Numpang Hidup

26 12 2010

Ada yang tidak sepakat kalau sebetulnya manusia hanya numpang hidup di bumi kepada hewan dan tumbuhan? Bayangkan saja seperti ini; jikalau seorang manusia dilepas di lahan luas tanpa ada satupun hewan dan tumbuhan, apakah manusia tersebut bisa bertahan hidup? Sepertinya tidak. Lain dengan jikalau lahan luas tersebut tumbuh-tumbuhan dan hewan dibiarkan hidup bebas dan alami tanpa satu pun manusia. Alhasil lahan itu akan tumbuh subur dan menjadi hutan belantara paru-paru dunia. Apa yang menempel dan menjadi sumber kehidupan manusia pun sebetulnya bahan dasarnya adalah tumbuhan dan hewan. Baju, makanan, hingga hal lainnya yang tak terhitung.

Tapi sayangnya, masih banyak yang sudah terlanjur dan terlalu antroposentris. Paham bahwa manusia adalah makhluk superior di muka bumi. Kadang berlindung di balik sebuah fitrah bahwa manusia adalah makhluk paling sempurna ciptaan Tuhan di muka bumi ini. Lalu bisa lalai atau sengaja sewenang-senang. Membuat gedung bertingkat tanpa menanam pohon dan menebang pepohonan seenaknya, hingga memasang mesin pendingin massal penghasil gas efek rumah kaca. Oh tidak. Manusia banyak mengolah plastik dan bahan lainnya tanpa membuat industri daur ulang yang sepadan. Para pemegang kebijakan dan kuasa terkadang mudah terbuai oleh harta dan tahta untuk begitu mudah meruntuhkan pohon-pohon di hutan. Lalu sampah bertebaran begitu mudahnya yang merusak tanah, lalu tidak subur lagi dan pohon enggan tumbuh. Pada dasarnya manusia sejak lahir tidak punya apa-apa, pun kelak jikalau sudah saatnya umur usai. Jadi numpanglah hidup dengan bijak kepada hewan dan tumbuhan di muka bumi ini. Sayangilah mereka. Karena mereka juga sumber hidup manusia.


Aksi

Information

9 responses

26 12 2010
alwathaniyah

Setuju mas.. Dan memang benar.. manusialah yang membuat segala kerusakan di Bumi ini.. Semoga kita selalu sadar akan ini.. Salam kenal mas. Thanks dah berkunjung di blog saya yang ini http://wheeldhan.blogdetik.com

26 12 2010
d-Gadget™

yahhh saya setuju kang…

26 12 2010
Caride™

kalo saya numnpang hidup di rumah emak hehehe

26 12 2010
Didien®

pakabar kang, lama tak singgah kemari…
ikut baca² tulisan yg kuar biasa disini..

salam, ^_^

26 12 2010
ahmad kurniadi

Menukar link merupakan hal positif untuk menjalin silaturahmi dan meningkatkan traffic. Saya sangat terbantu dengan hal ini..
Tukaran dengan saya, pasang link blog saya di blog anda,
Anchor text : penggembala bisnis
url : http://penggembalabisnis.blogspot.com/
jika sudah menambah link saya di blog anda, beri komentar di postingan saya ‘Tukeran link blog’, dan cantumkan link anda untuk ditambah di blog saya.
Kita sama2 saling membutuhkan dan saling menguntungkan.
Terima kasih

28 12 2010
ardhan

manusia ada pembunuh dan pemerkosa alam. tak peduli akan kelangsungan alam. tak pernah sadar numpang tapi terus menzalimi alam. beribu kasus kerusakan alam yg memakan korban, tetap saja manusia tak bergeming.

sadar sesaat lupa kemudian dalam jangka panjang.

28 12 2010
nurrahman18

hukumnya dirajam 😀..CMIIW

21 01 2011
Go Green Yang Inovatif « nurrahman's blog

[…] sudah seharusnya green your mind. Hijaukan pikiran otak agar selaras dengan alam. Kan manusia hanya numpang hidup di bumi ini […]

4 08 2011
Sampah Dedaunan VS Sampah Plastik « nurrahman's blog

[…] mengotori lingkungan? Menurut pendapat pribadi, didasarkan pada pemikiran bahwasanya manusia hanya numpang hidup di bumi kepada alam (hewan dan tumbuhan) maka biarpun keduanya barangkali sama-sama mengganggu […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: