Arah Kiblat

2 02 2010

Belum lama ini, di media cetak dan elektronik sempat terdengar berita bahwa beberapa masjid di tanah air mempunyai arah kiblat yang salah. Tidak presisi pas persis mengarah ke kiblat di Mekah. Begitu kurang lebih katanya. Sehingga mungkin lantas muncul opini yang pro dn kontra. Ada yang mengatakan bahwa hal tersebut jangan dibesar-besarkan. Karena dalam penentuan kiblat bukan hal yang saklek harus fix benar, bergantung pada konten dan kondisinya. Misalnya saja dahulu sebagai contoh di jaman rasul, ketika bingung di padang pasir untuk menentukan arah kiblat, maka diminta mengikuti arah unta berjalan sebagai patokan. Dan juga beberapa kejadian pernah terjadi di tanah air, dimana sebuah masjid yang salah presisi arah kiblat dan baru beberapa tahun kemudian dibetulkan. Seperti di masjid Kalimasada komplek ISI Surakarta, yang katanya 3 tahun salah kiblat.

Nah, terkadang ada juga yang menganggap hal tersebut adalah sangat signifikan untuk dikoreksi bersama. Sehingga sangat mendorong MUI dan pihak-pihak terkait untuk segera mengkoreksi.

Akan tetapi terlepas dari pendapat –pendapat yang berbeda tersebut, pada kesempatan ini tidak akan berbicara mengenai pro-kontra itu. Lebih baik mari belajar mengenai bagaimana penentuan arah kiblat dengan tool-tool yang tersedia di dunia maya. Sebelum berpendapat lebih lanjut mengenai adanya arah kiblat yang salah di sebuah masjid.

Di jejeraing sosial facebook, telah ada sebuah grup yang peduli dengan masalah penentuan kiblat. Grup tersebut bernama ”Gerakan 1 juta Facebookers Mendukung Penyempurnaan Arah Kiblat”. Salah satunya digawangi oleh salah seorang rekan blogger, PakAR Fisika. Nah, jika bergabung ke grup tersebut maka kita bisa melihat dan belajar mengenai penentuan arah kiblat. Ada beberapa sarana yang bisa digunakan.

1. Cek kiblat via GE (google earth)

2. Cek kiblat via web

3. Cek kiblat via GM (google map)

4. Belajar arah kiblat seperti apa kata MUI

Selain itu pula, melalui grup tersebut, telah dan akan terus dibentuk Qiblalocator. Qiblalocator adalah para relawan yang siap membantu menangani persoalan kiblat di wilayah masing-masing. Dan juga untuk membumikan arah kiblat yang benar, akan segera diadakan diklat. Rencananya menyatukan langkah bagi para Qiblalocator. Semoga semua pihak bisa mendukung hal tersebut sehingga menuju perbaikan bersama.

Iklan

Aksi

Information

38 responses

2 02 2010
dafiDRiau

saya pake kompas yang dibawa oleh2 dari orang pulang haji

3 02 2010
Henny Faridah

Pas Banget infonya disaat saat seperti ini. Pake kompas juga sudah bisa saya lakukan jika berada di suatu tempat yang jauh dari masjid, mial dengan camping….

2 02 2010
muhammad zakariah

weew.. lengkap bgt caranya untuk bisa tau arah kiblat..
tapi ngomong2 klo salah kiblat udh 3 tahun apakah amal sholatnya bisa diterima ya?? ya hanya tuhan yg tau kalee ya.. :mrgreen:

3 02 2010
Henny Faridah

Hanya Allah yang berhak menentukan… Kita hanya berusaha dan berikhtiar, juga dengan ilmu.

3 02 2010
Ruang Hati

nice info gan

Selamat pagi sobat, selamat meraih sukses hari yang baik ini, salam hangat selalu

3 02 2010
wahyu nurudin

wah, sampeyan nyediain link buat kiblat tanpa pindah halaman… bagus sekali.

3 02 2010
Dodinur

Assalamualaikum…maaf ya jarang di isi blognya…ane lagi banyak tugas nih 😦

3 02 2010
greengrinn

baru-baru ini saya balik main-main ke mantan SMA saya, dan ternyata masjid di SMA saya pun arah kiblatnya berubah (doh)
thanx infonya,. sangat menarik dan berguna

3 02 2010
squidy

pake google earth bisa untuk nentukan arah kiblat ya. teknologi sekarang memang mantap.:D

3 02 2010
asepsaiba

Iya nih.. Saya juga jadi ‘agak’ ragu.. Trims infonya mas.

3 02 2010
darahbiroe

wow mantabbbbb

nice post bang, makasih bangettt

berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya makasih

3 02 2010
pakarfisika

salaam,

Selamat atas tanggap-cepat terhadap persoalan kiblat ini. semoga ilmu mas Arif barokah dan manfaat dunia akhirat.

Zaman Rasululloh SAW di Madinah, beliau memberi kemudahan kepada para sahabat untuk menghadap kiblat cukup ke selatan (posisi Mekkah di selatan Madinah), bahasa beliau, “kiblat itu antara timur dan barat”

==
Menambah jawaban tuk mas M. Zakariah:
lihat bagian akhir surat al-Baqoroh ayat 144, disana sangat jelas Allh SWT berfirman, “…dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.”
Semua kitab tafsir sepakat bahwa ayat ini dimaksudkan sebagai pengampunan Alloh SWT bila kita sholat salah kiblat karena tidak tahu, alias semua pahala sholat saat salah kiblat karena tidak mengerti soal kiblat, adalah diterima Alloh SWT.

wassalaam

5 02 2010
bayu

yup
antara timur dan barat adalah kiblat. pernah juga suatu ketika para sahabat bingung menetukan arah kiblat (karena kabut?).kemudian masing2 berijtihad dan menandai dengan garis lalu sholat menurut ijtihad masing2. setelah waktu berlalu dan kabut hilang, masing2 melihat garis yang mereka buat ternyata tak satupun menghadap kiblat. lantas mereka melaporkannya pada rosululloh, namun beliau tidak menyuruh mereka utk mengulang shalat mereka. CMIIW

3 02 2010
suzannita

tahun kemarin , pas mau berangkat ke singapura , sempet beli kompas kiblat, dan sekarang tidak sulit lagi untuk menentukan arah kiblat

3 02 2010
andriz

nice info om…bermanfaat bngt infox

4 02 2010
kaptenagil

nice info mas…

dengan postingan mas, saya akan cek lagi arah kiblat di rumah saya, bner ato gak?

4 02 2010
harumhutan

sempet melihat ini,karena per9eseran bumi yah..

klu pas pendakian seeh ada kompas,nahs ekaran9 daku amsih make kiblat yan9 sama klu dirumah. 🙄

4 02 2010
Ruang Hati

pak GPS lebih mudah bukan

4 02 2010
Febe Fernita

nice post kak’,
teknologi sekarang makin canggih aja yaa,
padahal dulunya yang jadi patokan cuma onta,hihihi
blogwalking,ijin baca-baca..!!

4 02 2010
Carissha

Kunjungan perdana nich.
Salam knal buat anda, sukses slalu buat anda!
Ditunggu kunjung baliknya!

4 02 2010
vtrediting

Mesjid tempat tinggalku justru sudah berdiri sejak tahun 1983 baru tahun 2009 kemaren dikoreksi arah kiblatnya yang ternyata sejak didirikan sudah melenceng sekian derajad.
Atas kesepakatan tetua kampung dan pengurus mesjid serta ulama setempat akhirnya kiblat dibetulkan. Caranya tidak membongkar bangunan mesjid tetapi menggeser arah hadap tempat iman dan jamaah sholat menyesuaikan arah kiblat. Setelah tepat baru posisi karpet dan shaf dibetulkan.

5 02 2010
kang tejo

nise info pak

5 02 2010
vitri

hmm ..

5 02 2010
kedai opini

informasi yang berguna. terimakasih…salam kenal sesama porjo. dari kedai opini inspirasi dalam melangkahkan hidup kita untuk mencapai kemandirian berpikir, berekspresi,berkreatifitas…salam kenal

link sudah kami pasang, link balik kami tunggu

6 02 2010
dirgita

Zaman sebelum canggih, sih, patokannya selain unta juga arah terbenam matahari. Alias, menghadap ke barat^^

6 02 2010
Ruang Hati

Menyapa sahabatku (kang Nurrahman) yang belum pernah kujumpa dalam nyata hanya lewat maya, namun hati kita serasa bersama, kicau burung pagi singsing mentari mulai bersinar, mengikis embun beranjak hari, ku hadir membuka layar mengetikan kata buat sahabat tercinta ingin kuucapkan sepatah kata ” kaulah sahabatku” Tuhanku Yang Maha Kuasa, berikanlah pada sahabatku nun jauh disana kebahagiaan dan kedamaian serta taburkanlah cinta pada dirinya beserta keluarganya, semoga harapan dan Doa menjadikan kita lebih bersaudara.
Salam Kedamaian- Penuh Kebahagiaan- Dengan Cinta
Ruang Hati.com
==========
Selamat Berakhir Pekan, Have a nice weeekend

6 02 2010
nurrahman18

amin! (worship)

6 02 2010
mandor tempe

Kiblat memang bisa ditetapkan menggunakan alat yang presisi. Namun jika kepresisian arah itu tidak membuat bertambahnya jamaah dalam masjid maka yang ada adalah kesia-siaan.

6 02 2010
wardoyo

Pernah saya menulis artikel yang sedikit menyinggung tentang arah kiblat ini, sumber tulisan dari seorang pemerhati astronomi.
Cara termudah mencocokkan kiblat katanya adalah menunggu tanggal 15-16 Juli – sekitar jam 12.00 waktu Makkah / kurang lebih jam 16.00 WIB – yaitu saat lintasan matahari berada di atas kota Makkah – di atas Ka’bah.
Saya sendiri belum pernah mencobanya.

6 02 2010
haryadi

oke banget infonya

6 02 2010
accan

wah, keren bang,,

harus di ukur dulu ya,,
yaang penting niat yah, hehe

7 02 2010
Caride™

waduh…jangan² selama ini aku sholat juga salah kiblat? mudah²an engga deh amin…

7 02 2010
Didien®

seharusnya pemerintah lebih peduli dengan masalah ini,agar fihak terkait terus memantau masjid² yg salah kiblatnya…bukan begitu sob?

salam, ^_^

7 02 2010
d-Gadget™

semoga masalah ini cepat terselsaikan agar umat muslim di indonesia dapat beribadah dg khusyuk dan yakin dengan arah kiblatnya

7 02 2010
kampret

aku bismillah aja kalo mau solat tapi ga tau arahnya yang pas gimana.. semoga aja arahnya bisa ditentukan. lebih cepat lebih baik, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali *kok ga nyambung ya?*

7 02 2010
Saffa'

Assalaamu’alaikum
Ngomong2 soal kiblat, denger2 yg di Suriname malah ada masjid yg ngadep ke timur yach…
Kalau dipikir ya sama saja wong bumi ini bulat he he….
tks

9 02 2010
kiabekasi

intinya ngadep kemanapun pasti ngadep wajah tuhan

27 02 2010
Nur Amaliah

yang penting niat… Allah maha pengampun…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: