Sego Kucing

9 03 2011

Meong!!! Ini bukan tentang makanan kucing. Atau tentang nasi (sego; dalam bahasa jawa) dengan lauk daging kucing. Bukan, bukan. Bagi yang belum pernah singgah ke jawa tengah, jogja dan jawa timur, barangkali belum pernah mencicipi secara langsung. Ini tentang makanan merakyat yakni nasi dalam porsi mini dengan sedikit lauk yang dibungkus dengan daun dan kertas koran bekas atau semacamnya. Lauknya pun minimalis. Seperti ikan teri, bandeng, ayam ceker, sayur oseng, mie oseng, telur dadar separo dan sejenisnya.  Yang menjual biasanya pedagang kaki lima yang di jogja disebut dengan angkringan. Sedangkan di solo dan sekitarnya, penjual sego kucing dikenal dengan hik.

Menu makanan ini sangat merakyat. Jadi kalau sampai ada yang belum pernah mencoba atau bahkan mencibir dan sungkan terhadap menu makanan ini karena dianggap kurang enak, kurang higienis atau semacamnya; mungkin orang-orang itu memang juga kurang merakyat🙂, mungkin. Karena semua kalangan mulai dari tukang becak, mahasiswa, pedagang, sampai para pejabat pun doyan sego kucing sebagai makanan pemersatu rakyat. Berapa harganya? Rata-rata seribu rupiah. Atau jika lebih 500 atau 1000 rupiah, itu hanya persoalan lokasi, ukuran porsi, dan variasi lauknya sahaja. Bagi yang belum pernah mencoba menu makanan ini, cobalah sesekali makan di angkringan di kala malam hari sambil minum jahe hangat plus berbagai gorengan dan sate!

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sego Kucing Raksasa bergambar Sri Sultan di titik nol kilometer Malioboro, yang waktu lalu sebagai simbol dukungan seniman dan warga jogja untuk mendukung keistimewaaan jogja. Konon katanya dibuat selama dua hari oleh para seniman.


Aksi

Information

5 responses

9 03 2011
ysalma

di Jabodetabek juga mulai banyak angkringan dengan sego kucingnya Nur🙂

9 03 2011
nurrahman18

wah baru tau,karna konon disana susah euy,maksudny jrg yg jual

10 03 2011
ysalma

disekitar rumahku aja udah ada 3,,
dan sepertinya peminatnya, banyak juga..

10 03 2011
unyil

whahaha. itu warung makan favorit ane gan🙂

25 05 2011
Angkringan Mandala Krida « nurrahman's blog

[…] lainnya. Makanan yang dijual pada umumnya adalah nasi bungkus sederhana yang sering disebut dengan sego kucing, aneka gorengan dan minuman. Setiap angkringan di sekitar jogja-solo yang laris manis dan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: