6236 Ayat

9 02 2010

Jumlah ayat di Al Quran ada 6236. Berikut adalah tabel hasil penghitungan dengan excel. 114 surat yang ada dihitung semua jumlah ayatnya. Tanpa menghitung basmalah. Memang kalau mencari informasi di internet mengenai berapa jumlah ayat di dalam Al Qr’an, maka akan menemukan beberapa artikel yang menyebutkan bahwa berita atau informasi yang mengatakan jumlah ayat adalah 6666 ayat adalah salah. Yang benar 6236 ayat. Lalu di beberapa buku pelajaran di sekolah juga ada yang masih menyebutkan jumlah ayat adalah 6666. Kalau memang perbedaan itu karena masalah bismillah sebagai ayat atau bukan, seharusnya memang selisihnya tdk begitu besar (6666-6236 = 430). Tapi mungkin hanya 114 (6236 + 114 = 6350).

Jika memang ada perbedaan pendapat atau penilaian yang mana yang benar dan yang mana yang keliru mengenai jumlah ayat tersebut. Maka itu juga mungkin bagian dari pembelajaran dan peringatan bagi umat untuk selalu menggunakan Al Qur’an sebagai petunjuk dan pegangan hidup. Karena untuk mengetahui jawaban yang lebih benar dan pantas mengenai berapa jumlah ayat yang benar, silakan bertanya ke ustadz, ulama atau pak kyai yang anda kenal. Disini hanya sekadar berbagi informasi dan berbagi pendapat!

Iklan

Aksi

Information

35 responses

10 02 2010
kang tejo

akhirnya saya pertamnaya diamankan dulu hehehe

11 02 2010
Henny Mulyono

Saya juga pernah dengar hal tersebut dari beberapa ustadz… Mungkin ini yang memang harus diluruskan. Semoga kita tetap memperhatikan Alquran. Sebagaimana yang telah disyariatkan.

10 02 2010
suzannita

semoga ini menjadi referensi untuk terus memperbaiki diri 😀

10 02 2010
asepsaiba

Saya termasuk yg sampai saat ini tahunya bahwa ayat Al-Quran itu 6666 ayat. suatu angka ‘cantik’ yg seolah membuat Quran menjadi ‘spesial’. Tapi jika info itu salah, tampaknya harus diluruskan.. Agar tidak terjadi pemahaman buta..

10 02 2010
asepsaiba

nsya Allah sy mau diskusikan dengan tetangga yg seorag ustadz ah..

10 02 2010
M Mursyid PW

Analisa menarik sebagai bahan diskusi.
Good post!

10 02 2010
HALAMAN PUTIH

Iya, dulu siapa ya yang pertama kali menyebutkan ayat Al Qur’an itu ada 6666 kalau memang itu tidak benar mestinya diluruskan. Jangan sampai terjadi sebuah pemahaman yang salah dan berkelanjutan.

10 02 2010
d-Gadget™

saya belum pernah ngitung, selama ini hanya membaca dan coba mengamalkan saja..

10 02 2010
Didien®

saya juga baru tau kalo jumlahnya segitu, berapapun selisihnya yg penting tidak keluar dari aslinya..artinya perbedaan krn hanya tidak di hitungnya bacaan Bismillah..
yg penting di baca dan di amalkan terus menerus..amin

salam, ^_^

10 02 2010
Caride™

memang seharusnya kita bertanya kepada orang yg benar² tau akan hal ini, agar tidak menjadi kesalahan..betul kan mas?

10 02 2010
nurrahman18

seratus untuk anda 😀

10 02 2010
rizal

setahu saya memang terdiri dari 6666 ayat dan 114 surat, memang belum pernah menghitungnya, namun yang penting adalah bagaimana kita menjalani kehudupan sesuai dengan petunjuk Al’Quran dan Sunnah rosul,

salam kenal ya…

11 02 2010
Ritasusanti

Atau kalau ada waktu luang, tidak ada salahnya juga mencoba menghitung sendiri Rif…
Selama ini saya memang tahunya jumlah ayat dalam Alquran 6666 ayat, jadi penasaran nih jadinya…

11 02 2010
nurrahman18

itu hasil penghitungan ku sendiri kok mbak, karna dulu saya juga berbekal penasaran, jadilah postingan ini 😀

11 02 2010
Darin

iya, saya jg sering bingung..
benar, ini salah satu pembelajaran bagi umat untuk terus memelihara kitab Al-Quran.
salam kenal 🙂

11 02 2010
fai_cong

Al-quran tetap akan di jaga sebagai mana firman Allah….
(gak hafal aku) 😦

11 02 2010
Febe Fernita

namanya juga manusia mas,mesti ada kekurangannya.
tapi bagus itu untuk bahan diskusi dan mencari kebenarannya
dan yang paling penting adalah bagaimana cara kita mengamalkannya,hehehe
ijin baca-baca yaa ^^

11 02 2010
Nisa

Wahh… nice ^_^

11 02 2010
didtav

kenapa malah pusing menghabiskan waktu memikirkan jumlah ayat yang benar? kenapa tidak menggunakan waktu untuk membaca dan memahaminya

11 02 2010
nurrahman18

:), menulis postingan ini juga bagian dari ikhtiar utk mempelajari Al Qur’an 😀

11 02 2010
Ruang Hati

Subhanallah, menyibak rahasia Illahi yang Maha Luas dan Besar

11 02 2010
Carissha

Jadi tambah pengetahuan nich.
Trimakasih atas kunjungannya!

11 02 2010
diazhandsome

lah? kok bisa beda gitu hitungannya? ada yang salah ketik gak?

12 02 2010
nurrahman18

hmm, klo dalam hitungan saya di atas, insyaAllah ga salah ketik..sudah saya cek berulang2

11 02 2010
Andi

info yg bagus kang.
ini bs jd bhs introspeksi diri kita. mari kita jawab masing masing, seberapa dekat anda dg Al Qur’an?

12 02 2010
Nikias

Ah gak percaya saya, itung sendiri ah.

*ambil kecrekan* :))

12 02 2010
wibisono

saya sendiri belum coba menghitungnya kang..

25 02 2010
wong kendal

tenan gag gan,,,,,,,,,,,salam wong kendal
gag ikut yamaha blog contest to gan???

25 02 2010
nurrahman18

mana link nya?

27 02 2010
Nur Amaliah

bahan diskusi yg sangat menarik….

Alhamdulillah, dengan adanya rubrik ni, kita bisa mengetahui sesuatu yg sangat penting tetapi kadang terabaikan… makanya kita mencari tau sendiri dari orang2 yg mengerti agar kita mendapat kejelasan….

makasi infonya ^_^

5 03 2010
wulanekadalu

makasih inponya 🙂
*blm pernah itung soalnya 😀

7 03 2010
Rara

Wah.. tambah pengetahuan baru ni..

Than’x for share..

19 05 2010
ahmad nurhasan

bagus banget, mudah-mudahan ini semakin mengingatkan kita pada al-Qur’an untk membacanya, menghayatinya, mengamalkannya. bukan berarti menyalahkan yg menyebutkan 6666 ayat, toh kita mesti berterima kasih. kekhawatiran akan menyalahkannya, seperti ada ebagian pendapat yg menyalahkan da’wahnya wali songo yg belum tuntas.

27 12 2010
raflyahmad

cara ke 2

penghitungan seluruh nomor surat
al quran terdiri 114 surat cara penghitungannya

1+2+3+4…………………….+114=6666 ayat

coba aja kalau gak percaya

27 12 2010
nurrahman18

cara seperti itu juga tdk menghasilkan 6666

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: