Mumpung Puasa

18 08 2011

Pada sebuah tayangan di televisi swasta mengenai sindiran politik yang berupa kartun animasi, diceritakan jika saat ini kondisi hukum Indonesia cukup buruk. Kaitannya dengan kasus korupsi dan politisi muda. Diceritakan jika kepulangan salah satu politisi muda tersangka kasus korupsi ke Indonesia beberapa saat lalu, akan mendapat sambutan yang berbeda dari beragam partai politik yang berbeda warna. Tapi dibalik sambutan yang kebanyakan bermuka manis di luar itu, para pemimpin partai politik itu digambarkan sedang membawa senjata masing-masing yang “disembunyikan di belakang punggung”. Lalu si tokoh sentral kartun animasi tersebut cuma geleng-geleng kepala. Mungkin miris. Lalu berucap kurang lebih begini, “Wah ini kan lagi bulan puasa, jangan bohong dong!”. Kata-kata “lagi bulan puasa” atau bisa diartikan sedang bulan puasa itu mungkin sekilas lalu biasa saja. Hanya masalah diksi bahasa saja. Tapi bisa jadi mengambarkan sesuatu, sebuah imbas dari pemahaman.

Bahwa seolah-olah di bulan puasa saja tidak boleh bohong. Di bulan lain biarkan apa adanya. Bahwa bulan puasa tidak sepenuhnya dipahami untuk latihan yang bermanfaat di 11 bulan berikutnya. Bukan berarti menafikkan jika di bulan puasa yang katanya penuh obral pahala ini banyak orang berebut berbuat kebaikan secara mendadak. Itu baik-baik saja dan harus. Tapi kebaikan-kebaikan itu semestinya kan dijadikan kebiasaan seterusnya.

Jadi mungkin alangkah lebih baik jika kata-kata si tokoh sentral kartun animasi itu adalah, “Wah ini kan mumpung sedang bulan puasa, ayo berlatih supaya terbiasa untuk tidak berbohong dong!”


Aksi

Information

One response

20 08 2011
Fajar

Iya bener mas, miris sekali melihat pelaku poltik di negeri kita ini. Semoga negeri kita kelak akan dipimpin oleh pemimpin yang amanah, amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: