Analisis Pasar Gugling Dot Com

15 05 2010

Kata Pak Mentri Kominfo, baru 20 % masyarakat Indonesia yang melek TI (teknologi informasi). Seperti halnya gelas yang hanya diisi sebagian, orang pesimis akan mengeluh dengan mengatakan karena itu adalah setengah kosong. Sedangkan orang optimis akan berkata positif bahwa itu adalah setengah isi, tinggal menambahi lagi. Demikian halnya dengan memandang potensi nilai 20 persen tersebut di atas. Nilai tersebut bisa sangat besar jika dipandang secara optimis. Artinya masih besar sekali pasar untuk industri TI yang masih potensial. Dan nilai 20 persen jika dikonversi ke jumlah penduduk Indonesia yang jumlahnya mencapai 230 juta, maka nilai tersebut sangatlah besar. Baik dari jumlah pengguna, maupun kemanfaatan penggunaan secara transaksional. Misalnya nilai ekonominya, sosial dan kemanfaatan lain.

Dan dunia maya seperti internet adalah termasuk di dalam industri TI. Jadi sebetulnya masih sangat potensial pasar di dunia maya. Termasuk begitu potensialnya pasar untuk gugling dot com, penyedia berbagai macam informasi yang terpercaya, berguna dan mendidik dalam format digital. Untuk lebih dikenal dan menghasilkan kemanfaatan baik bagi pengelola maupun pengunjung.  Masih banyak hal potensial yang bisa diberdayakan. Sehingga gugling dot com dapat mempunyai nilai lebih dan memberikan kemanfaatan yang meluas bagi masyarakat pengguna internet.

Sebelum lebih lanjut mengupas mengenai analisis pasar, alangkah lebih baik untuk menyimak sedikit gambaran tentang orientasi pasar. Orientasi pasar secara umum ada dua jenis. Pertama untuk memenuhi kebutuhan atau market driven. Contohnya kebutuhan sehari-hari akan berita, kirim pesan, dll. Kedua cenderung mengedukasi pasar atau menciptakan pasar, market driving. Sebagai contoh, dahulu orang tidak membutuhkan teknologi 3G dan video call, tetapi dengan edukasi produk kini sudah menjadi kebutuhan. Sebuah produk tentunya bisa memilih antara keduanya, atau gabungan antara keduanya. Orientasi market driving lebih cocok untuk untuk dunia internet. Jadi, gugling dot com juga selayaknya mengadopsi paradigma tersebut. Kata kuncinya adalah inovasi. Bagaimana membangun inovasi dengan menciptakan ceruk pasar sendiri yang bersifat niche.

Lalu bagaimana gugling dot com bisa membidik orientasi pasar dengan benar? Ada baiknya dipetakan terlebih dahulu dengan pedoman paradigma manajemen pemasaran yakni Segmentasi, Targeting dan Positioning (STP). Salah satu jenis analisis pasar yang cukup ringan agar bisa lebih dipahami bersama. Karena metode analisis pasar lain juga banyak. STP, pertama segmentasi. Memilah konsumen gugling dot com baik untuk unique visitor, page view, spider maupun feed atau dengan cara lainnya. Sebenarnya akan lebih baik jika ada data-data tentang jumlah pengunjung per hari dengan cukup detail. Tapi karena tidak ada maka akan dipilah dengan pendekatan kategori lain. Paling tidak ada dua kategori. Yakni dari segi umur, dipilah menjadi umur 18 tahun ke bawah dan 18 ke atas. Kemudian dari segi seberapa sering seseorang menyelami dunia maya per hari. Mungkin bisa dikategorikan sering dan biasa. Kedua targeting. Adalah beberapa segmen yang dibidik sebagai konsumen atau pengakses informasi di gugling dot com. Konsumen umur 18 tahun ke atas dan dengan jam terbang sering mengakses internet per hari adalah targeting gugling dot com. Ketiga positioning. Sepertinya belum ada iklan di media cetak atau televisi. Memang sudah menggandeng partner kaskus dan Bali Blogger Community. Tapi info seseorang untuk mengetahui apa itu gugling dot com bukan hanya dari internet itu sendiri. Bisa dari mulut ke mulut, televisi, radio dan bahkan sekolah. Jadi dalam hal memposisikan diri sebagai penyedia informasi digital terpercaya belum tercapai dengan baik bagi gugling dot com. Mungkin perlu perbaikan. Walaupun positioning dari segi nama sudah cukup baik. Dengan plesetan kata google, mudah diingat.

Dari sedikit analisis STP di atas, maka bisa dihasilkan beberapa usulan sehingga  semoga kelak bisa menjadikan gugling dot com lebih banyak dikenal pecinta dunia maya. Seperti :

1.Meningkatkan branding. Agar positioning lebih kentara. Seperti dengan iklan di web atau komunitas (blogger, linux, dll) lain. Jika dilihat dari segi nama dan visi, sebetulnya sudah cukup punya modal. Visi menjadi web nomor dua. Artinya ada sebuah ciri khas, keunikan atau nilai yang lain daripada lainnya. Yang mestinya lebih diperhatikan. Sebagai contoh, jika menempatkan web penyedia informasi lain yang sudah cukup mapan layaknya detik, kompas, yahoo dan tvone. Semua mempunya nilai keunggulan. Detik, menyediakan informasi dengan cepat. Bahkan terkadang dalam jeda menitan. Kompas, dengan gaya bahasa elegan dan mengandalkan branding harian kompas. Yahoo, mempunyai basic penyedia email yang sudah mempunyai banyak pelanggan. Dan tvone, mengandalkan saluran televisi sebagai topang utama pengenalan web.

Jadi, harus dibangun sebuah ciri yang lebih unik. Semisal, memungkinkan seorang blogger atau pecinta dunia maya lainnya untuk menjadi kontributor atau penulis tamu. Kontributor dari berbagai daerah di tanah air. Untuk mengangkat konten lokal.

2. Seperti ditulis di akhir poin 1, konten lokal yang bermutu sangat dibutuhkan untuk mengisi dunia internet tanah air. Seperti kata pakar IT Onno Purbo dalam sebuah ulasan di media cetak, bahwa kini trend dunia internet di tanah air sudah bergeser dimana informasi atau konten yang ada adalah bersumber dari masyarakat sendiri. Dan sepertinya dengan kekayaan alam dan pariwisata serta budaya tanah air, konten lokal yang tidak berbau ibukota metropolitan masih akan sangat laku. Bisa digemari. Bukan melulu info atau berita formal dari sebuah perusahaan besar. Citizen jurnalism pun kini kian menjamur.

3. Menyediakan informasi akan lebih baik jika berisikan tidak hanya tontonan. Tetapi juga tuntunan. Sehingga ada nilai edukasi yang diselipkan di dalamnya. Misalnya memperbanyak tips dan trik, baik secara tersurat maupun tersirat. Dunia maya sudah harus bukan hanya seperti dunia entertaintment yang bersifat menghibur dengan sifat mendidik yang minim. Seperti diketahui bahwa akses pornografi di tanah air masih cukup tinggi. Jadi, usulan poin ketiga bukan tanpa alasan.

Terakhir dari analisis pasar ini adalah mengenai hal yang disukai dan tidak disukai. Hal yang disukai dari gugling dot com adalah sudah tentu mengenai kecepatan diakses, tampilan sederhana, warna dasar dan icon huruf g kecil untuk brand yang berwarna ungu, artikel dengan tulisan mudah dibaca seperti “tips cara diet unik dengan tanpa takut makan coklat”, bahasa ringan, banyak kategori dan nilai alexa yang cukup baik. Seperti pada cuplikan gambar di samping. Walaupun dari segi PR masih bernilai 0 (dicek sabtu malam 15 mei’10). Yang kurang disukai adalah perihal tidak adanya keterangan tanggal posting di halaman depan. Mungkin untuk menutupi kekurang rajinan meng-update. Selain itu, beberapa artikel perlu rujukan sumber yang terpercaya. Khususnya berita.

Iklan

Aksi

Information

106 responses

15 05 2010
nuansa pena

Saya kira yang benar-benar ahli dibawah 20%!

15 05 2010
nurrahman18

itu juga bisa diartikan yang belum ahli masih banyak, dan potensial

20 06 2010
Aku Punya dot com

mmmm… lg ikutan kontes ya bro.. selamat berjuang yaaa..!! 😀

15 05 2010
livefreez

sob ajarin donk biar mudah di approve…

15 05 2010
nurrahman18

di-approve apa bro?

15 05 2010
Tweets that mention Analisis Pasar Gugling Dot Com « nurrahman -- Topsy.com

[…] This post was mentioned on Twitter by Nurrahman . Nurrahman said: analisi pasar gugling; http://bit.ly/aGvxFr 😀 […]

16 05 2010
Tour, Food, and Health

saya kelompok yang setengah isi…!!! biar ditambah lagi..biar semangat main blog..biar…hehehe…*kelompok optimis* ^^

16 05 2010
kang romly

konsep pemasaran yang ga rumit dan sederhana…

16 05 2010
annosmile

kontes review ya bro..
analisane mantep..maaf cuma bisa baca sekilas..
semakin kebawah saya tambah pusing mencernanya
sukses buat kontesnya mas

16 05 2010
Caride™

analisa yg sangat komplit….
tapi ngomong² TI saya juga masih gaptek mas hehehehe…

16 05 2010
Affan

Salam sukses,,,
Mohon Do’a dan Restu Mas,,,
Tinggalnya di mana to..??

17 05 2010
nurrahman18

di kampung, purworejo

17 05 2010
nurrahman18

jalan jogja-pwr kang

16 05 2010
Anton

Semoga sukses sobat, review anda bagus dan menarik.

17 05 2010
nahdhi

Kalau saya cuma tau pasar guling…

18 05 2010
Usup Supriyadi

Sebelumnya saya haturkan permohonan maaf kepada semuanya, karena dengan ini saya batalkan de Go Blog Competition 2010, dan sebagai gantinya Menulis Puisi “Kepada Usup Supriyadi”

***

sukses kontesnya .

@nahdhi, pasar guling? empuk dong . ckckck

18 05 2010
nurrahman18

@usup : ke tkp bro

17 05 2010
wahyu nurudin

seandainya UKM ikut promosi di internet gimana ya?

17 05 2010
nurrahman18

bagus juga koq

17 05 2010
diazhandsome

ikut lomba juga ya bos? hohoho… 😀

17 05 2010
idebagusku

semoga sukses deh kontesnya, terima kasih telah berkunjung ke blog saya
salam kenal

17 05 2010
chugy

Kayanya blog chugy termasuk yang terakhir alnya ga pasang tanggal postingan………heheeeeeeeeeee.

Thanks buat infonya Kawan.!!! Good Blog and Good Post

17 05 2010
budiarnaya

wah…informatif sekali…terima kasih

17 05 2010
Improvisasi Diri

wah reviewan yang bagus nih 🙂 ikut juga ahh

18 05 2010
delia4ever

reviewnya mantap juga…
komplit…:)

sukses ya untuk kontesnya mas..
ohya izin tukeran link ya.. 🙂 linknya udah lia pasang.. makasih ^_^

18 05 2010
julianusginting

bingung analisisnya bro

18 05 2010
nurrahman18

sebenarnya sederhana,,hanya pake konsep dasar manajemen pemasaran 🙂

18 05 2010
hellgalicious

kompetisi review ya?
good luck bro

18 05 2010
nurrahman18

thx my bro

18 05 2010
Andi

melu lomba meneh kang???

18 05 2010
nurrahman18

buat mengisi kesibukan dan latihan 😀

18 05 2010
MU2'

lengkap banget nih ulasannya… informatif.

salam,

22 05 2010
Cyber Katrox

Selamat berkontes ria dan semoga menang.

23 05 2010
Blogger Fakir

review yang menarik, kaya kuliah ANALISIS SWOT jadinya…hehehehehe
Moga menang mas….

23 05 2010
nurrahman18

hehehe, thx gan

24 05 2010
dedekusn

SUkses dgn riview-nya…
Salam!

25 05 2010
nurrahman18

thx 😀

1 06 2010
annosmile

sundul terus…

2 06 2010
nurrahman18

yoi,nuwun gan, jangan lupa ijo2nya (cendol) :ngakak

1 06 2010
nikon coolpix camera

mkasih buat informasinya..

2 06 2010
suka suka

blognya keren, salam kenal trims postingannya banyak yang bermanfaat infonya

2 06 2010
Mymusic

Tulisan yang bagus… 🙂

2 06 2010
elmoudy

meningkatkan branding.. hmm setuju bro..
itu adalah bagian dari motivasi untuk eksis di dunia blogging maupun gugling … 🙂

2 06 2010
Alwi

Kontes Review Mas Arif … moga dapat hadiahnya heeeee ……

3 06 2010
kawanlama95

Mohon maaf saat ini hanya meyampaikan undangan-pernikahan-sang-sahaja-dengan-pagi-bening bila memang memungkinkan , salam sehat selalu , semoga diberkahi, amien

3 06 2010
putra

Wah, kontes review ya Om ..
Semoga menang deh ..
Saya masih kurang ilmunya nih. Haha

3 06 2010
M Subchan

wah, ikut lomba terus nih. semoga berhasil mas.

4 06 2010
sunarnosahlan

saya juga belum ngerti TI, sangat banyak yang belum saya pahami

4 06 2010
budies

terima kasih kunjungannya di blog saya
salam dari kalimntan tengah

4 06 2010
budies

Wah TI..? saya termasuk katro’…makasih infonya

5 06 2010
alisnaik

selamat pagi.

wah, lagi mempromosikan gugling ya ?? 😉

terima kasih dan mohon maaf

12 06 2010
sepatubordir

wah ini lomba SEO ya… mdh2 menang deh 😀

12 06 2010
nurrahman18

bukan om, tp makasih ya 🙂

12 06 2010
kawanlama95

aku ningalin jejak dulu ya , bacanya belakangan. abis laper neeh. sory boss

13 06 2010
yansDalamJeda

Hmmm,….mantab!
semoga kontesnya menang.

13 06 2010
Vulkanis

Ya saya senang nih baca reviewnya..soalnya lain dari yang lain..
Good semoga menang

16 06 2010
Realodix

Sedang kontes Review ya Mas?
Td Saya juga jala2 ke Gugling.com
Situsnya lumayan bagus,,

16 06 2010
nurrahman18

iya bro,mhn dukungannya 🙂

16 06 2010
Zico Alviandri

Mantap analisanya mas… saya sekarang lagi suka baca2 tulisan tentang marketing. dapet tulisan ini… wah… kenyang rasanya. Jadi pengen belajar marketing sama mas Nurrahman 😀

16 06 2010
nurrahman18

weala, saya juga masih amatiran :-p

18 06 2010
bgenk

T.O.P dah reviewnya…
wah… masuk nominasi samsung corby nih…

18 06 2010
nurrahman18

amin! 🙂

18 06 2010
joy

manstap bos…. ga kpikiran seblumnya ma aku,,,

19 06 2010
mr.bedel

wuih…………….. komplit banget
berbeda 180 derajat dengan ane, cz review ane rada2 nyeleneh hi hi hi
sukses mas………..

19 06 2010
attayaya

sudah pernah memantau gugling,
infonya bagus dan mulai banyak

19 06 2010
kawanlama95

coba dicoba ,oke sukses ya .met malam

20 06 2010
Blognya Achot

ini mah analisis orang pemasaran. semua dibahas.. ampe yang kecil2.. mantaf.. kek na setelah baca ini gugur deh kontes ripiu saya. keren juga sobat..

20 06 2010
Vulkanis

selamat berlomba Boz

4 07 2010
nurrahman18

Makash om 😀

21 06 2010
yudex

semoga menang sob, emang pengumumannya kapan?

21 06 2010
nurrahman18

awal juli bos, thx

22 06 2010
ngupingers

emang ya 20 persen itu buanyak kokkk

22 06 2010
kang ian

lagi ikutan kotes guugling bukan mas? ^^

22 06 2010
nurrahman18

betul bro 😀

22 06 2010
Anton

Semoga menang sobat.

22 06 2010
yani

kata2 “gugling” biasanya kupake bersama temen2 klo lagi browsing di mesin pencari Google lho 😀 terinspirasi dr situ juga kali ya nih nama situsnya

24 06 2010
mesin kasir

semoga sukses deh kontesnya kang !! salam

24 06 2010
liza

hmm 20 % ? sungguh prestasi yang membanggakan kalo memang benar

24 06 2010
nurrahman18

asal positif mbak liza 😀

24 06 2010
loewyi

Kunjungan balik mas. makasih sudah mau mampir di blog saya. 🙂

24 06 2010
aulawi ahmad

konsep STP nya mantap bro 🙂 n kalau boleh ada sedikit koreksi nih, “Niche” dgn “ceruk” itu pengertiannya sama, jadi kalau dikatakan “menciptakan ceruk pasar sendiri yang bersifat niche” maka artinya bisa rancu, ceruk bersifat ceruk 🙂

24 06 2010
nurrahman18

makasih koreksina (cozy)

25 06 2010
Latifah hizboel

Terimaksih sudah mampir ketempatku…

30 06 2010
nurrahman18

sama sama (cozy)

26 06 2010
LOWONGAN KERJA ENGLISH TUTORS

Nice posting buddy…I love to read it…I love your blog. Thanks for sharing..
I would like to share good news also. Here you:
LOWONGAN KERJA ENGLISH TUTORS. Konsultan Pendidikan Bahasa Inggris Nasional untuk cabang
i. Pekanbaru (0761-7641321)
ii. Balikpapan (0542-737537)
iii. Samarinda (0541-273163)
iv. Banjarmasin (0511-3362559)
v. Palembang (0711-350788)
vi. Makassar (0411-451510)
vii. Surabaya (031-5324548)
Kirim surat lamaran & CV anda ke easyspeak.recruitment@gmail.com atau hubungi Nomor Telepon yg tertera diatas. Contact Person: 081 24 111 111 (dodi)
Kunjungi http://www.easyspeak.co.id untuk mengetahui profile perusahaan kami. Terima Kasih.

30 06 2010
nurrahman18

wah nitip iklan huehehehehehe

26 06 2010
kikakirana

Wah numpang lewat BW aja yak 😀

HIDUP!!! ^_^

28 06 2010
darahbiroe

hmmm
smoga sukses yaw
untuk kontesnya
😀

28 06 2010
nurrahman18

thx bro

29 06 2010
bluethunderheart

blue mensuportmu,kawan
salam hangat dari blue

29 06 2010
fansmaniac

pa kabar mas nur?? wah ikutan kontes review nih…
saya baru dengar dengan gugling.com semoga sukses deh..

Salam hangat

30 06 2010
nurrahman18

makasih bro 😀

1 07 2010
Caride™

kunjungan lagi di artikel yg sama..
apakabar kawan?

1 07 2010
Kang Romly

sebuah harapan bahwa ilmu TI merupakan sebuah kebutuhan pada akhirnya…
seklian berkunjung n silakan kunjungi juga
TIP kang Romly >>>>> http://kang-romly.blogspot.com

1 07 2010
Goda-Gado

tak kira apa ternyata kontes lomba2an to??

huft…

1 07 2010
samto

wew…akeh bgt sing komen..
sukses yah mas..

2 07 2010
Nias Zalukhu

Hmmm ini review atau materi kuliah ya? hihihi … tp masukan dan kritikannya bagus..
Good luck ya and keep blog in good spirit ….

4 07 2010
aura keyboard dofollow

Semoga termasuk sebagai pemenang!

4 07 2010
nurrahman18

Amin.makasih

6 07 2010
dira

Kalau masih 20% saja sudah menjadi salah satu pengakses situs porno terbesar, gimana jadinya kalau 80%? Hehe… ini dari sisi negatifnya..positifnya saya kira banyak.

6 07 2010
ladyulia

20%
yakin tuh si menteri bos?

7 07 2010
mr.bedel

salam kenal yah mas…..
semoga dengan kontes repiew ini kita bisa terus bersilaturahmi
salam sukses..
fight!!!

16 08 2010
gondest

Berharap di tahun 2012 menjadi 80 % dan 20 % itu yg suka akses porno…

12 12 2010
farizy4n

baru bisa kunjung kk. sekalian tukrn link di
Blog baru yang lebih serius

5 01 2011
deep yudha

Salam kenal buat semuanya…dukung dan kunjungi dong dihttp://deepyudha.blogspot.com/2010/12/pemuda-dan-teknologi.html, trims sebelumnya…

26 09 2011
Toko Virtual Pertama « nurrahman's blog

[…] ada? Sebetulnya dari segi teknologi dan pasar, sudah mampu dan cukup terbuka, meskipin tergolong market driving. Tapi untuk regulasi dan security mungkin masih menjadi tantangan/hambatan tersendiri. Rate this: […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: