Tawon

31 10 2009

tawon2Sore itu kos ramai. Karena beberapa penghuninya sedang asyik bermain di depan kos. Sudah jadi mahasiswa kok masih bermain seperti anak kecil? Bukan, kali ini sedang mencoba mendapatkan madu dengan sedikit mengusik sarangnya. Madu diambil dari sarang tawon, kemudian diperas dan disaring setelah bersih kemudian dikemas.

***

tawon1Tawon atau yang lebih dikenal dengan lebah. Jenis serangga yang satu ini memang cukup menarik untuk diperbincangkan. Jelas dari segi bentuk unik tubuh memang sudah menjadi semacam icon untuk banyak hal karena bermacam-macam kemanfaatan yang muncul dari hewan ini. Tentu manfaat madu yang dihasilkan. Dan juga sudah menjadi menjadi trend untuk merk atau simbol berbagai hal. Mulai dari kesehatan sampai dalam hal desain.

Ini hanya mencoba membuat saripati dari beberapa artikel yang ada mengenai fakta tentang kemanfaatn madu dan hasil penelitian.

  • 14 Abad silam sebenarnya Nabi Muhammad telah memperkenalkan madu sebagai minuman yang bermanfaat. Dan telah ada di surat An Nahl 68-69.
  • Dalam dunia medis, penggunaan madu sebagai obat sudah dimulai sejak zaman Yunani dan Mesir Purba. Saat itu di Mesir, madu merupakan salah satu dari 500 obat terpopuler.
  • Fakta ilmiah lain dibenarkan oleh para ilmuwan yang bertemu pada Konferensi Apikultur Sedunia (World Apiculture Conference) yang diselenggarakan pada tanggal 20-26 September 1993 di Cina. Dalam konferensi tersebut didiskusikan pengobatan dengan menggunakan ramuan yang berasal dari madu. Para ilmuwan Amerika mengatakan bahwa madu, royal jelly, serbuk sari dan propolis (getah lebah) dapat mengobati berbagai penyakit. Seorang dokter asal Rumania mengatakan bahwa ia mencoba menggunakan madu untuk mengobati pasien katarak, dan 2002 dari 2094 pasiennya sembuh sama sekali. Para dokter asal Polandia juga mengatakan dalam konferensi tersebut bahwa getah lebah (bee resin) dapat membantu menyembuhkan banyak penyakit seperti bawasir, penyakit kulit, penyakit ginekologis dan berbagai penyakit lainnya.
  • Pada tahun 2002, Catherina Hulbert, seorang warga Negara Amerika mengalami kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kakinya luka parah. Saat kecelakaan itu dia sudah menderita penyakit diabetes. Adalah Dr Jennifer Eddy dari fakultas kedokteran Universitas Wisconsin yang memberikan terapi dengan madu. Dan tidak membuat pasien harus mengamputasi kakinya. Dan penelitian dokter tersebut akhirnya diteruskan dan mendapat banyak dukungan.
  • Dr. FG Winarno, Kepala Pusat Pengembangan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor, dalam bukunya “Madu, Teknologi, Khasiat dan Analisa”, menyatakan: ”Gula dan mineral dalam madu berfungsi sebagai tonikum bagi jantung. Otot-otot jantung bekerja tanpa henti/istirahat, sehingga selalu membutuhkan glukosa sebagai sumber tenaga untuk mengganti energi yang hilang. Nutrisi madu sebagian besar (31%) terdiri atas glukosa”. Madu sebagai obat penyakit jantung.

Dari hasil pengalaman selama tiga puluh tahun sejak tahun 1971 hingga sekarang ini, sengatan lebah dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti : Rheumatik/Encok, Asam Urat, Lemah Syahwat, Nyeri Punggung, Darah Tinggi, dan menurunkan Berat Badan/Diet. Madu yang berfungsi sebagai Suplement Food (makanan tambahan) dan obat dalam penggunaannya dapat dicampurkan dalam produk makanan lainnya, antara lain: buah-buahan, atau sari buah. Beberapa contohnya adalah:

  1. Pisang Ambon dicampur dengan madu dan susu merupakan makanan bayi yang baik
  2. Pisang (jenisnya tergantung selera dilumatkan sampai halus, dicampur dengan segelas air kelapa muda dan sedikit madu, kemudian disaring. Air hasil saringan berkhasiat bagi penderita campak dan tuberkelosis (TBC)
  3. Beberapa tetes sari buah pepaya dicampur madu berkhasiat memperlancar air susu ibu.
  4. Beberapa tetes sari buah pepaya dicampur madu merupakan tonikum yang baik untuk pertumbuhan anak, wanita hamil dan menyusui
  5. Pepaya dicampur susu dan madu baik untuk mengatasi ketidakberesan saluran seni, berbagai gangguan jantung, otak, hati, urat syaraf, darah, wasir dan sembelit.
  6. Jeruk peras ditambah madu dapat mengatasi gangguan jantung.
  7. Segelas air jeruk ditambah sedikit garam dan satu sendok makan madu, berkhasial untuk penderita TBC, asma, masuk angin dan bronchities.
  8. Segelas penuh sari wortel dicampur satu sendok makan madu dan satu sendok teh sari jeruk nipis, dapat menanggulangi mual-mual pada wanita hamil, gangguan empedu, radang lambung, kencing tidak lancar, dan tubuh letih serta lesu (diminum sebelum makan pagi).
  9. Air kelapa ditambah sedikit madu berkhasiat meniadakan akibat buruk dari gairah seks yang berlebihan.
  10. Segelas penuh sari mentimun dicampur satu sendok teh madu dan satu sendok teh sari jeruk nipis bermanfaat memperlancar buang air kecil (dieurectic), keracunan saat hamil dan kencing yang sedikit akibat kurang cairan (diminum dua kali sehari).

Manusia dapat memperoleh manfaat dari madu yang mengandung “obat bagi manusia” tersebut. Dan telah dinyatakan tugas lebah ini dalam Al-Qur’an:

Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan. (QS. An-Nahl, 16: 69).

About these ads

Aksi

Information

44 tanggapan

1 11 2009
willyafurqan

“sengatan lebah dapat menyembuhkan berbagai penyakit”

perasaan, sengatan lembuh menimbulkan kemonyongan pada bibir deh bro…
atau buat bibir gw doang ya???
hahhhahaa

17 11 2009
Usup Supriyadi

Hhahahahaha :-)

1 11 2009
RitaSusanti

Madu adalah minuman yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, tapi belum bisa nih menjadikan madu sebagai minuman yang dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan, selain karena tidak mudah mencari madu yang asli, juga karena keterbatasan sumber daya (money maksudnya :)).

1 11 2009
feeds.bloggerpurworejo.com » Tawon

[...] Sore itu kos ramai. Karena beberapa penghuninya sedang asyik bermain di depan kos. Sudah jadi mahasiswa kok masih bermain seperti anak kecil? Bukan, kali ini sedang mencoba mendapatkan madu dengan sedikit mengusik sarangnya. Madu diambil dari sarang tawon, kemudian diperas dan disaring setelah bersih kemudian dikemas. *** Tawon atau yang lebih dikenal dengan lebah. Jenis serangga yang [...] Baca dari Sumbernya [...]

1 11 2009
kacierkusuma

yups mas betul sekali….. madu selain dapat diminum juga dapat dibuat obat segala penyakit….

jangan lupa mampir di blogku ya mas…

1 11 2009
ruanghatiberbagi

Titip Pesan : Ayo Senin Besok Kita Pakai Baju Hitam Semua Untuk Dukung Cicak Melawan Buaya http://ruanghati.com/2009/11/01/ayo-senin-besok-kita-pakai-baju-hitam-untuk-dukung-cicak-lawan-buaya/

2 11 2009
wibisono

madu itu merupakan makanan yang tidak pernah basi..

2 11 2009
abecho

wah pokoknya kalo obat berbahan madu pasti enak rasanya dan yang penting khasiatnya…..

2 11 2009
hanacharaka

pakabrnya nur?smoga sehat selalu :) tawon boleh ga sih dimakan?dlu ada sarang tawon dirumah trs tawonnya di goreng gitu emang boleh ya tawon dimakan? kasian tawonnya :(

2 11 2009
Andri Journal

Aku pernah makai madu buat ngobatin luka bakar akibat kena knalpot, tapi kok lama sembuhnya ya. Masih lebih baik kalo pake Bioplacenton. Perlu penelitian yang lebih mendalam, misalnya jenis madu apa yang paling bagus untuk penyembuhan luka.

2 11 2009
mbah gendeng

emang tawon tu sangat bermanfaat yah………..

3 11 2009
yosbeda

dalam Islam jg banyak ya yg menganjurkan kita belajar dari filosofi lebah…
lebah ma tawon sama kan?
—————————–
link yos buruan diedit jd dot com ya…
terimakasih…..

3 11 2009
coolgle

kenalkan blog baru nih,,,datang ya

3 11 2009
mel

jadi inget rumah dikampung,,ada pohon rambutan yg ada tawon.nya hhee

wah PR 4 bro’..ga sayang tuh ga didaftarin perfect money.kalo PR4 perbulan dpt $40 pasang banner doank lho,,,,

3 11 2009
black7spider

Wah , Tawon Memang benar-benar berguna , walaupun kadang kadang suka mengusik kita ..

3 11 2009
asepsaiba

Hmm.. Madu.. Selain berguna bagi kesehatan.. Berguna juga bagi kejantanan kan? Hehe..

3 11 2009
putra

Blog yang simple ,,,
Keren ,,
Boleh tukeran link nggak Om ,,,

3 11 2009
Henny Faridah

Boleh dong di bagi hasilnya….

4 11 2009
Abula

wah lengkap banget… mantap nih buat referensi ..

Salam Hangat Selalu,
AbulaMedia.com

4 11 2009
putra

Sip Om ,, link udah aku pasang ,,,
Link back ya ,,, anchor “Anak Tambak Rel” …
Terima kasih Banyak om ,,

4 11 2009
nuzul

hahah.. jadi ingedt dl mas waktu kesengat tawon

4 11 2009
ruanghatiberbagi

tatuttttttttt di sengat lebah…….. bukan lebaiiiiiiii

4 11 2009
edicahyadi

blog yang bagus..terima kasih ilmunya ya….

5 11 2009
edicahyadi

maksudnya proposal untuk sponsor kegiatan>..? atau bagaimana.?

5 11 2009
Triunt

Tawon sama lebah sama enggak?

yang kayaknya lebih berguna Lebahnya deh.

*pernah trauma disengat tawon yg gede itu, makanya jadi males menganggapnya berguna*
*haha*

5 11 2009
Farizy Kahfi

makasih om…. adek ku masih kecil… & susah makan… terus tadi baru aza lihat… langsung coba… e.. ternyata makan picangnya buanya sampai mo muntah……

6 11 2009
ufianda

terimakasih atas infonya….
sngat bermanfaat.

6 11 2009
uny

ia btl.
madu sangat bermanfaat. maka dari itu islam melarang keras pembuhuhan terhadap lebah.

6 11 2009
ade

madu emang top dah.

6 11 2009
Halaman Putih

Madu tawon sangat bagus untuk minuman, pengobatan maupun meningkatkan kesehatan. Penyembuhan dengan menggunakan sengat tawon pun ada dipraktekkan dalam pengobatan alternatif.

7 11 2009
ruanghatiberbagi

Selamat pagi semua selamat berakhir pekan yah……… selamat liburan

7 11 2009
SanG BaYAnG

Melihat gambare ntu jadi pengen makan botok tawon..ckxkxkx..
(ingat masa kecil..)

7 11 2009
Farizy Kahfi

keren poko’e… sip dah……..

8 11 2009
agoesman120

Tawon sbg penghasil madu juga dapat dijadikan sarana pengobatan juga melalui “sengatannya”.
Salam Hangat
C.U

8 11 2009
agoesman120

Betul kata willy… selain diambil madunya…sekarang sudah ada pengobtan alternative dgn menggunakan “sengatan tawon/lebah”… kalo enggak percaya coba aja …ahh..ahh.ahh?
Salam Hanga

8 11 2009
genthokelir

wah jadi tahu beberap a hal manfaat tawon atau lebah nih matur tengkyu

8 11 2009
@beh

nice inpoh ni bro
dari dolo demen yang namanya meres langsung dari sarangnya

8 11 2009
nurrahman18

wah tumben bro mampir ke sini , hehehe

9 11 2009
labib akmal basyar

hidup tawon, kita harus berthank you ria tuh hehe..

12 11 2009
Febe Fernita

madunya itu lhooo maniiiisssstttt, Like this hehe.
jadi inget lagunya ratu lebah. ini kunjungan pertama x saia.
salam berkawan

17 11 2009
Usup Supriyadi

jadi teringat masa kecil pernah disengat lebah,
tapi dibalik sengatannya itu, lebah menyimpan sejuta manfaat
nice post

:kunjunganbalasan:

20 11 2009
Zhoya

klo disengat lebah biar cepat merit ada gag???
hehe…
*kebelet amat sih..

salam kenal..
kunjungan balik.. :)

7 08 2010
Jabon

edulu ayah saya pernah memellihara tawon … namun sekarang sudah tidak lagi….

jabon

jabon

28 11 2011
Produk KW « nurrahman's blog

[...] Madu. Punya manfaat yang sebegitu banyak dan besar. Tapi alangkah mudahnya pula produk di pasaran adalah madu bukan asli alias campuran. Madu asli cukup mahal dan jarang. [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: