Tutorial Biopori

22 12 2010

Barangkali memang sudah banyak yang mengetahui tentang hal ini; LRB-Lubang Resapan Biopori. Ya, lubang untuk resapan air tanah yang manfaatnya antara lain untuk mencegah banjir, mempermudah penyerapan air, dan bisa menghasilkan kompos. Tapi tidak ada salahnya info ini diulang kembali secara rutin dan berkala karena memang penerapan dan perawatannya masih minim. Itulah klise masalah manajemen di Indonesia. Info global tentang apa itu lubang biopori, dapat diakses salah satunya di sini. Seandainya saja LRB dapat diterapkan intensif di daerah rawan banjir dalam jumlah massal, maka banjir dapat berkurang perlahan-lahan; semoga.

Lubang Biopori memang mudah dibuat dengan alat bantu tertentu. Sudah banyak yang jual kok, di FJB kaskus pun ada. Tapi dibuat tanpa itu juga sepertinya masih bisa. Yang jelas kedalamannya antara 50-100cm, diameter 5-10 cm. Di atasnya dapat ditambahi pralon/pipa atau sejenisnya untuk mencegah lubang tidak tertutup. Jarak antara satu lubang dengan lainnya sekitar 50-100cm. Dibuat di dekat taman, di atas saluran air, atau di dekat pepohonan. Diisi dengan sampah organik agar menghasilkan kompos dalam waktu tertentu. Begitulah sedikit rangkuman dari banyak tutorial LRB yang tersebar di internet. Semoga bermanfaat, di bawah ini ada sedikit ilustrasi riil sederhana dari biopori.

*sumber gambar skema biopori pinjem lalu edit dari : Biopori.


Aksi

Information

7 responses

22 12 2010
Blog Keluarga

Wah baru tau saya, saya pernah pergi ke sebuah taman dibalikpapan. Dipinggir-pinggir tamannya suka ada lubang dengan pipa trus atas diberi seperti kain tipis berbentuk seperti saringan gitu. ternyata lubang biopori toh, jadi pengen buat jutga dirumah ahhh.

22 12 2010
nurrahman18

iya,terkadang juga bisa dikasih tutup supaya lubang tetap terjaga🙂

22 12 2010
febe fernita

haduuhh..saya juga baruu tauu mass (merasa bego) soalnya gag tauuu yang kayakk gituan,wkwkwk

22 12 2010
E.I

saya udah kenal sama teknik ini sejak kecil, namun baru tau kalau ini dinamakan biopori, dulu lubangnya agak besar bukan diisi sampah organik tapi dengan injuk, fungsinya sama sebagai resapan air,

22 12 2010
nurrahman18

iya,kurang lebih seperti itu,dan sudah banyak yg menjual alat khusus utk membuat lubang itu

21 01 2011
Go Green Yang Inovatif « nurrahman's blog

[…] biopori adalah lubang untuk resapan air tanah yang manfaatnya antara lain untuk mencegah banjir, […]

15 11 2011
Tips Persiapan Musim Hujan « nurrahman's blog

[…] kantong kain saja. Jika ada genangan air yang cukup besar, bisa diantisipasi dengan pembuatan lubang biopori secara […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: