Kue Lompong

19 01 2010

Ketika ada orang yang bertanya apa makanan khas dari Purworejo selain lanting, clorot, buah durian dan manggis, maka masih ada makanan lain yang bisa dijadikan jawaban. Yakni kue lompong, yang walaupun kata beberapa orang kue tersebut tidak hanya bisa ditemukan di Purworejo. Purworejo, sebuah kabupaten yang masuk wilayah Jawa Tengah. Sebelah timur tepat berbatasan dengan provinsi DIY. Wilayah yang sebagian orang akan menyebutnya dengan kota pensiunan. Hanya sebagian saja, entah bagian itu kecil atau besar.

Kue tersebut mungkin tergolong jenis makanan tradisional. Karena terbungkus dengan dedaunan. Sehingga jikalau hendak makan, kupas dulu bungkusnya. Lalu akan terlihat kue berbentuk kotak kecil. Rasanya manis mirip-mirip bakpow. Dagingnya terbuat dari bahan beras ketan. Sedangkan isinya dari kacang dan gula jawa. Tentu saja rasanya enak, lengket dan kalau dalam bahasa jawa kenyil-kenyil manis. Jangan khawatir dengan harganya. Sepertinya tidak ada makanan tradisional yang berharga mahal kecuali membelinya satu ton. Harga satu kue kurang lebih hanya seribu rupiah. Bisa dibeli di pasar-pasar tradisional seperti pasar pagi di Suronegaran Purworejo atau di toko-toko klontong. Seperti di toko hidayat dekat Rumah Sakit Saras Husada Purworejo.


Aksi

Information

30 responses

20 01 2010
wibisono

kaayaknya belum pernah nyoba.. jadi pengen..

21 01 2010
wibisono

aku dapat pertamaxx

20 01 2010
Henny Faridah

Belum pernah denger, Bisa di coba nanti. nie…

20 01 2010
zipoer7

Salam Takzim
Di Jakarta ad ga yah, atau bisa kirimin ke jakarta nih mas, biar jadi tali asih hehehe, (ngarep.com)
Salam Takzim Batavusqu

20 01 2010
nurrahman

klo ongkosnya dibayarin bisa tuh pak, hehehe

20 01 2010
Hary4n4

Wah, jadi pingin ngincipin nih..hehe😀
Salam kenal dari Hary4n4 di Surabaya..
Salam hangat dan damai selalu..

20 01 2010
rizda

mau durian nya dooooong,,,

20 01 2010
nurrahman18

maaf ya jeng, daku ga doyan durian, hehe

20 01 2010
rudis

kalau udah melihat makanan khas pasti pinginya pulang

21 01 2010
Ruang Hati

ketika sang surya pagi sinarnya terlindungi oleh gumpalan awan, sejuknya pagi membuat raga enggan tuk beranjak dari peraduan, namun hati terbesit untuk memberi ucapan kepada para sahabatku tersayang, sekedar sebuah harapan, selamat pagi, selamat memulai pengembaraan di hari yang penuh harapan ini, semoga Tuhan senantiasa memberikan kita tuntunan dalam setiap langkah,

dituliskan bersama tetes embun bagi semua sahabat

Ruanghati.com

21 01 2010
anno

kapan nih kasih oleh2 kue lompong ke saya

21 01 2010
nurrahman18

klo pas ada rejeki kue lompang gratisan lagi di rumah bos….hehe

21 01 2010
peri01

belom nyoba enak gak mas???
:salam:

21 01 2010
Andi

oke deh, istri saya ada sodara di purworejo. kapan2 saya tak sercing mas.

21 01 2010
limit 4.5

wah,,boleh nih..
klo sragen apa ya??q malah kurang ngerti makanan khasnya

21 01 2010
katakatalina

nanti kalau ke Purworejo cari kue lompong ah…
bener-bener baru tahu. untung sudah dishare di sini. makasih ya…:)

21 01 2010
komiocy

kalo julukannya kota pensiunan bisa netap disana, sekalian makan kue lompong heee…heee.

21 01 2010
kyaine

rasanya spt kue nagasari gitu kah mas? klo nagasari dlmnya pisang, kue lempong dalamnya kacang (ditumbuk?) + gula jawa

21 01 2010
nurrahman18

aga beda pak..dagingnya lebih padat..:D

21 01 2010
anak indonesia

kalau mau pesen di mana yah mas ?

21 01 2010
nurrahman18

klo deliperi order kayaknya lum ada mas, paling beli ke lokasi di tkp😀

22 01 2010
M Mursyid PW

Saya pernah menikmati makanan itu. Enak juga!

22 01 2010
san

bentuk kue nya agak aneh,
tapi rasanya gimana ya???

24 01 2010
gonezhar

wah kebetulan saya wong purworejo … gak cuma kue lompong sih khas purworejo, ada cucur

24 01 2010
kaptenagil

wah kepengen nyoba….

27 01 2010
@beh

aihhhh, ini nih
ga bole ketinggalan kalo lagi pulang kampung ke purworejo😀

8 09 2010
titink

woooo emang enak kue lompong

13 12 2010
Younears

enak sekali sayang disumatera belom ada ………….

18 09 2011
Kuliner Alun-Alun Purworejo « nurrahman's blog

[…] karisidenan kedu saja. Kuliner khas Purworejo, beberapa di antaranya pernah disinggung seperti kue lompong, bebek dargo, Bakso Super Pak Gono, Soto Pak Rus, klepon, combro dan cemplon, serta sego […]

12 12 2011
Wening

inget kue lompong, jadi pengen pulang…….
makasih infonya buat tugas kuliah, produk agroindustri dari kota asal… hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: