Simulasi Antrian di Pelabuhan

11 03 2011

simulasi antrian pelabuhanBeberapa waktu lalu, kabar berita antrian kendaraan terutama angkutan barang sejenis truk di Pelabuhan Merak Banten cukup menjadi hot isu. Kabarnya sampai sekarang juga masih belum terselesaikan dengan baik. Mestinya, dilihat dari segi aspek dasar simulasi antrian, hanya ada dua (2) kemungkinan besar akar masalahnya. Pertama, waktu pelayanan server yang terlalu kecil alias lambat. Kedua, jumlah server terlalu sedikit jika diasumsikan waktu pelayanannya telah optimal. Server yang dimaksud dalam case ini tentu adalah pelayanan di sistem pelabuhan terkait dengan antrian kendaraan. Waktu pelayanan mulai dari kendaraan masuk untuk diproses dokumen dan semacamnya, perjalanan menggunakan angkutan laut, hingga waktu yang dibutuhan angkutan laut untuk kembali ke pelabuhan semula dan siap melayani kembali.

Kedua kajian sebab atau akar masalah ini harus dianalisis secara keseluruhan untuk menentukan satu penyebab yang lebih dominan ditinjau dari berbagai aspek termasuk ekonomi. Analisis tersebut bisa dilakukan dengan simulasi diskret. Dengan bantuan software simulasi atau membuat simulasi dari nol dengan bahasa pemrograman. Setelah ditemukan mana penyebab yang lebih dominan, maka analisis diagram tulang ikan dapat membantu untuk menurunkan masalah di tiap aspek agar lebih detail. Analisis menggunakan simulasi bisa lebih baik dilakukan terlebih dahulu daripada tergesa-gesa menyimpulkan bahwa solusi yang harus segera dilakukan adalah memperlebar jalan antrian dengan harapan antrian tidak menumpuk. Kalau langkah itu dilakukan, maka hanya akan memotong panjangnya antrian kendaraan. Secara kuantitas, kendaraan yang menunggu untuk dilayani tidak berkurang. Karena distribusi kedatangan kendaraan yang bersifat distribusi poison tentu lebih sulit dikontrol.

Alasan klise yang akan jadi penghambat utama di negri ini dalam mengembangkan kebijakan strategi manajemen transportasi dan ekonomi adalah anggaran. Dan untuk case antrian pelabuhan tersebut, barangkali komunikasi dengan pihak ketiga macam perusahaan-perusahaan yang beroperasi di pelabuhan masih minim kerjasama. Karena dari komunikasi itulah sebetulnya bisa digali skema investasi lain untuk mendapatkan anggaran jika masih kurang, dan jika memang untuk berhutang sudah tidak memungkinkan.


Aksi

Information

4 responses

16 03 2011
ysalma

memang masih tetap antri,,

19 03 2011
Blog Kelimax

untung ane tinggalnya di udik, jadi gak ada macet-macetan…. hehe😀

24 12 2011
candra hasannudin

hmm memang pelayanan itu penting baik waktu dan kualitasnya..
lihat gambarnya aja udah serasa sumpeeekk
ini tugas anak t,industri dan pemerintah!

17 01 2012
Yudhit

Menarik sekali pembahasanny… thanks untuk sharing knowledges-ny Pak.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: