Clorot

21 10 2010

Salah satu makanan khas dari kota pensiunan di pesisir selatan Jawa Tengah, Purworejo. Makanan ini adalah sejenis kue. Merupakan makanan dari adonan tepung beras dan gula merah yang dikukus. Rasanya cukup manis dan kenyal. Bentuk kue ini unik karena dibungkus dengan janur atau daun kelapa muda. Dibuat melingkar, berulin, memanjang dan adonannya terletak di tengah. Bagaimana cara makan kue ini? Nah, ada caranya tersendiri. Seperti dalam ilustrasi gambar di samping. Ya mungkin terkadang menjadi guyonan cara makan kue ini agak ”saru”. Tetapi begitulah adanya, salah satu jari tangan digunakan untuk menakan dari bawah sehingga adonan kue yang ditengah nongol ke atas. Makanan ini menjadi hidangan khas jikalau ada kegiatan seperti hajatan, syukuran perkawinan, sunatan dan seterusnya. Memang tidak begitu banyak tersedia di pasar. Hanya di beberapa pasar tradisional. Tentu saja dengan harga merakyat yang tidak menguras kantong.


Aksi

Information

12 responses

21 10 2010
Adi

Wealah tak kira clorot (baca cluruT) semacam tiKus, hehe

21 10 2010
nurrahman18

bukan mas, klo itu kn nama hewan (lol)

22 10 2010
wulanekadalu

wah aku pernah nyobaini ini, waktu itu beli di pasar bringharjo depan malioboro
kayak jenang to dalemnya, bingung makannya waktu itu ternyata di clorotin *eh betul ngga bahasanya😀

22 10 2010
nurrahman18

betul betul betul🙂

22 10 2010
Caride™

terlihat enak bgt sob…jadi ngiler neh😆

22 10 2010
nurrahman18

ya enak dunk,namanya juga makanan khas (lol) – juga😀

26 10 2010
Headline News

masih ada lagi makanan khas purworejo yg lain, bener2 khas
pokoknya rasanya beda dengan yg ada di pasar, kebanyakan yg dijual di pasar menggunakan pemanis buatan. nah lo…. musti ati2
biasanya dihidangkan saat hajatan mantenan di desa Ketiwijayan

so jangan nolak deh kalo ada undangan dari desa tersebut
yg udah pernah menghadiri udangan mantenan pasti deh tahu makanan tersebut
masih penasaran? datang aja ke desa Ketiwijayan hehehehe… (promo dikit ah..)

26 10 2010
nurrahman18

promosi kok nanggung, hah hah hah hah (lol) (lmao)

5 11 2010
Martha Andival

baru pertama denger makanan ini…. namanya agak aneh dipendengaran sy ehehe… tapi rasanya ga aneh kan?

6 11 2010
nurrahman18

rasanya sederhana bukan selera kota tapi ga bakalan mengecewakan🙂

15 11 2010
Annaz Aufa

hmm.. jadi pengen mudik tyus bli clorot di pasar.. tampilin yg lain juga maz.. gebleg (binggel) , getuk ireng, kue klepon, ama yang paling khas dr pordjoe itu tu yang bikinnya pake gaplek kering yang di kukus,, apa tauk lupa namanya..🙂

15 11 2010
nurrahman18

banyaklah pokoknya gagagaga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: