Jogja Wall Nation

10 12 2009

Kreasi seni dalam bidang seni grafiti atau mural saat ini sudah jamak. Apalagi di kota besar. Hal inilah yang bisa ditangkap oleh KODIM 0734/YOGYAKARTA bersama dengan Pemerintah Kota Jogjakarta, untuk dijadikan sebuah acara yang bermanfaat. Pada bulan November lalu, diadakan acara bertajuk “Jogja Wall Nation”. Sebuah lomba yang penuh unsur kreativitas. Yang mengambil tema “Spirit of Panglima Besar Jendral Soedirman”. Dengan harapan tentunya agar meningkatkan dan mempertajam semangat perjuangan. Perjuangan para pemuda di era global yang penuh tantangan baik dari luar maupun dari dalam, agar semangat kecintaan terhadap tanah air selalu membara. Acara tersebut mendapat banyak sekali apresiasi dari pemuda sebagai peserta dan masyarakat pada umumnya sebagai penikmat seni. Informasi mengenai acara tersebut dapat dilihat dengan detail dan jelas di situs resminya di sini.

Gambar di atas adalah beberapa yang masih terpasang di sepanjang jalan malioboro sepanjang minggu ini. Tepatnya di kawasan sebelah utara maliboro mall, di barat jalan.

Lomba kreativitas tersebut tentu saja sangat lebih bermanfaat daripada aktivitas berbau vandalisme yang sering terjadi di kota-kota besar. Aksi corat-coret tembok sembarangan yang dilakukan oleh oknum tertentu. Atau beberapa pihak menyebut bahwa aksi tersebut sering dilakukan oleh ”geng” tertentu. Di jogja yang cukup familier aksi corat-coret vandalisme, berbunyi tulisan ”Joxyn”. Beberapa pihak mengatakan kalau tulisan tersebut adalah kepanjangan dari ”Joko Tingkir”.

Kreasi seni grafiti memang bisa dilakukan di mana saja. Di kolong fly over Janti, di bawah kolong bunderan Kleringan, sepanjang tembok di kawasan jalan gejayan, atau bahkan yang belum lama ini dilakukan di titik nol kilometer. Tepatnya seni mural tersebut dilakukan oleh beberapa seniman di seng-seng yang menutupi pekerjaan bangunan untuk membenahi trotoar. Tepat di pojokan perempatan kantor pos besar. Dalam beberapa minggu ini, para seniman akan mulai beraktivitas untuk melukis di seng ketika waktu sudah menunjukkan pukul 23.00 WIB ke atas.

Iklan

Aksi

Information

9 responses

10 12 2009
Berry Devanda

jogja sepertinya syurga bagi seniman penghias tembok ini ya? (bener nggak istilahnya?)
salam kenal…

10 12 2009
ruanghatiberbagi

Pertamax nich

Kreasi seni yang menarik, yogya memang benar2 kota seni.

10 12 2009
Jogja Wall Nation « feeds.bloggerpurworejo.com

[…] Wall Nation”. Sebuah lomba yang penuh unsur kreativitas. Yang mengambil tema “Spirit […] Baca dari Sumbernya Comments […]

10 12 2009
ajir

mantep oey grafitinya..
mengharapkan ada yg brani bikin di istana presiden..wkwkwkkk

11 12 2009
yos

wah…
apik2 tenan gambare…
hehe…

11 12 2009
kaptenagil

jadi pengen ke jogja nie… 🙂

12 12 2009
meds

jadi pengin liburan ke jogja… tapi kapan ya?

12 12 2009
Alwi

Super kreatif dan keren …..

12 12 2009
Alwi

Wall Nation it’s Artistic, beauitul dari pada tembok dicorat coret dg yg jorok2 dan tidak sopan ……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: