Aturan Kebahagiaan

28 04 2010

Sudah menjadi kebiasaannya untuk chatting sambil online. Bahkan ketika dia sakit dan memperoleh waktu lebih untuk merenungkan kesalahan-kesalahannya. Kesalahan terlalu lama dan banyak memelihara penyakit hati. Penyakit yang seharusnya mesti lebih banyak diperjuangkan untuk dicegah daripada penyakit fisik lainnya. Iri dan dengki, suka dan terlena dengan pujian, sombong dan meremehkan orang lain, tidak sabar, tidak ikhlas dan qonaah, serta terlalu berharap.

Sehingga seorang sahabat dekat memberikan sedikit cerita tentang apa arti kebahagiaan. Bahagia tidak berarti harus selalu senang. Karena setiap kesenangan terkadang tidak jauh berbeda dengan hawa nafsu yang semu. Tapi apa yang dikatakan oleh Aa Gym tentang “jagalah hati” adalah sebuah kebenaran. Kebahagian terletak di hati. Harta, benda dan lainnya hanyalah variabel-variabel yang mempengaruhi, di mana pengaruhnya berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lain. Ingat-ingatlah lima aturan sederhana untuk menjadi bahagia:

  1. Hiduplah dengan sederhana
  2. Bebaskan hatimu dari rasa benci dan dengki
  3. Bebaskan pikiranmu dari segala kekhawatiran
  4. Berikan lebih banyak (give more)
  5. Jangan terlalu banyak mengharap (expect less)
Iklan

Aksi

Information

32 responses

28 04 2010
Batavusqu

Salam Takzim
Semakin banyak nasehat, semoga perubahan atas diri ini semakin membaik, terimakasih tips nya kang
Salam Takzim Batavusqu

29 04 2010
citromduro

berbagi nasehat semakin memberi kecerahan
setuju dengan kang zipoer

28 04 2010
asepsaiba

Hm, 5 tips yang sederhana naun seringkai sulit diterapkan… Nice share mas…

28 04 2010
asepsaiba.com

Please vist my new blog ya mas.. 🙂
http://asepsaiba.com

28 04 2010
Sapril

Sederhana, gampang. Tidak dengki, sedikit sulit. Tidak khawatir, humm… sering kepikiran. Memberi lebih banyak, wah… nanti berkurang banyak. Tidak berharap banyak, berharap banyak aja dapatnya sedikit… apalagi yang…?
Waduh Kang… ternyata sulit ya, isi kepalaku negatif…
Tapi terimakasih sudah berbagi yang positif 🙂

28 04 2010
nurrahman18

klo yg “jgn berharap” itu maksudnya biar tdk terlena dengan angan2 mas, karna kejadian yg akan datang kita ga pernah tau kyk apa….termasuk jgn terlalu berharap sama makhluk 🙂

28 04 2010
suzan

aturan kebahagiaan… gunakan uangmu 9 dari 10 yang kau miliki … bahkan 9 itu termasuk dalam tabunganmu 😀

bersyukur dan menikmati hidup 😀

28 04 2010
nurrahman18

wew..ilmu sedekah 🙂

28 04 2010
sempulur

Mengajak Anda bergabung memberantas korupsi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi
http://gakindo.com

29 04 2010
nahdhi

Kalau di kenduri cinta ada yang bilang kebahagiaan itu bukan apa-apa…. jadi tidak perlu dipikirkan.

29 04 2010
ysalma

hiduplah dimasa “saat ini” ya mas, masa depan masih rahasia, masa lalu sudah sejarah 🙂

29 04 2010
kchihui

Amin Ya Rohbal’alamin…. tips nya mantab mas…

29 04 2010
doedioke

hehe…..
sedekah untuk koment di blog baru saya mau ga mas? di tunggu kunjungan baliknya ya?

29 04 2010
jun

saia suka yang ke-2 🙂

29 04 2010
aguswibisonodotcom

Betul kang.. akan saya coba terapkan.. 😀

29 04 2010
Asop

Segalanya memang bersumber dari hati, ya. 🙂

29 04 2010
anjrot

blogwalking here…thanks..

29 04 2010
delia

Kalo hati kita terjaga… maka semua akan lebih mudah.. 🙂

29 04 2010
citromduro

kebahagiaan menurut saya relatif, bagaimana kita menjalani dan menerimanya

29 04 2010
citromduro

jagalah hati, jagalah hati jangan kau nodai
tapi sulit untuk tidak menodai hati kita
semoga kita terhindar dari penyakit hati

29 04 2010
citromduro

salam dari pamekasan madura
semoga agan senantiasa sehat dan mendapat perlindungan-Nya

30 04 2010
priizt

jadi inget sebuah tulisan..

x:kebahagiaan itu gratis..
y:wah saya mau..apa syaratnya?
x:ikhlas

sepertinya 5 aturan sederhana ini bisa bantu kita buat belajar ikhlas^^ makasih

30 04 2010
Afif logicprobe10

yang penting semuanya harus dijalani dengan ikhlas, agar suasana plong 🙂

30 04 2010
Andri Journal

Hakikat kebahagiaan ada pada penerimaan. 🙂

30 04 2010
Noe²

Setuju bange sama tulisan sampena …

30 04 2010
Andi

sudah sehat to mas?
wuih jadi makin sering merenung ya kang. merenungi kehidupan.

30 04 2010
greenyazzahra

renungan malam yang bagus..
terima kasih 🙂

4 05 2010
komiocy

sampai ketemu di yogya aja ya Rif?

5 05 2010
nurrahman18

afwan om, ane lg di desa, purworejo 🙂

6 05 2010
Hafidz Collection

salam kenal…salam cinta tanah air

http://www.hafidzcollection.wordpress.com

11 10 2010
Happiness Economics « nurrahman's blog

[…] lebih penting daripada hal-hal itu. Kalau ekonomi ukurannya uang untuk kekayaan sebagai hal utama kebahagiaan memang bisa […]

2 09 2012
Kunci-Kunci Kebahagiaan | Arif's Blog | Kumpulan Hobi

[…] Tujuan mendasar setiap orang dalam menjalani hidup adalah kebahagiaan. Namun untuk menggapai hal tersebut terkadang bukan perkara mudah. Sebab ukuran kebahagiaan bisa bernilai relatif. Kebahagiaan juga bukan melulu urusan duniawi. Tetapi sebagai umat yang beragama khususnya bagi umat muslim, tentunya kebahagiaan di akhirat adalah tujuan akhir. Pencarian kebahagiaan di dunia adalah sebuah proses perjalanan untuk mencari bekal sebanyak-banyaknya bagi perjalanan hidup setelah kematian. Dan proses tersebut tidak melulu akan berjalan mulus. Sebab setiap orang akan diuji apakah ia melakukan pencarian kebahagiaan di jalur yang benar dan dengan cara yang tepat. Oleh karena diperlukan kunci-kunci untuk menggapai kebahagiaan. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: