeso kok]

heheh…mPIISSS gan 😀

28 10 2009
wibisono

bagus mas,,

29 10 2009
abecho

semoga slogan always there pertamina bisa benar-benar terbukti
& moga menang kontesnya mas

31 10 2009
Belajar Blog

Semoga PERTAMINA selalu memberikan yang terbaik dan berpihak pada rakyat banyak.

31 10 2009
Blogger Blogspot

Ikutan nulis untuk Kerja Keras Adalah Energi Kita tapi, cuma 2 persen Bekerja Keras. Moga sukses ya kawan.

31 10 2009
kerja keras adalah energi kita

Mau nanya nih, kok yang komentar bisa sebanyak ini bagaimana caranya?

6 11 2009
kerja keras adalah energi kita

wah ikutan kontes ini juga ya sob? sip deh.. blog nya sob keindeks ama om google dgn peringkat yang jauh lebih baik dibandingkan blog Distance Learning Business and Management saya yakin ini adalah hasil dari kerja keras sob, karena kerja keras adalah energi kita
sukses sob.. selamat berkompetisi 🙂

6 11 2009
kerja keras adalah energi kita

wah ikutan kontes ini juga ya sob? sip deh.. blog nya sob keindeks ama om google dgn peringkat yang jauh lebih baik dibandingkan blog Distance Learning Business and Management saya yakin ini adalah hasil dari kerja keras sob, karena kerja keras adalah energi kita
sukses sob.. selamat berkompetisi 🙂 🙂 🙂

23 11 2009
backgoes

bener banget tu maz…..

huh manusia emang serakah………….

2 12 2009
18 11 2010
ObatAntiRokok

smangat!!!!!

18 11 2010
nurrahman18

semangat juga,meski kontes SEO masih miim pengetahuan,hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: