Desa Wisata

8 11 2009

Berwisata adalah sebuah kegiatan yang bisa menyegarkan pikiran dan mencari inspirasi untuk sekadar lari dari kepenatan karena aktivitas yang dianggap terasa menjemukan. Termasuk diantara salah satu jenisnya yakni berwisata di desa wisata. Sebuah alternatif berwisata yang cukup unik dan menyenangkan. Dan mungkin belum begitu banyak dan belum begitu populer.

Kalau merunut berbagai definisi yang didapat baik dari dunia maya atau sumber lainnya, diperoleh beberapa informasi seperti berikut. Ini dari sini ; “Desa wisata adalah sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di kawasan ini, penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Selain itu, beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata. Di luar faktor-faktor tersebut, alam dan lingkungan yang masih asli dan terjaga merupakan salah satu faktor terpenting dari sebuah kawasan tujuan wisata”. Atau dari sini didapat definisi yang lebih teoritis. “Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Ada dua komponen utama yakni akomodasi dan transaksi”.

Jogja sebagai kota budaya, pelajar sekaligus wisata, tersedia berbagai pilihan alternatif untuk berwisata. Mulai dari wisata bahari, kuliner, alam, kerajinan, budaya dan masih banyak lagi. Dan desa wisata adalah salah satu alterntif berwisata yang bisa menjadi rujukan. Terutama untuk keluarga atau rombongan wisata. Apalagi juga mengandung unsur pendidikan agar menyayangi lingkungan. Khususnya jika yang berwisata adalah generasi-generasi muda baik pelajar sampai anak-anak. Berikut ada beberapa referensi yang termasuk dalam desa wisata sampai wisata belanja kerajinan khas jogja.

Trisik Asri

trisik asriMerupakan desa wisata yang berlokasi di Kadisobo, Trimulyo, Sleman Yogyakarta. Bisa ditempuh lewat jalan kaliurang atau jalan palagan tentara pelajar kemudian menuju ke utara. Ada dua hal yang ditawarkan sesuai dengan brosur di samping. Yakni wisata alam dan wisata budaya. Di kawasan desa wisata tersebut memang termasuk penghasil buah salak. Banyak kebun salak. Sehingga wisatawan dapat ikut memanen salak jika telah tiba waktu panen. Sungguh menyenangkan bukan, sejenak menikmati suasana perkebunan yang sejuk. Ada brosur yang lumayan lengkap menjelsakannya. Yang berisi peta menuju lokasi dan paket yg ditawarkan seperti menginap di rumah penduduk asli, memanen hasil kebun dan menikmati sajian kebudayaan khas jawa. Umumnya memang telah terjalin kerjasama antara agen-agen wisata dan penduduk asli. Dilihat dari segi ekonomi, wisata seperti jenis ini jelas dapat meningkatkan pendapatan penduduk asli. Tetapi sejauh ini memang perlu ditingkatkan dalam hal pemasaran untuk lebih menarik minat wisatawan. Karena sejauh pengamatan di lapangan, jika ada serombongan wisatawan yang ingin berwisata maka terlebih dahulu menghubungi kadus (kepala dusun) setempat. Kemudian baru diketahuiberapa biaya yang dibutuhkan. Umumnya ibu-ibu PKK setempat yang akan menyajikan masakan asli daerah.

Kasongan

kasonganAdalah kawasan penghasil barang-barang dan kerajinan gerabah. Gerabah merupakan perkakas yang terbuat dari tanah liat atau lempung yang dibentuk kemudian dibakar untuk kemudian dijadikan alat- alat yang berguna membantu kehidupan. Beberapa contoh gerabah adalah kendi, celengan, tempayan dan gerabah hiasan. Ibu-ibu atau gadis-gadis penyuka barang perhiasan dari kerajinan tangan pasti akan suka berlama-lama di komplek kasongan. Dan sebenarnya barang-barang kerajinan yang asli dibuat di kawasan kasongan tidak hanya dijual di lokasi aslinya. Tetapi telah menyebar di lokasi wisata lain yang cukup strategis seperti Maliboro dan seputar Keraton.

Untuk menuju ke Kasongan dari kota Jogja, dapat menempuh perjalanan melalui jalan bantul menuju ke arah selatan melewati ring road selatan jogja. Kemudian akan terlihat gapura Kasongan di kanan jalan. Di sana terdapat komplek penjual barang gerabah dan kerajinan tangan lainnya. Kasongan adalah daerah yang masuk wilayah Bantul. Dimana salah satu slogan Bantul berbunyi “Projotamansari”. Kepanjangan dari produktif profesional, ijo royo-royo, tertib, aman, sehat dan asri.

Beberapa sentra industri penghasil barang kerajinan gerabah ini antara lain desa Pundong, desa Kedung Prahu, desa Panjangrejo dan beberapa desa lainnya. Desa Panjangrejo merupakan kawasan kerajinan gerabah yang terletak di desa Panjangrejo, Kecamatan Pundong, kurang lebih 14 (empat belas) kilometer selatan Kota Bantul. Desa Panjangrejo menghasilkan berbagai jenis kerajinan gerabah dari tanah liat seperti pot bunga, vas bunga, tempat buah, tempat lilin, dan lain sebagainya. Harga produk kerajinan gerabah di desa wisata ini relatif murah dan terjangkau. Informasi mengenai beraneka ragam kerajinan khas jogja juga dapat dilihat di sini.

GMT

tembiKepanjangan dari Gabusan, Manding dan Tembi. Merupakan sebuah tempat wisata yang adalah gabungan dari tiga nama tempat tersebut. Walaupun sebelumnya berdiri terpisah satu persatu. Dan ketiganya berlokasi di tempat yang berdekatan. Sebuah kawasan wisata berbagai hal seperti kerajinan tangan, wisata budaya dan pasar seni. Jika perjalanan menuju ke lokasi bermula di kota jogja, maka untuk menuju ke lokasi dapat menempuh perjalanan lewat jalan prangtritis. Selepas kampus ISI (Institur Seni Indonesia) dan ATK (Akademi Teknologi Kulit), maka dapat segera ditemukan  ketiga lokasi tersebut. Pertama adalah Gabusan, kemudian jika belok ke kiri jalan ke arah Tembi (House of Culture), dan terakhir jika belok ke kanan jalan ada sebuah gapura yang bertuliskan Manding.

gabusanGabusan, merupakan pasar seni. Ada sebuah panggung dan pasar yang terletak di kanan kiri jalan. Berbagai barang kerajinan seni dan pertunjukan seni dapat ditemui. Tetapi memang tidak setiap saat ada. Ada sebuah gong besar di pinggir jalan yang bertuliskan slogan Bantul Projotamansari. Pasar Seni Gabusan terletak di Jl. Parangtritis km 9,5 Timbulharjo, Sewon, Bantul. Sekitar 4 km arah selatan kota Yogyakarta atau sekitar 10 menit bila ditempuh menggunakan kendaraan.

mandingLokasi kawasan Manding sekitar tiga kilometer dari kota Bantul. Manding sudah sejak tahun 70-80an terkenal dengan kerajinan kulitnya. Kualitas hasil kerajinan kulit seperti sepatu (dari kulit sapi) dan tas sangat bagus. Meskipun pada era berikutnya sempat mengalami kemunduran karena tergusur oleh produk impor dan kebijakan yang merugikan produk lokal. Dan kini dengan berbagai dukungan dari berbagai pihak seperti pemerintah dan swasta, produk-produk tersebut mulai diusahakan untuk merangkak naik. Info yang cukup lengkap mengenai produk dan wisata Bantul dapat dilihat di sini. Atau jika ingin mengetahui info wisata di Jogja secara keseluruhan dapat berkunjung di sini atau di sini.

***

Desa wisata bisa menjadi alternatif wisata yang cukup menyenangkan. Terutama untuk orang-orang kota yang sama sekali belum pernah ke desa, melihat sawah dan angon bebek atau sapi. Menghirup segarnya udara pagi yang tanpa asap penuh emisi dari kendaraan bermotor yang akan menggergoti ozon sehingga membuat bumi memanas. Jalan-jalan di sawah sambil memancing di kali dan panen kebun salak atau hasil kebun lainnya.

Dan berwisata di daerah penghasil dan pembuat kerajinan khas Indonesia juga dapat sedikit meyakinkan dan melihat sisi lain bahwa modernisasi ala budaya kapitalisme barat seperti fashion dan lifestyle sesungguhnya pelan-pelan dapat akan tergusur. Karena produk lokal adalah unik dan itu adalah budaya khas yang membanggakan dan berkualitas.

*update  info beberapa lokasi desa wisata di Jogja : di sini.


Aksi

Information

17 responses

8 11 2009
Pakde Cholik

Saya sependapat jika masing-masing desa memiliki suatu unggulan yang bisa mengangkat desa itu menjadi dikenal oleh masyarakat.
Jika desa itu kaya dengan bambu, mestinya bisa membuat produk unggulan dari bambu. Jika desa itu kaya pisang, angkat dan olah pisang itu menjadi produk unggulan.
Salam hangat dari Surabaya

9 11 2009
Alwi

Ulasan yang menarik sekaligus untuk mempopulerkan asset2 daerah terutama di sektor pariwisata …………………

9 11 2009
wibisono

mantap kang…

mas blogku sing anyar di blogroll juga ya,,,

9 11 2009
feeds.bloggerpurworejo.com » Desa Wisata

[…] Berwisata adalah sebuah kegiatan yang bisa menyegarkan pikiran dan mencari inspirasi untuk sekadar lari dari kepenatan karena aktivitas yang dianggap terasa menjemukan. Termasuk diantara salah satu jenisnya yakni berwisata di desa wisata. Sebuah alternatif berwisata yang cukup unik dan menyenangkan. Dan mungkin belum begitu banyak dan belum begitu populer. Kalau merunut berbagai definisi yang didapat baik […] Baca dari Sumbernya […]

9 11 2009
annosmile

dolan mrono yuk

9 11 2009
nurrahman18

aku wes keliling mrono bro😀

9 11 2009
KangBoed

RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

9 11 2009
KangBoed

hehehe mampir aaaaah ke desa wisata

9 11 2009
labib akmal basyar

ayo kita ke sana, kapan?

9 11 2009
morishige

btw, yang masih bikin saya bingung itu berapa biaya dan gmn cara bayar untuk bisa masuk ke desa wisata itu.:mrgreen:

9 11 2009
nurrahman

wooo, harus berkoordinasi dengan agen wisata setempat…hehe

11 11 2009
gratis

weh,, banyak web baru bermunculan..
saya kira di indonesia ini hanya ada website bisnis penipu seperti yg kita ketahui bahwa situs bikinduit, bikinuang, cai uang, forbis, uangpanas, uanghot dll
adalah scam atau penipu (anda bisa cek di google)

tapi ternyata ada juga situs yg seperti ini…

12 11 2009
wulanekadalu

uhuk uhuk…bulan depan mau ke Jogja nih, ada yang bersedia jadi tpur guide??😀

19 11 2009
ista

Ulasan yang bagus dan menarik….
sangat baik buat informasinya

21 10 2010
Tweets that mention Desa Wisata « nurrahman's blog -- Topsy.com

[…] This post was mentioned on Twitter by Nurrahman , Nurrahman . Nurrahman said: all about desa wisata joga; http://bit.ly/ahZm7y […]

18 11 2010
ramos

selamat pagi..
saya disini mencari kerajinan tempayan yang dalam nya dibuat hiasan..jika ada yg tahu..tolong email saya..mari kita berbisnis..

thanks

Edward Ramos

14 06 2013
makmunsykepant

Bagus infonya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: