Calon Mentri Keuangan

20 05 2010

Sebelum maupun selepas resmi diumumkan, banyak dikatakan bahwa sosok pengganti Ibu SMI sebagai mentri keuangan adalah seseorang yang berasal di kalangan profesional. Dan sudah cukup dikenal oleh pasar. Hal tersebut dikemukakan oleh orang nomer satu di negri ini dan banyak pengamat ekonomi. Ya, dikenal oleh pasar. Pasar. Sekali lagi, pasar. Tapi orang-orang seperti mbok iyem yang jual jadah di pasar kliwon solo, mas paijo yang jualan soto ayam pagi hari di pasar bringharjo jogja atau koh ahong pemilik toko semen di dekat pasar johar semarang, mungkin kurang sepakat dengan hal tersebut. Mereka juga orang-orang yang terjun langsung di pasar. Bahkan berkeringat dan bekerja tanpa pendingin ruangan demi untuk menghidupi keluarga di rumah. Tapi mungkin mereka tak kenal.

Lalu pasar mana yang dimaksud? Rupanya memang istilah pasar yang dimaksud adalah pasar modal. Pasar milik orang berduit. Yang pasti duitnya jauh lebih banyak daripada duit milik orang-orang pasar tradisional seperti mbok iyem dan mas paijo. Pasar yang lebih bersifat derivatif, spekulasi dan menjadikan uang sebagai komoditi. Bukan transaksi ekonomi riil seperti mbok iyem dan mas paijo. Yang kemanfaatannya lebih nyata untuk sebagian besar rakyat negri ini. Rakyat yang hidup sebagai kalangan menengah ke bawah secara ekonomi. Tapi mayoritas jumlah rakyat itu kalah dengan minoritas yang mempunyai duit lebih banyak dengan bermain di area pasar modal.

Ya mungkin memang karena semenjak dahulu pendekatan makro (bukan mikro) lebih banyak digunakan untuk menilai kemakmuran ekonomi negri ini. Sehingga pasar modal yang perputaran duit-nya mayoritas akan lebih dipandang. Walaupun pedagang-pedagang kecil di pasar tradisional mengeluh kekurangan modal dan retribusi pasar yang terlalu mahal, tapi jika pasar modal sehat maka terkadang akan menjadi penilaian secara keseluruhan bahwa ekonomi negara ini sehat walafiat. Betulkah?

Iklan

Aksi

Information

24 responses

20 05 2010
ok

karena standart kemakmuran berdasarkan pasar makro bukan miro menjadikan produsen pasar mikro jadi (terkadang) terbaikan 😦

21 05 2010
nurrahman18

sektor riil utk rakyat termarjinalkan memang sudah cukup lama terabaikan oleh penguasa

27 05 2010
smadav

wah saya suka gaya penulisan anda, ringan namun cukup berisi, secara kualitas saya bisa mengatakan blog ini sangat bagus, sangat bermanfaat bagi orang lain, saya akan mencontoh dari anda, salam kenal..
@ smadav juni

20 05 2010
hellgalicious

selamat buat menteri keuangan yang baru
good bye buat menteri keuangan yang lama

20 05 2010
itthonot

tyus pasar ane kapan mo di bahas ya?

21 05 2010
nurrahman18

pasar apaan ya?

20 05 2010
Asop

Yak, selamat buat Pak Agus. :mrgreen:

21 05 2010
aby umy

salam kenal dari http://aby-umy.blogspot.com/
kalau ada waktu mampir ke blog aku ya sobat?? 🙂

21 05 2010
Aldy

Jadi Males ngomongin menteri keuangan, kalau tidak bisa mengakomodir para anggota dewan umurnya juga nggak bakalan panjang.

21 05 2010
ladyulia

I love bu sri mulyani

21 05 2010
fansmaniac

Sebelumnya menteri yang baru ini dulu pernah mau dicalonkan jadi gubernur BI karena prestasinya didunia perbankan, semoga aja bisa menjadi lebih baik… dan satu lagi, nggak dihujat kayak menteri sebelumnya.. kesel gw dengan DPR yang sok pintar..padahal wakilnya rakyat

21 05 2010
aby umy

selamat buat mentri keuangan yg baru

21 05 2010
joe

kapan ya dilantiknya…

21 05 2010
nurrahman18

kemarin mas

21 05 2010
ysalma

wah nanya ke kita yang pasti pasar rakyat itu banyak yg masih becek,,
nanya ke mbah soemitro aja kali mbah nur..

21 05 2010
nurrahman18

siapa itu mbah soemitro ?

24 05 2010
citromduro

namanya juga pasar rakyat
kan rakyat ekonomi menengah kebawah

he… he.. dah lancang ni kang nur

salam dari pamekasan madura

21 05 2010
Delia

Wahh penggantinya lia kok baru tahu setelah baca ini dan searching heheh
Jadi malu sendiri..
apapun itu semoga lebih baik….
Dan jangan abaikan pengusaha kecil yang makin dikecilkan 😦

22 05 2010
nurrahman18

wah masih tinggal di LN jdi aga ketinggalan info kah mbak delia?hehe

21 05 2010
kang romly

Semoga aja kita2 ni dapat kecpratan juga manfaatnya ..sprti reformasi pasar TI..agar harga laptop lbh murah lagi..hehheh

22 05 2010
tim

gimana mas kbarnya,,,
ini yos (yos beda) hehehe

22 05 2010
nurrahman18

alhamdulillah :D, wah sambil promosi forum yah 🙂

24 05 2010
citromduro

wah ada yang lagi promosi forum ni

29 05 2010
Nohara

sangat kagum, bangga dg IBU Sri Mulyani dan semoga mentri yg baru bs membanggakan juga…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: