Rasa Keadilan Masyarakat

12 07 2011

Apakah masyarakat Indonesia secara umum sebegitunya tak sadar hukum? Terbukti salah satunya dalam peristiwa beberapa hari yang lalu sebuah mobil yang kabarnya menabrak seorang Ibu Guru Ngaji hingga meninggal itu, lalu mobil si penabrak dihakimi masa dengan cara dirusak lalu dibakar. Kalau saja aparat terlambat maka pelaku juga bisa bernasib sama. Jika disimpulkan masyarakat terlalu anarki saat ini memang ada benarnya. Pertumbuhan ekonomi yang disebut pemerintah sebagai sebuah prestasi belum cukup membuktikan nyata tentang pemerataan pendidikan dan mengurangi pengangguran sepenuhnya dengan baik. Di samping hiruk-pikuk kasus hukum dan politik yang membuat masyarakat terlalu jengah melihat tingkah laku elit yang seharusnya menjadi tuntunan kok malah cuma sekadar tontonan melodramatical. Tapi justru semua itulah yang barangkali menyebabkan terkadang masyarakat ingin meluapkan emosi dengan cara sendiri. Seperti dalam kasus pembakaran mobil di atas. Bisa jadi karena sudah ada perasaan kurang percaya pada penegakan hukum maka lebih baik hukum ditegakkan dengan caranya sendiri. Menabrak seseorang hingga meninggal, jikalau tidak ada upaya damai secara kekeluargaan maka hukuman seberat-beratnya bagi si pelaku akan sulit dijatuhkan dalam kondisi saat ini. Barangkali begitu yang ada di pikiran masyarakat setempat itu yang membakar mobil pelaku itu.

Bukan bermaksud menyalahkan pihak penguasa dan para aparat tapi hanya sekadar kritik dan saran mengenai rasa keadilan masyarakat yang saat ini belum semua diperhatikan. Seperti juga halnya dengan munculnya kembali kasus Ibu Prita Mulyasari yang bisa saja menjadi cukup heboh seperti sebelumnya. Rupanya sebuah aduan kritik dan saran terhadap korporasi besar seolah tidak diperbolehkan. Yang besar seolah selalu harus menang walaupun punya kesalahan. Jangan sampai kasus Ibu Prita membuat blogger enggan untuk ngeblog karena takut untuk menuangkan keluhan perihal kritik dan saran terhadap sebuah pelayanan!


Aksi

Information

4 responses

13 07 2011
Blog Keluarga Kesehatan

mungkin sudah tidak ada rasa keadilan yang dirasakan mas,,, dengan bertindak anarkis sebagian rasa keadilan merasa terpenuhi, namun di lain pihak rasa keadilannya menjadi hilang…..

13 07 2011
amirul

adil sulit direalisakan… tanya kenapa? q juga tidak tahu kenapa itu sudah menjadi sifat manusia..

14 07 2011
The Gombal's

kata tmn saya, tp ini dalam kapasitas becanda lho ya. ketika kiamat tiba nanti, negara yg pertama kali akan tenggelam itu indonesia. lihat saja tingkah laku pejabat2nya, juga masyarakatnya (tp dalam kapasitas becanda lho ya) hehehe,🙂

14 07 2011
nurrahman

komen dimari sambil bercanda juga boleh lho😀 he3, tp ini serius kok; tidak bercanda…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: