Uyah Bawang

4 05 2010

Jika sedang tidak ada lauk pauk atau sayuran di rumah, hanya ada nasi dan sedikit bumbu-bumbu masakan, maka alternatif makanan ini perlu dicoba. Uyah (bahasa jawa) artinya garam. Sedangkan bawang maksudnya adalah bawang putih. Jadi makanan ini memang merupakan hasil kombinasi keduanya. Uyah dan bawang adalah komponen utama yang akan dipadukan dengan nasi putih biasa. Usahakan nasinya jangan terlalu panas. Lalu komponen tambahan lainnya adalah cabe (untuk yang suka pedas) dan minyak goreng bekas memasak atau bahasa kerennya minyak jelantah (syukur kalau sisa memasak ayam goreng yang enak).

Lalu bagaimana cara membuatnya? Cukup sederhana dan mudah, karena ini adalah makanan dadakan dan instant khusus bagi yang kepalaran, ingin hidup sederhana, dan kondisi kepepet karena di rumah tidak ada makanan lain dengan kandungan gizi yang mencukupi. Ya, jadi ini lebih utama untuk mengganjal perut. Tapi soal rasa, jangan khawatir karena tidak akan begitu mengecewakan setiap lidah orang Indonesia. Pertama, uleg uyah, bawang, dan cabe dengan komposisi secukupnya dengan alat masak-memasak tradisional; cobek. Kedua, siapkan nasi dan segera campurkan bumbu tersebut, plus minyak jelantah. Aduk hingga merata, dan siap dinikmati!

Iklan

Aksi

Information

28 responses

4 05 2010
ulfa

Wah, iwak tempe masih ada lo boz..
Kok cuman sambel bawang ngunu tok…hehehe:)

4 05 2010
nurrahman18

itu kn emang menu “hemat” :-p

4 05 2010
achoey

Rasanya enak
Sambel beledak namanya
Mun teu hilap 😀

4 05 2010
kang romly

enak banget palagi kalo ge makannya di pondokan tengah sawah….lhaaaaaaaaaaaap santap semuanya hehehehehehe

4 05 2010
zipoer7

Salam Takzim
Wah bisa buat pelengkap ngontel nih, makasih kang
Salam Takzim Batavusqu

4 05 2010
Rock

Wahhh… mangtabs tenan iki… wkwkwk…

4 05 2010
bayu

bisa aja si boz satu ini..

4 05 2010
Dodinur

wih mantap tuh……berkunjung balik and makasih ya kunjungannya 😀

4 05 2010
hanifilham

wah2… sangat sederhana nih… bener2 tips hemat untuk makan. hehe.

4 05 2010
dafiDRiau

wah!! baru dengar ni yang kayak ginian…

4 05 2010
Goda-Gado

Piye ceritane lho !!

>>Karena ini adalah makanan dadakan dan instant khusus bagi yang kepalaran, ingin hidup sederhana, dan kondisi kepepet karena di rumah tidak ada makanan lain dengan kandungan gizi yang mencukupi.<<<

sing bener makanan yg KELAPARAN dan TDAK PUNYA DUIT, bukan sederhana!! :p
Kondisi gizi mencukupi ???? plis deh….

Sego uyah lawuh lombok ucit dg air putih….
kalao adanya itu ya tetep hrs disyukuri

4 05 2010
AeArc

wah.. mkanan instan yg alami, wkwkkwkw

4 05 2010
M Mursyid PW

Uyah, bawang, + lombok rawit= sambel korek. Menggugah selera!!!

4 05 2010
ilyasafsoh.com

SIP 🙂

4 05 2010
chugy

Mantap tu…..dah lama ga makan Uyah Bawang.
Inget waktu Blangsak Dulun ni heheeeee yang penting bisa bertahan aj boz y….!!

4 05 2010
Didien®

wah wah wah… kreatip juga mas..bolehlah nanti di coba kalo urgent…
lama tak singgah kesini,pakabar sob?

salam, ^_^

4 05 2010
nurrahman18

alhamdulillah baik bro 😀

4 05 2010
Caride™

kebetulan neh..ane suka kelaparan kalo malam²..biasanya suka ga ada makanan yg bisa di santap..
bolehlah dicobain..makasih bro tips kulinernya :mrgreen:

4 05 2010
nahdhi

Kalau saya suka-nya bukan uyah-bawang. meski bahannya sama persis tapi dari segi komposisi sedikit berbeda. Saya suka sambel-bawang…. Cabe lebih mendominasi… Huah…

5 05 2010
ahsanfile

Wakakakaa
ane jadi inget jama kuliah dulu,… hiks.. kalo diinget bisa nangis sambil ketawa bersamaan.

lam kenal gan…

5 05 2010
BlogCamp

Ini benar dalam keadaan 911 alias darurat ya mas he he he he.
Rasanya mungkin sedap tapi guzinya agak kurang kaleeee.
Gimana kalau ditambahi mi instan rasa ayam bawang ha ha ha ha ha

Salam hangat dari BlgCamp yang sedang menggelar acara Liga Tertawa khusus bagi blogger pemberani, bernyali kuat dan mempunyai selera humor yang tinggi.

5 05 2010
Lilah haryoko

Wah kaya’e mas ini suka ngintipin pawonku deh, hehe..itu kebiasaanku dan suami, sarapan pake sambel bawang..yummy jg kok kadung suka..

5 05 2010
gerhanacoklat

walahh aku ini ga bisa makan sambel mas hehehe

5 05 2010
greenyazzahra

Hmmm,,info yg bagus..:D
tapi nampaknya sy ga kan berani menyampur nasi dgn minyak jelantah..he

6 05 2010
melianaaryuni

Hmm, nggak kebayang gimana rasanya….

7 05 2010
wawansri

udah pernah bikin sendiri…
cah Ndeso ..akrab gdn uyah bawang plus lombok jd sambel bawang..

8 05 2010
anno

tetep wae nek ditambahi kecap soyo maknyus ketimbang pake minyak jelantah

15 05 2010
mas raden

wah-wah pengalaman yang sama nihhhh
artikel bagus nihhhh. . .

salam kenal,knjungi mas raden jugag yakkk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: